Cerita tentang ‘The Seagate’, Si Hijau Kustom Moto Guzzi V7 Classic by Studio Motor

Moto Guzzi lahir di Italia dengan ciri khas klassik namun membawa kesan heritage yang mewah, khas motor-motor Eropa. Salah satu yang menarik dari moto Guzzi ialah konfigurasi mesinnya yang besar dan membawa kesan gagah.

Pun untuk Moto Guzzi V7 Classic tahun 2013.Moto Guzzi V7 Classic punya dapur pacu berkapasitas 744 cc 8-silinder dengan teknologi pendingin udara paksa. Dengan kapasitasnya yang besar, tentu saja letupan tenaganya tidak bisa diremehkan! Motor ini diklaim mampu menyemburkan power hingga 48 Hp pada 6.200 rpm dan torsi puncak 58 Nm pada 5.000 rpm.

Nah, dengan desain dan performa begitu mumpuni, apa yang terjadi bila Moto Guzzi V7 Classic itu justru dibangun sebagai basik motor adventure?Ide dan Awal Mula Kustom Moto Guzzi V7 Classic

Bengkel kustom yang berusaha mendobrak kesan klasik Moto Guzzi V7 Classic ialah Studio Motor. Rumah kustom yang digawangi oleh Donny Aryanto itu tidak mau terbelenggu dengan kesan ‘apa adanya’ dari motor yang sanggup digeber hingga 165 Km/jam itu.

Menurut Donny, Moto Guzzi V7 Classic punya jarak antar roda (wheelbase) yang panjang, sehingga sangat pas untuk dibikin jadi Cafe Racer. Terlebih lagi bobotnya yang mencapai 500 lbs (227 Kg) terbilang cukup berat dan punya daya tekan ke bawah yang bagus untuk sebuah motor racing klasik.

Namun, kemudahan tersebut bukan hal yang ingin dicapai Donny. Menurutnya, bikin motor yang berbedadibanding yang lain merupakan sebuah tantangan tersendiri termasuk mengubah karakter dasar Moto Guzzi V7 Classic tahun 2013 menjadi karya yang lebih mempesona.

Dari semangat itu, lahirlah ‘The Seagate’. Motor adventure berjenis Scrambler dengan kesan bongsor dan kekar yang menjadi ikon bagi Studio Motor.

“Kami berusaha untuk memberikan sesuatu yang lebih dari basik motor Moto Guzzi V7 Classic 2013 dan sambutlah THE SEAGATE!,” ungkap Donny.

Proses Kustomisasi Moto Guzzi V7 Classic

Para awak Studio Motor memulai pengerjaan dari frame; hal yang umumnya sama dilakukan oleh para builder. Proses ini cukup krusial untuk membentuk karakter dasar motor. Bentuk utama frame Moto Guzzi V7 Classic dicopot total dan desain ulang oleh tim agar sesuai dengan part lain, seperti tangki dan jok.

Tangki bahan bakar pun tak lagi memakai model orisinal dan diganti dengan komponen kustom, termasuk jok kulit berwarna coklat tua. Dua part itu memang sangat lazim diganti karena harus menyesuaikan tema keseluruhan. Konsep joknya yang panjang mengindikasikan kalau The Seagate tidak hanya diperuntukkan sebagai ‘single rider’, tapi juga bisa untuk boncengan.

“Kami menghapus frame asli dan membuat rangka datar dan sejajar dengan tangki bahan bakar yang dibikin dari kreasi kami sendiri, berupa kustom versi orisinal yang kami rancang dan bangun, untuk menyesuaikan dengan jok”, tuturnya.

Bergeser ke bagian kaki-kaki, model jadul (zaman dulu) suspensi belakang Moto Guzzi V7 Classic diganti dengan merek Ohlins berdimensi 340 mmm. Sedangkan lini depannya menggunakan Upside-Down berukuran 53-42 mm. Penyematan peranti ini mutlak bikin motor yang awalnya kekar makin tambah gahar. Terlebih lagi, menurut Donny, Upside-Down juga bikin handling motor lebih baik.

