Komposisi Ban dan Velg yang Cocok Buat Modifikasi Motor

Tidak sembarang modifikasi motor bisa cocok menggunakan ukuran dan tipe ban yang banyak dijual di pasaran. Ada ukuran dan bentuk khusus agar tampilan motor makin keren!

Untuk itu, Kamu yang doyan modif disarankan agar menggunakan model yang pas, dengan tentu saja mempertimbangkan faktor safety motor. Apalagi, aliran modifikasi motor juga begitu beragam, sehingga ban merupakan salah satu ‘kosmetik’ yang perlu dipertimbangkan.

Karakteristik Ban Motor

Ilustrasi Ban Motor by youngchoppers.com

Setiap orang pengguna motor pasti sudah memahami bahwa ban merupakan organ motor yang selalu bersingungan dengan jalan. Tapi mungkin tidak semua orang mau mengerti ada banyak persyaratan yang harus dipenuhi oleh ban agar motor bisa nyaman dan aman dikendarai.

Misalkan saja Kamu suka touring di daerah perkotaan, ban-ban dengan ulir tak terlalu tebal bisa jadi pilihan. Tapi kalau maunya menjelajah medan ekstrem, boleh saja menggunakan ban pacul seperti pada tracker.

Pilihan lainnya ialah ban dual purpose yang enak digeber untuk off-road atau pun on-road.

Menurut Jawapos.com, jenis penyesuaian bentuk ban itu sangat berpengaruh kepada performa dan handling kendaraan. Tipe ban yang tepat juga akan mempengaruhi usia pemakaian. Contohnya, ban tahu yang umumnya untuk tracker tentunya tidak cocok kalau dipakai di jalanan perkotaan dan kebutuhan harian. Biasanya, ban akan cepat terkikis dan mengeluarkan bunyi yang kurang enak didengar.

Ada beberapa syarat khusus dalam memilih ban, termasuk TWI (Tread Wear Indicator). TWI merupakan tanda atau indikator yang digunakan untuk menentukan tingkat keausan kembangan atau telapak ban. Ketebalan TWI itu berkisar antara 1-1,5 mm, diukur dari bagian dasar telapak tangan.

Selain TWI, faktor lainnya ialah kembangan ban (ulir). Ada 3 pola yang ternyata dibedakan sesuai dengan fungsinya, contohnya:

Ilustrasi macam-macam ulir ban by Kompas.com

1. Pola Rib

Pola ini sejajar tegak lurus. Tekstur ulir ban ini membuat pengendalian lebih stabil dan mengurangi selip. Selain itu, ban terdengar lebih smooth, nggak berisik.

Kalau dipakai untuk melibas tikungan, ban ini terkenal lebih anteng dan bisa membantu pengereman.

2. Pola Blok

Ulir ban ini berbentuk segi empat (blok). Ban berpola blok umumnya lebih dikenal dengan istilah ban tahu karena bentuknya yang tebal dan kotak-kotak.

Ban ini cocok untuk off-road dengan daya cengkeram ke tanah yang kuat, serta tahan selip.

Kalau dipakai untuk aspal jalanan, sebaiknya dihindari saja karena ban pola blok punya tahanan yang kuat sehingga boros bahan bakar.

3. Pola Lug

Ban pola lug memiliki alur dengan ciri khas melintang. Desain ini bertujuan untuk menambah daya dorong. Biasanya, ban ini dipakai untuk belakang.

Ciri khas utamanya ialah tidak mudah selip, karena daya cengkeram yang kuat. Sayangnya, suaranya lebih gaduh.

Yuk simak berbagai tipe dan ban buat modifikasi motor yang sesuai dengan alirannya.

Japstyle

Modifikasi Motor Japstyle by wallpaper-house.com

Bberapa aliran Japstyle memang sangat cocok buat touring, karena mengunakan setang cukup lebar. Nah, ban pun berfungsi sempurna sebagi penyempurna, terutama dari sisi trek yang akan dilalui.

Untuk aliran japstyle ini sendiri, velg berukuran 17-350 dengan ban 17-450 untuk belakang dan velg 17-250 dengan ban 17-400 untuk depan. Ukuran kaki depan itu diasumsikan motor menggunakan shock Yamaha Byson yang banyak dipakai motor-motor modifikasi terkini.

Kalau memakai shock standar, bisa jadi Kamu harus mengubah segitiga menjadi lebih lebar. Akan tetapi kalau mau cari aman, bisa tanpa mengubah segitiga namun ukuran velg diperkecil dengan 17-215 atau 17-185.

Brat cafe

Foto modifikasi motor Brat Cafe by pushveryhard.it

Sedikit beda dengan versi Japstyle, aliran Brat cafe memiliki ukuran ban depan dan belakang. Idealnya, ukuran velg 17-350 dengan ban 17-450 untuk belakang. Sedangkan ukuran depannya velg 17-300 dengan ban 17-450.

Kalau Kamu tidak terlalu suka dengan size 450, Kamu bisa memilih yang lebih kecil yakni 400. Tapi, Kamu harus menyesuakan ring ban belakang menjadi 18 kaki sehingga terlihat lebih kekar.

Beberapa contoh varian ban yang bisa dipilih untuk aliran Brat cafe antara lain Fuckstone atau Shinko yang memiliki ukuran velg belakang 16-350 dengan ban 16-500 dan velg 16-250 dengan ban 16-500 untuk bagian depan.

Syarat utama ukuran kaki depan itu, shock depan sudah memakai kepunyaan byson atau ukuran segitiganya diperbesar.

Cafe racer

Modifikasi motor Cafe Racer by thereturnofcaferecer.com

Cafe racer sejatinya merupakan motor kustom yang diperuntukkan untuk balap. Jadi wajar apabila ukuran ban sekaligus velg-nya berukuran lebih kecil dari brat atau jap-style.

Secara proposi, motor berjenis cafe racer lebih cocok menggunakan velg berukuran 17-250 dengan ban 17-400 untuk kaki belakang. Kalau bagian depannya, bisa memakai velg 17-215 dengan ban 17-400.

Chopper

Foto modifikasi motor Chopper by picsnook.com

Ukuran kaki-kaki chopper mudah sekali ditebak. Beberapa ciri-cirinya seperti ban belakang yang gemuk, serta ban depan yang lebar dan ceking.

Jika Kamu salah satu penganut aliran modifikasi motor cafe racer, coba deh jajal untuk memakai ukuran velg 16-350 dengan ban 16-500 pada bagian belakang. Lalu untuk lini depannya, cobalah memakai velg ukuran 19-185 dengan ban 19-350.

Bobber

Foto modifikasi motor Bobber by pipeburn.com

Berlanjut ke aliran modifikasi yang begitu khas dan diambil dari Jepang juga, yakni Bobber. Ciri khas motor ini terletak pada kombinasi size velg yang gemuk di belakang tapi kurus pada sisi depan. Tapi, uniknya ring justru tidak terlalu lebar.

Kamu bisa menjajal settingan seperti velg 16-350 dengan ban 16-500 untuk belakang. Kalau untuk depan, Kamu bisa mengkombinasikan dengan ukuran velg 18-215 dan ban 18-400.

Scrambler

Foto modifikasi motor Scrambler by improb.com

Bisa dibilang, tidak ada yang terlalu istimewa dari ban motor bergaya scrambler. Motor ini cukup normal menggunakan ukuran kaki-kaki lebih besar di belakang ketimbang depan.

Komposisi yang paling pas untuk motor beraliran scrambler ialah velg 17-350 dengan ban 17-450 untuk belakang. Lalu bagian depannya menggunakan velg 17-250 dengan ban 17-400.