Sensasi Riding All-New Kawasaki Ninja 250, Power Melimpah Bikin Nagih!

Di tengah massive-nya pasar motor Indonesia, lini motorsport 250 2-silinder memang tidak semeriah penjualan matik. Coba deh hitung-hitung lagi, yang ada sekarang hanya tertinggal 3 nama besar yakni Honda CBR250RR, Yamaha R-25 dan terupdate All-New Kawasaki Ninja 250

Absennya Suzuki tentu saja membuat tiga pabrikan tersebut berlomba-lomba untuk menguasai cerug sempit ini dan menjadi penguasa pasar untuk mengerug untung terbesar.

 

Penjualan Motor Sport Fairing 250cc

All New Kawasaki Ninja 250 di Tokyo Motor Show 2017 by ameblo.jp

Eksklusifnya pasar 250cc 2-silinder tersebut didukung oleh data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) yang mencatat sepanjang tahun 2017, terdapat 16 ribu unit sport fairing 250cc berhasil dijual. Padahal, jika dibandingkan dengan zona motor matik 110cc – 150cc, selisihnya begitu jauh. Motor matik Indonesia begitu melimpah di mana penjualan Honda Beat eSP saja mampu meraup angka lebih dari 1,7 juta unit.

Bursa 250cc 2-silinder sport fairing, tentu saja masih didominasi oleh Kawasaki Ninja 250. Setelah meluncurkan update major, produsen yang identik dengan warna hijau itu berhasil menjual total 7.572 unit, menyalip penjualan Honda CBR250RR yang lebih duluan keluar dengan 7.384 unit. Padahal, harga All-New Kawasaki Ninja 250R terbilang paling tinggi di kelasnya!

Itu artinya ketertarikan pasar dan daya beli masyarakat Indonesia begitu besar. Lantas sesuaikah harga tinggi yang ditawarkan oleh All New Kawasaki Ninja 250 dengan performa dan juga kemampuannya melibas jalanan? Nih Sobat, simak ulasannya.

 

Review Teknis Spesifikasi Motor

All-New Kawasaki Ninja KRT Livery by carview.yahoo.co.jp

Mengusung gaya khas Kawasaki Ninja 400cc yang dijual di Eropa, All New Ninja 250 memang punya daya tarik tersendiri. Ia berbeda dengan Honda CBR250RR yang dilengkapi dengan riding mode dan juga suspensi upside-down, tapi sejumlah keunggulan tetap menarik untuk diperbincangkan.

All New Kawasaki Ninja 250 mengusung konsep kaya tekukan tajam dan penuh aerodinamika. Tampangnya pun agresif, meski di awal peluncuran, bentuknya sempat dibanding-bandingkan dengan Honda Vario. Bobotnya makin ringan karena mengambil teknologi frame terali yang diadopsi dariĀ  Ninja H2.

Komponen bodi ikut dipangkas salah satunya kapasitas tangki yang kini tinggal 14 liter, padahal versi sebelumnya 17 liter. Tapi hal ini sepertinya bukanlah masalah berarti karena rivalnya, Honda CBR250RR, menggunakan trik serupa.

Zona fascia merupakan sisi paling menarik. Lampu penerangannya telah dilengkapi LED, khas motor-motor terbaru saat ini. Uniknya, rumah headlamp All New Ninja 250 terselip winglet mungil yang umumnya dipakai sebagai peningkat aerodinamika motor. Karakter tajam seperti itu kabarnya terinspirasi dari konsep Ninja ZX-10R yang sudah beberapa kali menang balapan World Superbike (WSBK).

Hal menarik berikutnya justru pada bobot motor. Hanya tersisa 167 kg saja, yang hampir sama dengan CBR250RR. Pertarungan bobot ini tentu bikin motor makin enteng dan enak diajak bermanuver baik di pedesaan atau pun lalu lintas urban.

 

Performa All New Kawasaki Ninja 250

All New Kawasaki Ninja Red by wallpapershome.net

All New Ninja 250 menggunakan mesin 2-silinder generasi terbaru dengan 8 klep DOHC. Pemakaian teknologi dan setingan anyar tersebut mampu meningkatkan power lebih besar ketimbang model lawasnya, setidaknya begitu klaim dari Kawasaki. Memang sih powernya sekarang naik dan secara total mampu menyentuh angka 28,5 Kw (38,2 HP) serta torsinya pun tak kalah nendang hingga 23,5 Nm pada 10.000 rpm.

