Terjun ke Segmen Neo Retro, Suzuki Hadirkan SV650X

Demi terjun di segmen neo retro, Suzuki terjunkan varian baru berbasis SV650X. Motor ini punya desain unik yang bisa dibilang sedikit berbeda ketimbang para rivalnya.

Seperti apa sih sosoknya?

Latar Belakang Pasa Suzuki SV650X

Suzuki SV650X sebenarnya sudah banyak diperjualbelikan di Jepang. Namun, baru beberapa waktu belakangan dipasarkan di Jepang dan negara lainnya.

Desain motor ini terkenal ramping dan memiliki mesin besar berupa V-Twin 2-silinder. Total kapasitas mesinnya mencapai 650cc.

Kesan Fashionable Suzuki SV650X

Perbedaan paling mencolok antara SV650X Eropa versus Jepang hanya ada pada grafik tangkinya saja. Secara grand design, keduanya sama-sama menggunakan konsep neo retro yang khas motor-motor zaman dulu.

Kesan pertama yang muncul mungkin akan teringat desain Honda Tiger Revo. Tapi, SV650X cenderung seperti motor cafe racer.

Lampunya pun juga masih berbentuk bulat. Tapi bagian bawah headlamp masih bisa dipasang fog lamp sebagai tambahan aksesori.

Detail Komponen SV650X

Gambar-gambar berikut merupakan bagian dari spesifikasi untuk Eropa. Namun, spesifikasinya tidaklah banyak berbeda.

Keunikan pertama Suzuki SV650X terdapat pada setang yang dibikin terpisah seperti motor balap. Memang sih dengan model begini, posisi riding jadi sedikit membungkuk.

Jok dudukannya persis seperti motor Suzuki lainnya; kurang friendly kalau buat boncengan. Tapi kalau riding sendiri masih enak aja kok.

Selanjutnya, mari mencoba merogoh bagian mesin. Konsep V-Twin rupanya benar-benar mampu menghadirkan suara yang merdu. Pada putaran bawah, torsinya cukup nendang dengan sensasi riding yang nyaman.

Ketika masuk ke putaran tengah dan atas, powernya begitu nampol! Maklum, motor ini punya kapasitas 650cc yang setara dengan ER-6N.

Seirama dengan mesin, businya pun berjumlah dua untuk masing-masing silidner. Itulah sebabnya kombusinya lumayan besar dan output-nya lebih halus yang berimbas pada konsumsi bahan bakar serta emisi gas buang.

Selain itu, pistonnya juga mengandung resin yang mampu mereduksi friksi antara dinding silinder dan piston. Ring pistonnya menggunakan bentuk L yang terkenal efektif dalam memaksimalkan pembakaran.

Sistem yang tak kalah menarik ialah TI-ISC. Fitur ini berperan dalam membantu mesin di putaran rendah. Caranya ialah dengan mengatur kecepatan, posisi transmisi, bukaan kopling dan pergantian gigi transmisi ketika berjalan pelan.

Keutamaan fitur tersebut bisa dirasakan ketika motor putar balik atau sedang macet.

Meski mesinnya punya ruang silinder ganda, tapi motor ini tetap saja ramping. Itulah mengapa SV650X dibilang lebih friendly buat berkendara.

Kaki depannya menggunakan adjustable fork yang mudah menyesuaikan kondisi jalan. Roda depannya miliki ukuran 120/70 RI7M/C sedangkan belakangnya 160/60ZR17M/C radial. Inilah yang bikin sensasinya lebih enak buat cornering.

Buat meningkatkan sisi keselamatan, terdepat perangkat ABS yang mampu memantau kecepatan roda belakang maupun depan. Dengan begitu, motor tidak mudah selip ketika melewati jalanan licin.

Tak kalah canggih SV650X turut dilengkapi dengan Suzuki easy start system yang terintegerasi dengan ECM (Engine Control Module) yang akan mengatur kondisi saat start dan stop.

Pilihan Warna

Mau cari yang berwarna? Sebaiknya jangan pilih Suzuki SV650X. Rupanya, motor ini hanya tersedia dalam satu pilihan warna saja, yaitu Gray Metallic No. 3 (QEB).

Spesifikasi Suzuki SV650X

  • Dimensi: 2,140 × 730 × 1,090 mm
  • Jarak Interaxis: 1,450 mm
  • Tinggi Jok: 790 mm
  • Bobot Kendaraan: 197 kg (Equipped)
  • Mesin: water cooled 4 stroke V type 2 cylinder DOHC 4 valve
  • Kapasitas Mesin: 645 cc
  • Inner diameter x stroke: 81.0 x 62.6 mm
  • Rasio Kompresi: 11.2
  • Power: 56 kW <76.1 PS> / 8,500 rpm
  • Torsi: 64 N · m <6.5 kgf · m> / 8, 100 rpm