Perhatikan juga bagian roda depan dan belakang. Tentu saja, tidak ada lagi yang masih orisinal. Boleh dibilang karakter gambot tidak bisa lepas dari motor kustom klasik, apalagi Scrambler semacam ini. Ulir-ulir ban dual purpose seolah menjadi ornamen yang ikut mempercantik desain secara keseluruhan. Donny memilih menggunakan ban Metzeler Karoo 3 120/80-18 (depan) & 150/70-18 (belakang) lalu memadukannya dengan velg TK Japan Wheels 18X3.00 serta 18X3.50 Inch.

Biar lebih pakem sekaligus meningkatkan sisi keselamatan, dipilihlah kaliper buatan Tokico untuk depan, dan Nissin untuk belakang.Donny juga menyebutkan bahwa banyak part utama motor justru didapat dari proses kustom, bukan aftermarket. Contohnya saja bodywork, tangki bahan bakar dan fender yang rupanya diciptakan dari bahan galvaniz 1.2 mm.

Setelah selesai membikin bodywork, waktunya bengkel Komet Studio, bekerja memngecat motor. Donny dan timnya memilih corak candy blue white dari Sikkens dengan dekorasi dark grey dan silver sebagai kontrasnya.
Langkah selanjutnya, gantian Wawan Junx yang ambil peran. Wawan merupakan penggiat seni yang fasih dalam dunia lettering dan pinstripping. Berkat tangan ‘ajaibnya’, terciptalah kreasi manis di pinggir tangki dan juga fender berupa tulisan Guzzi serta angka 22.

Menuju sentuhan akhir, beberapa part aftermarket menjadi pilihan seperti Rizoma untuk riser dan handle bar, karena dua merek tersebut terkenal dengan tingkat kenyamanan yang bagus dalam hal handling.
Pada sektor depan, terdapat DRL headlight aftermarket serta Motgadget Tiny Indicator sebagai penyempurna kesan mewah, gagah namun kental dengan nuansa modern.

Menurut Kami, enggak enak jika motor kustom hanya menggunakan knalpot yang biasa-biasa saja. Pemilik The Seagate pun sepertinya juga berpikir demikian sehingga dipilihlah knalpot asal Slovenia, Akrapovic, berdesain dual end muffler.

“Akrapovic dual end muffler dan kustom 2 in 2 dipilih untuk membenamkan tema klasik modern dengan suara knalpot yang lantang”, tambah Donny.

Voila! Jadilah The Seagate, sebuah mahakarya yang menurut Kami sangat memukau dan penuh dengan cita rasa seni tinggi.

Spesifikasi Kustom ‘The Seagate’ Moto Guzzi V7 Classic

  • Body Custom by STUDIO MOTOR
  • Painting & Airbrush by KOMET Studio
  • Lettering & Pinstripping by Wawan JUNX
  •  53-42 mm Upside Down Front End
  • 340 mm Ohlins Progressive Rear Shock
  • DRL Aftermarket Headlight
  • Aftermarket Taillight

Tentang Studio Motor

Studio Motor adalah sebuah rumah modifikasi yang berdiri sejak tahun 2008. Bukan hanya terjun ke dunia motor, Studio Motor juga ikut dalam kustom mobil mulai tahun 2014.
Bagi para penyuka motor kustom dan ingin berkomunikasi langsung dengan para punggawa Studio Motor, bisa langsung menghubungi kontak di bawah ini:

THE KAMPOENG OF STUDIO MOTOR

Jl. Gapura Menteng Asri No.4, Sektor 5 – Bintaro Jaya
Tangerang Selatan – Indonesia
Phone/WhatsApp : +62812 19723968
Email : donnyariyanto@gmail.com
Instagram : @studio_motor & @studiomotordesign