Itu berarti power All Ninja 250 punya keunggulan ekstra ketimbang Honda CBR250RR yang ternyata cuma punya 36,3 HP pada 12.500 rpm dan torsi puncak 22,5 Nm/10.500 rpm.

Ada juga fitur Assist & Slipper Clutch. Kamu yang butuh kecepatan dan akeselerasi cepat, pasti akan sangat terbantu dengan peranti ini. Pasalnya, Assist & Slipper Clutch difungsikan sebagai pemercepat perpindahan gigi transmisi mulai dari 0 hingga 6. Ditambah lagi, tarikan kopling pun makin ringan sehingga bikin akselerasi makin nyaman.

 

Uji Coba di Jalan (Test Ride)

All New Kawasaki Ninja 250 by YouTube Kawasaki

Tiba saatnya untuk menjajal rasa khas All New Kawasaki Ninja 250 dan muntahan power yang diklaim lebih nendang. Hal itu sempat terealisasi ketika PT Kawasaki Motor Indonesia mengundang awak media dan blogger dalam launching dan test ride di Sentul International Circuit, Jakarta.

Bukan main, review-review positif bertebaran mengamini bahwa All New Kawasaki Ninja 250 menyajikan rasa yang bikin nagih dikendarai terus-menerus!

  • Riding Position/Ergonomy

Mode ridingnya terbilang ergonomis dan nggak bikin tulang belakang gampang pegal-pegal, karena posisi stangnya cukup tinggi. Cengkeraman tangan tak terlalu memaksa dengan preasure ringan, cocok untuk perjalanan jauh meski tetap tak seenak sport touring. Apalagi berkat tangki yang mengecil, rasanya paha bisa mencengkram sempurna karena desainnya lebih slim.

Kalau dilihat dari hitungan tinggi jok, sebenarnya masih sama 785 mm. Tapi bagi yang punya Ninja 250FI lama dan harus jinjit, model baru ini tidak akan begitu lagi, terutama buat rider dengan tinggi 168 cm. Menurut pemaparan Otomotifnet.com, Selasa (27/02/2018), yang menjajal sendiri unitnya untuk harian, pemindahan air box dari bawah jok ke atas mesin menjadi kuncinya. Gara-gara peranti tersebut, sektor bodi jadi ramping dan kaki pun lebih leluasa menapak tanah.

Selain itu, joknya yang menebal dari 50 mm menjadi 90 mm sangat memanjakan bokong karena lebih empuk!

  • Handling

Karakter handlingnya cocok buat mengatasi jalanan harian yang rusak dan banyak polisi tidur. Dikutip dari Tempo.com, sisi nyaman lainnya ada pada desain cover baru yang mudah mengalirkan udara panas ke lubang buang. Itu berarrti, tidak perlu lagi merasa panas apalagi saat turing atau berkendara jarak jauh. Beda dengan generasi sebelumnya, aliran angin model baru ini justru diarahkan ke bawah, bukan ke samping.

  • Engine Performance

Bukan hanya tenanganya yang makin nendang, di lain sisi nafasnya pun lebih panjang. Putaran bawah sampai menengah terasa begitu smooth dan enteng banget, mengalir seirama dengan putaran gas.

Hal itu rupanya ditengarai berkat karakter mesin overbore (62×41,2mm) dan juga dual valve di throttle body.

Rasa nampolnya baru akan muncul ketika masuk 7.000 rpm, dibarengi dengan suara galak mesin yang bisa digas sampai kisaran 13.400 rpm.

AM Fadly yang merupakan pembalap Kawasaki Manual Tech pun merasakan hal yang sama. Bahkan ia sanggup menggeber motor ini hingga 169 Km/jam pada 14.000 rpm. Itu pun, grip gas masih punya sisa.

0-60 km/j: 2,9 detik
0-80 km/j: 4,6 detik
0-100 km/j: 6,7 detik
0-100 m: 6,3 detik (@96,1 km/j)
0-201 m: 9,6 detik (@119,3 km/j)
0-402 m: 15,1 detik (@139,2 km/j)
Top speed di spidometer: 174 km/j
Top speed di Racelogic: 162,2 km/j
Konsumsi bensin: 25,5 km/L

Wah, sangar juga nih All New Kawasaki Ninja 250. Kalau menurut Kamu gimana nih?