Ubah Mobil Jadi Motor, Pria Ini Berhasil Lolos Setelah Terdampar di Gurun Sahara

Tahukah Kamu betapa kejamnya cuaca di Gurun Sahara? Ya, mungkin jika terdampar di lautan pasir seluas 9,2 juta Km2, yang terpikirkan pertama kali ialah pasrah dan menunggu bantuan datang.

Sebagai gurun terbesar di dunia, harapan untuk hidup pun tentu saja kecil ketika terdampar dan tidak ada satu pun akan menolong.

Tapi yang dikalukan oleh seorang pria ini, sungguh di luar dugaan. Ia berhasil selamat dengan mengubah mobil tuanya menjadi sebuah motor. Penasaran kisahnya?

Terpaksa Menyeberangi Gurun Sahara

Foto by ride-aid.jp

Sosok pria beruntung dan berhasil selamat itu ialah Emile Leray. Pria berumur 43 tahun asal Perancis ini awalnya tidak punya niatan ingin menyeberangi luasnya gurun Sahara dengan mengendarai Citroen 2CV. Tapi karena terpaksa, ia pun harus melanjutkan perjalanannya.

Tapi apa dikata, mobil kesayangannya ternyata tak sekuat yang ia bayangkan dan justru mogok di tengah gurun. Saat itulah ide gilanya muncul dengan tujuan untuk bertahan hidup.

Semua komponen Citroen 2CV dibongkar total dan hanya meninggalkan mesin, bagian sasis, dan juga 2 roda. Hasilnya, terciptalah sebuah motor nyentrik yang mungkin orang lain tidak pernah pikirkan.

Awal Kerusakan Mobil

Foto by ride-aid.jp

Awal perjalanan Emile terkesan lancar-lancar saja dan seolah tidak ada kendala. Ia berangkat dari Tan-Tan, sebuah kota kecil di Morocco. Suatu ketika, ia diberhentikan oleh tentara perbatasan dan dilarang untuk melanjutkan perjalanan.

Dari pada kembali ke Tan-Tan, Emile memilih jalur yang lebih terjal, yakni menyeberangi gurun berpasir dan menyisiri daerah perbatasan yang tidak bisa ia lewati.

Tapi sayangnya jalanan yang tidak bersahabat membuat kendaraan tuanya bermasalah. Ia mengalami kecelakaan dengan menabrak tebing.

Foto by ride-aid.jp

Akibat kejadian itu, swing arm mobil dan wheel axle patah hingga membuat mobil tak bisa dikendarai lagi.

Tempatnya yang berjarak 20 miles dari pemukiman penduduk membuat Emile berpikir berulang kali untuk jalan kaki. Untungnya dia masih punya persediaan makanan dan minuman di dalam mobil.

Akhirnya ia membulatkan tekad dan memilih untuk membuat karyanya sendiri, yakni sepeda motor dari sasis Citroen 2CV.

Proses Pembuatan Motor

Foto by ride-aid.jp

Untuk membikin motor darurat itu, Emile memotong bagian sasis utama dan memasang sendi-sendi roda. Lalu, gearbox besar mobil dipasang sebagai sumber power penggerak motor.

Mulanya ia memperkirakan bakal hanya butuh waktu beberapa hari saja untuk menyelesaikan proyek gila tersebut. Tapi nyatanya, ia justru harus bertahan hidup lebih lama karena motor baru bisa selesai setelah 12 hari.

Tak disangka dengan kerja keras motor pun bisa selesai dan ia selamat karena tersisa sedikit air untuknya bertahan dari haus dan panasnya Gurun Sahara.

Foto by ride-aid.jp

Setelah seharian berkendara dengan ‘motor barunya’, Emile akhirnya sampai di pos polisi yang kemudian membantunya sampai di desa terdekat. Tapi Emile juga harus mendapat surat tilang karena motor yang ia tunggangi tidak sesuai dengan surat-surat kendaraannya.

Kisah Emile itu pun akhirnya menjadi viral di sosial media dan sempat muncul di televisi Perancis di tahun 1990an.

Emile mungkin sekarang sudah berusia 68 tahun dan terakhir diketahui tinggal di bagian barat daya Perancis. Aksinya yang memukau bahkan pernah disebut menyamai superhero sekelas Toni Stark yang berhasil menciptkan Iron Man!