Tebakan Rumit! Bisakah Kamu Mengenali Motor Harley-Davidson Hanya dari Suaranya?

Banyak para pecinta Harley-Davidson yang bisa menyebutkan varian hanya dari penampakan fisiknya saja. Tapi, berapa orang yang bisa menebak jenis motornya dari suara knalpot?

Jadi, kami mengumpulkan berbagai jenis suara motor untuk ditebak. Sekarang coba nikmati satu-satu dan temukan hal yang menarik dari video-video berikut!

 

V-TWIN

Meski banyak yang sudah paham tentang mesin ini, tapi mungkin mereka tidak akan mudah mengenalinya. Mesin V-Twin ini dipasang pada model 5-D yang dulu pernah diperkenalkan pada tahun 1909.

 

SIDE-VALVE

Mesin berikutnya dikenal dengan sebutan ‘flat head’. Disebut demikian karena dapur pacu ini diproduksi untuk versi Harley-Davidson berharga terjangkau. Biasanya, mesin ini juga dipakai untuk traktor dan kompresor.

 

KNUCKLE HEAD

Knuckle head aslinya dipasangkan pada motor dengan dapur pacu twin-engine yang diaplikasikan pada overhead valve.

 

PANHEAD

Pan head diproduksi antara tahun 1948 hingga 1965. Cover mesinnya memang mirip dengan bentuk ‘wajan’. Selain itu, lapisan terluar mesin tersebut juga tidak dibuat dari logam, tapi justru memanfaatkan aluminium alloy yang juga dilapiskan pada kepala silinder.

 

SHOVEL HEAD

Tipe shovel head muncul pada tahun 1966. Mesin tersebut ditanamkan pada model XL yang diluncurkan pada 1957.

Nama aslinya disebut seperti itu karena bentuknya memang mirip dengan sekop.

 

EVOLUSI

Evolusi mesin yang muncul pada tahun 1984 membuat banyak perubahan pada generasi Harley-Davidson.

 

TWIN CAM

Twin Cam 88 berkembang dari 1.340 cc dengan teknologi EVO engine menjadi kapasitas 1.450cc. Tujuannya tentu menaikkan power.

Muncul pada tahun 1999, dimensinya kemudian berevolusi menjadi Twin Cam 96, 103, 110 dan berlangsung untuk waktu yang lama hingga berubah menjadi Milwaukee Eight terbaru.

 

MILWAUKEE EIGHT

Ada dua bentuk yang ditawarkan: 107ci (1.745cc) dan 114ci (1.868cc) yang ditempatkan pada model CVO dengan digabungkan pada mesin Harley-Davidson tipe teranyar.

 

LIVE WIRE

Terakhir, suara mesin elektrik juga didapat dari mesin elektrik pada Harley-Davidson. Tentu, suaranya sangat berbeda. Gimana? Apakah kamu bisa mengenali variannya dengan cepat?

Apakah menurut kamu sulit untuk mengenali suara motor Harley-Davidson? Yang tahu pasti penyuka Harley sejati!