6 Motor Baru Super Keren yang Meluncur di GIIAS 2018

Gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 dimulai pada tanggal 2 hingga 12 Agustus 2018 mendatang di ICE-BSD City, Tangerang. Selain memamerkan berbagai mobil-mobil baru, pameran ini turut menghadirkan motor-motor anyar  yang super keren.

Ada banyak varian yang ditawarkan, mulai dari matik sampai dengan retro yang tentu saja sangat menarik untuk disimak. Kalau kepincut ingin beli, boleh dong langsung menuju ke venue GIIAS 2018.

Nah, kira-kira apa saja ya motor-motor baru yang dihadirkan di sana? Nih simak ulasan kompletnya.

New KTM RC200

Foto by Otosia.com

Tidak mau tertinggal dari brand sepeda motor lain, KTM Indonesia akhirnya menelurkan varian baru KTM RC200. Sebenarnya sih tidak terlalu banyak yang berubah, karena hanya menyentuh sisi grafis saja.

Peluncuran ini dilakukan serentak di seluruh dunia, dan kebetulan Indonesia merupakan yang beruntung menjadi pasar KTM RC200 seri terbaru 2018 ini. Menariknya lagi, Indonesia juga sebagai negara pertama yang meluncurkan varian ini dan bertepatan dengan gelaran GIIAS 2018.

Grafis baru New KTM RC200 ini identik dengan corak hitam dan putih yang tentu saja berbeda dibandingkan model KTM RC200 biasanya. Soalnya, selama ini KTM lebih identik dengan oranye. Namun ciri khas itu tidak serta merta ditanggalkan kok. Nyatanya, di bawah tangki masih dilabur dengan corak oranye.

Khusus di area GIIAS 2018, New KTM RC200 dibanderol dengan harga Rp40 jutaan.

Selain New KTM RC200, KTM juga menyuguhkan model lain dengan mesin 20cc, dan 390cc baik untuk tipe sports touring Duke maupun full fairing RC.

Ada diskon juga berupa special deal up sebesar Rp5,5 juta, bunga 0% sampai angsuran 12 bulan.

Honda Forza 250

Foto by gastankmagazine

PT Astra Honda Motor (AHM) menjawab rasa pensaran para penggemar skutik bongsor 250cc dengan meluncurkan Honda Forza 250.

Motor matik yang kini dipercaya menjadi pesaing kuat Yamaha XMax ini punya teknologi canggih dengan format pendinginan mesin berbasis cairan. Rasa berkendaranya juga diklaim sangat nyaman karena dilengkapi fitur-fitur canggih masa kini dan penerapan teknologi serba modern.

Titik kemwahan Honda Forza serasa lengkap dari sisi depan hingga belakang. Kesannya sporti dan agresif serta dibekali pencahayaan yang serba LED.

Salah satu fitur unggulan Honda Forza ialah electrical adjustable windscreen yang dapat digunakan untuk mengatur ketinggian windhshield. Lalu ada juga fitur Selectable Torque Control (HSTC) yang berguna sebagai pengontrol traksi agar ban tidak mudah selip.

“Model global ini memiliki kemewahan desain, kelengkapan fitur terkini, dan performa tinggi di kelasnya. Saya optimis Honda Forza akan menjadi pusat perhatian baru di antara para pecinta motor skutik besar,” ujar Toshiyuki Inuma, President Director AHM.

Honda memasang mesin berperforma tinggi di kelasnya 250cc SOHC liquid cooled PGM FI dengan tenaga maksimum 17,3 kW/7500 rpm.

Sisi nyaman Honda Forza juga didukung oleh ban tubeless 120/70 dengan ring 15 M/C untuk band depan dan 140/7 dengan ring 14 M/C belakang. Sementara pengeremannya sudah dilengkapi ABS 2 channel.

Model ini juga dilengkapi Honda Smart Key System yang terintegrasi dengan alarm anti maling dan Answer Back System. Untuk mendukung mobilitas tinggi pengendaranya, Honda Forza juga dilengkapi DC socket pada rak bagian depan.

