Perbandingan 3 Motor Sport-Fairing 150cc Paling Digemari di Indonesia

Gelanggang pasar motor-sport Fairing 150cc makin ramai dengan hadirnya tiga varian kenamaan antara lain Suzuki GSX-R150, All-New Honda CBR150R dan All-New Yamaha YZF-R15. Tiga model tersebut mewakili merek masing-masing dan tentu saja punya keunggulan yang tak bisa diremehkan satu sama lain.

Nah, kalau disuruh untuk memilih dari 3 unit tersebut, kira-kira Sobat Otoraja mau yang mana nih? Yuk simak ulasan dan perbandingan detailnya.

All-New Yamaha YZF-R15

Mulai dari yang paling baru, All-New Yamaha YZF-R15 (atau sering disebut “R15”) muncul dengan perawakan serba anyar dan desain yang lebih futuristik. Kesan pertama dari buntutnya yang tak lagi lancip seperti R6 lawas, ialah auranya yang mirip dengan R1 terbaru.

Konsep depannya pun makin manis dengan dua headlamps LED dan housing sipit, mirip wajah R6 terkini. Selain itu, bentuk buntut yang sebelumnya lancip juga dibikin lebih dinamis. Kesannya justru mirip dengan kepunyaan Suzuki GSX-R.

Ada banyak hal yang bisa dikulik dari All New Yamaha R15 ini. Pertama, di sudut luar terdapat softtail, air stream, speedometer digital dan taillamps LED yang serba baru.

Speedometer digital tersebut kini lebih canggih dengan teknologi digital. Salah satu fitur yang sama dengan Yamaha R25 ialah shifting light indicator atau informasi pergantian gigi.

Foto by Iambiker

Di kelas 150cc, Yamaha R15 cukup unggul karena sudah menggunakan suspensi depan UpSide-Down dengan tarvel 37 mm. Kalau dibandingkan dengan CBR150R dan GSX-R sekalipun, keduanya masih irit dengan menggunakan suspensi teleskopik.

Bagian lain yang tidak kalah menggoda, ialah ukuran roda yang kini sama dengan kepunyaan R25, yaitu 140/70. Inilah yang bikin tampilannya makin kekar!

Foto by kakamozza.org

Beralih ke sektor dapur pacu, R15 dibekali engine 155cc; naik 5cc dibandingkan model lawasnya. Power maksimum yang ditelurkan sanggup menembus angka 14,2 kW/10.000 rpm atau naik 2,2 kW yang seblumnya hanya sekitar 12 kW. Sedangkan torsi puncaknya mencapai 14,7 Nm/8.500 rpm. Hal ini bikin Yamaha R15 paling kencang dibandingkan merek lain di kelasnya.

Terakhir terdapat fitur VVA (Variable Valve Actuation) layaknya NMax. Prinsip dasarnya, sistem ini memungkinkan motor untuk tetap irit bahan bakar saat di tarikan bawah, tapi tetap responsif jika dibutuhkan kekuatan besar.

All-New Honda CBR150R

gadgetsmagazine.com

Dari dapur produksi Honda, terdapat lini full fairing yang cukup menggoda dengan banyak tekukan tajam, yakni All New CBR150R. Mengusup konsep Total Control, banyaknya aksen menyudut membuat motor ini berbeda jauh dari desain lawasnya dan lebih terkesan sporty.

Selain berbeda dari segi bodi, All New Honda CBR150R memiliki sasis yang diklaim mampu menghadirkan stabilitas yang optimal. Lalu ketinggian tempat duduk pun diatur lebih enak agar penumpangnya makin merasa nyaman.

Arah headlamps All New CBR150R dibikin lebih rendah plus ramping, yang sangat pas dalam memaksimalkan visibilitas rider. Lalu, tak kalah dengan Yamaha R15, panelmeter dilengkapi teknologi serba digital.

Foto by Facebook

All New Honda CBR150R mampu melesat optimal di jalan maupun sirkuit dengan mengusung mesin 150cc DOHC-6 kecepatan, 4-valve dan berpendingin cairan (liquid-cooled). Performa tingginya menghasilkan tenaga 12,6 kW (17,1 PS)/9.000 rpm dan torsi 14,4 Nm (1,47 kgf.m)/7.000 rpm yang membuat pengendara nyaman bermanuver di jalanan.

Model sport Honda ini tetap hemat bahan bakar dengan catatan keiritan mencapai 39,72 km/liter untuk metode pengetesan EURO 3 yang dilakukan perusahaan berdasarkan metode ECE R40. Hal ini diperoleh berkat aplikasi dari teknologi minim gesekan yang meminimalkan pemakaian bahan bakar namun tetap bertenaga.

Suzuki GSX-R150

Foto by motomaxx

Suzuki GSX-150 bisa dibilang paling murah dibandingkan model sekelasnya. Tapi kalau soal tenaga, motor ini jelas tidak kalah bandel. Ingat Suzuki Satria? Kekuatannya dalam menundukkan lawan pasti sudah tidak perlu diragukan lagi. Dan hal itu diadaptasi di motor baru ini.

Suzuki GSX-R150 diluncurkan pertama kali pada bulan Februari 2017 dan mendapatkan respon yang sangat baik di Indonesia. Pasalnya, harga motor berikut terbilang murah dan pasti bikin tergoda para penyuka motor sport Tanah Air.

Berbekal mesin overbore, DOHC berkapasitas 150cc dan kompresi 11,5:1 yang lengkap dengan teknologi fuel injection, mampu menghasilkan pembakaran maksimal dan semburan tenaga mumpuni. Total power yang disemburkan sanggup menembus angka 14,1 kW/10.500 rpm dan torsi puncak sebesar 14 Nm/9.000 rom. Tenaga tersebut disalurkan ke roda belakang dengan bantuan 6 transmisi percepatan.

Foto by motorbalap

Napasnya yang panjang hingga 13.000 rpm, membuat performa GSX-R150 paling enak buat akselerasi.

Konsepnya yang kompak dan enteng plus rangka twin-spar diamond sangat memudahkan pengendara untuk ngebut dan berakselerasi di lingkungan urban.

Foto by Naikmotor

Nah, lebih menariknya lagi, Suzuki GSX-R150 juga sudah dibekali dengan key-less ignition system yang tentunya belum ada pada motor lain di kelasnya. Fitur ini bikin motor makin aman. Apalagi, ada dukungan teknologi terbaru berupa Easy Start System, LED Headlight dan juga LCD Speedometer yang tentu saja membuat penunggangnya makin gaya.