Tak Bisa Diremehkan! Kalau Ngebut, Motor Listrik Ini Sanggup Libas Kawasaki Ninja 250

Pabrikan otomotif asal Belgia, Sarolea, meluncurkan sebuah motor listrik yang tenanganya setara dengan superbike. Motor tersebut bernama Sarolea Manx 7.

Desain Sarolea Manx 7

Konsep tubuhnya yang kekar, seolah sama sekali tidak mengindikasikan perannya sebagai motor listrik. Perawakan tersebut terinspirasi dari desain kepunyaan racing bike SP7 yang diproduksi tahun 2014 silam.

Manx 7 kini telah siap untuk dipasarkan di tahun 2018 dengan setidaknya sudah ada 80 model. Target penjualan itu dirasa positif mengingat tahun lalu mereka berhasil melego 14 unit.

Kelebihan Sarolea Manx 7

Salah satu hal yang menarik dari Sarolea Manx 7 ialah rangka dasarnya yang terbuat dari carbon fibre monocoque. Tak ketinggalan, swing arm turut dibikin dari carbon fibre sehingga bobotnya sangat enteng, tapi kokoh.

Lini kaki-kaki terutama suspensi mengandalkan produk dari Ohlins. Lalu sistem rem diperkuat oleh Beringer. Yang bikin makin mantap dalam hal akselerasi, ternyata ada pada velg alloy buatan Oz yang sangat ringan sehingga menekan weight ratio.

Mesin Sarolea Manx 7

Kekuatan utama Sarolea Manx 7 ditunjang dari motor listrik DC 3-phase yang sanggup memproduksi power 204 Hp dan torsi puncak 450 Nm. Jelas dong kecepatannya nggak kalah dibandingin moge (motor gede) sekelas Kawasaki Ninja 600 atau Yamaha R6. Menurut klaim Sarolea, Manx 7 setidaknya mampu melesat hingga 249 Km/jam.

Total bobotnya mencapai 217 Kg yang di dalamnya sudah termasuk 3 opsi batrei yang bisa dipilih oleh konsumen, yakni 14 kWh, 18 kWh dan 22 kWh. Setiap batrei tersebut rupanya punya spesifikasi masing-masing dalam menjaga ketahanan daya listrik motor.

Batrei 14 kWh dalam satu kali pengisian sanggup menempuh jarak 230 Km. Batrei 18 kWh bisa digeber sampai 280 Km. Di posisi teratas terdapat batrei 22 kWh yang lebih perkasa lagi dengan jarak tempuh 330 Km. Wah, kalau begini jauh lebih hemat dan ekonomis motor ini dong ketimbang motor berbahan bakar kovensional?

Menariknya lagi, Sarolea Manx 7 terbilang mumpuni dalam hal akselerasi. Dari mulai posisi diam hingga 100 Km/jam, motor ini hanya butuh waktu 2,8 detik saja.

Harga Sarolea Manx 7

Titik berat motor terbagi sempurna dari sisi belakang hingga depan. Totalnya 50 persen untuk depan dan 50 persen di belakang. Hal inilah yang bikin Manx 7 begitu nyaman buat bermanuver dan enak secara handling.

Kemampuan hebat tentu sepadan dengan harganya. Untuk varian terbawah dengan batrei 14 kWh saja, harganya mencapai 42.975 Euros atau sama dengan Rp737 jutaan (Kurs 1 Euro = Rp17.149). Sedangkan varian tertinggi dengan 22 kWh dibanderol 48,760 Euros atau setara dengan Rp836 jutaan.

Sumber Foto dan Artikel: Sarolea