Meski Berstatus Matic, tapi Motor Ini Jauh Lebih Cepat dari Ninja 250

Bicara soal motor matic berkecapatan tinggi, ada satu varian yang tidak bisa diremehkan. Namanya Aprilia SRV850.

Meski kodratnya sebagai motor matic, tapi mesinnya enggak kalah dibandingkan motor sports.

Pengembangan dari Mesin GP800

Kekuatan dahsyat Aprilia SRV850 rupanya dikembangkan dari mesin GP800 Gilera. Dapur pacu tersebut merupakan bagian dari teknologi superbike yang memiliki konfigurasi V-Twin 8-katup dengan letupan power 75 hp. Sistem bahan bakarnya mengandalkan teknoogi konsep injeksi kepunyaan Piaggio.

Dengan peranti tersebut, terbukti akselerasi 0-100 Km/jam dapat ditempuh dalam waktu 5,7 detik saja.

Dilihat dari sisi muka, nampak ada wajah Aprilia RSV4 yang diadaptasikan ke sebuah motor matic.

Lalu untuk suspensi sendiri menggunakan aluminium pada depan maupun belakang. Nah kalau suspensi hidrolis sendiri memanfaatkan preload adjustable dengan 7 level plus spring preload adjusterable.

ABS dan ATC pada varian teratas mengandalkan sistem antilock yang memanfaatkan double disc di bagian kaki-kaki depan. Menariknya lagi ada traction control yang bisa diubah-ubah dari two mode serta off mode.

Skutik Berperforma Tinggi

Aprilia SRV850 didesain dengan performa tinggi dan sesuai dengan standar emisi. Teknologi canggihnya mampu membantu biker ketika melakukan cornering melalui fitur gyro effect. Selain itu, mesinnya juga menawarkan sensasi berkendara yang nyaman tapi powerful.

Di lini kaki depan, terpasang rem ganda 300 mm berkaliper Brembo 2-piston. Sedangkan pada bagian belakang terpasang cakram 280 mm.

Kedua velg dirancang lebih ringan berkat komposisi aluminium casting dengan ukuran 12/70-16 untuk depan dan 160/60-15 untuk belakang.

Perlu diketahui juga bahwa penyematan rangka dan mesin dibikin sedemikian rupa agar mengurangi getaran saat melaju kencang. Frame tubularnya juga dibuat lebih ringan tapi rigid hingga membuat bobotnya jauh lebih ringan dibandingkan skuter konvensional.

Kalau mau membawa barang dengan jumlah yang besar, tenang saja! Skutik ini dibekali bagasi teramat besar hingga muat satu helm full-face. Jangan bingung juga kalau mau mengisi daya batrei, karena terdapat socket yang bisa digunakan untuk charging smartphone.

Spesifikasi Aprilia SRV850 ABS-ATC

Engine: water cooled 4 st. V type 2 cylinder

Bore × Stroke: 88 mm × 69 mm

Displacement: 83900

Maximum output: 76 ps / 7,750 rpm

Maximum torque: 75 Nm / 6,000 rpm

Total length × total width × total height: 2,240 mm × 800 mm × 1,300 mm

Seat height: 780 mm

Interaxis distance: 1,585 mm

Vehicle Weight: 273 kg

Fuel tank capacity: 18.8 L

Color: black, white ABS – ATC: ash