Hanya Ada 500 Unit, McLaren Senna Bikin Dunia Supercar Makin Panas!

Desember tahun lalu, McLaren Inggris membuat gebrakan dengan melahirkan varian baru yang punya ciri khas dari pembalap F1, Ayrton Senna.

Nama mobil super tersebut pun berganti menjadi McLaren Senna yang dijual dengan jumlah terbatas, yakni hanya ada 500 unit saja. Harganya pun cukup fantastis dengan menyentuh angka 100 juta Yen atau setara dengan Rp 13 miliaran.

McLaren Senna Sudah Layak Jalan

Bukan hanya tampilannya yang spesial, McLaren Senna juga disebut-sebut bakalan lebih kencang lagi dan didaulat bakal memecahkan rekor lap tercepat dalam sejarah McLaren. Padahal, mobil baru ini masih termasuk layak jalan meski juga tetap bertenaga untuk balap sirkuit.

Pengumuman hadirnya McLaren Senna bersamaan dengan kemunculan McLaren P1 yang disebut mengampu DNA McLaren F1 tahun 1993 silam. Posisinya kini menempati deretan varian Ultimate Series di bawah garis produksi Ultimate Machine.

Selain itu, McLaren Senna sendiri juga didesain dengan tujuan untuk mengalahkan McLaren P1. Dari situlah, muncul teknologi yang akan memberikan sensasi berkendara luar biasa di mana tujuannya untuk menyatukan antara sense pengemudi beserta mesin yang dikendarai.

Mengadopsi active aerodynamics sistem, jelas kesannya lebih tajam di depan dan downforce lebih bagus di bagian belakang. Di sisi depannya, sistem aerodinamika tersebut berkolaborasi dengan suspensi hidrolis yang sudah menggunakan Race Active Chassis Control II (RRC II) dan monocage III Monocoque untuk menghasilkan sensasi hebat di dalam lintasan.

Jelas, dar sisi bobot McLaren Senna sangatlah ringan karena basiknya sendiri, McLaren F1, menggunakan bahan serat karbon untuk sasi dan body panel.

Mesinnya masih mengandalkan twin turbocahrger V8 engin 4.0L. Dapur pacu tersebut merupakan yang paling kuat di antara varian-varian lainya. Output powernya bahkan tembus 788 Hp dengan torsi punya 800 Nm.

Pemesanan

Produksinya yang terbatas membuat mobil ini juga dihargai dengan nominal yang istimewa. Sebelum mobil ini resmi diluncurkan, bahkan sudah ada yang menawarnya dengan total 200 juta Yen saat ikut lelang untuk amal. Itu berarti, mobil ini bahkan sudah dipesan sebelum resmi diluncurkan.