Ada juga bagasi ukuran U-Box yang cukup lapang hingga mampu menyimpan helm dan barang bawaan lain.

Honda Forza tersedia dengan tiga warna eksklusif yaitu Pearl Horizon White, Sword Silver Metallic, dan Mat Gunpowder Black Metallic yang dipasarkan dengan harga On The Road (OTR) Jakarta sekitar Rp 70 Jutaan.

Suzuki Bandit 150

Foto by Paultan

Sosok yang ditunggu-tunggu oleh para penyuka Suzuki akhirnya menampakkan diri. Ia adalah Suzuki GSX 150 Bandit. Motor bergaya modern yang mirip antara perpaduan GSX-S 150 dan Satria 150 FI tersebut muncul di GIIAS 2018.

Suzuki menyebut Bandit 150 sebagai street naked modern yang agresif dan mengusung jargon “one bike for all”. Pasalnya, sebagai motor bergaya sport, jok dudukan motor dibikin senyaman mungkin agar bisa dipakai untuk berkendara sehari-hari, baik untuk boncengan atau solo riding.

Sistem pengamanannya sudah menggunakan Shuttered Key dan memanfaatkan mesin yang dimiliki oleh GSX 150 series, yaitu 150cc DOHC injeksi berpendingin cairan.

Menurut Sales & Marketing 2W Department Head PT Suzuki Indomobil Sales, Yohan Yahya kepada Otosia.com, segmen motor ini memang nyaris sama dengan GSX-S 150. Namun untuk harganya mereka masih tutup mulut.

“Segmennya hampir sama dengan GSX-S 150. Harga fix nanti akan kami umumkan. Yang pasti harganya kompetitiflah,” ujarnya.

Melihat segmentasi tersebut, bisa jadi Suzuki GSX 150 Bandit atau disebut juga dengan Suzuki Bandit 150 ini akan dibanderol di kisaran Rp 25 jutaan.

Honda CRF1000L Africa Twin

Selain Honda Forza, PT Astra Honda Motor (AHM) turut menghadirkan varian adventure 1.000cc, Honda CRF1000L. Africa Twin. Varian ini merupakan pilihan bagi para penyuka adventure di tanah air, terutama karena kemampuannya yang luar biasa hingga memiliki jargon ‘go anywhere’ persis seperti pendahulunya.

Konsepnya yang serba bisa membuat motor ini enak dipakai di berbagai level jalanan, mulai dari tanah, jarak jauh hingga perkotaan.

Honda CRF1000L Africa Twin ini pun menjadi pelengkap satu varian lainnya sehingga terdapat dua tipe, yakni tipe standar (STD) dan Dual Clutch Transmission (DCT).

Honda CRF1000L Africa Twin Adventure Sports tetap mengusung mesin yang ringan tapi bertenaga, dengan konfigurasi parallel twin-cylinder berpendingan cairan yang sudah terbukti ketangguhannya. Sasis dipertahankan untuk kelincahan bertualang di medan on-road atau pun off-road, baik digunakan menyeberang antar benua maupun berkendara di perkotaan.

President Director AHM Toshiyuki Inuma mengatakan Honda CRF1000L Africa Twin Adventure Sports mewarisi DNA Rally Dakar dan ketangguhan Honda CRF1000L Africa Twin yang melegenda sejak tiga dekade silam. Big bike adventure Honda ini menjadi pilihan yang tepat untuk melintasi jalanan di berbagai medan.

AHM menawarkan Honda CRF1000L Africa Twin dengan tiga tipe pilihan. Tipe Standar dan DCT dipasarkan dengan warna paduan merah dan putih (Victory Red). Sedangkan Adventure Sports cuma memiliki satu warna saja, yaitu Tricolor (merah, putih dan biru).

Tipe Standar dibanderol dengan harga RP 485.000.000 (on the road DKI Jakarta) dan tipe DCT dipatok Rp 520.000.000. Sementara tipe tertinggi Adventure Sports dipasarkan Rp 585.000.000. Sepeda motor tangguh ini sudah mulai bisa dipesan di 11 diler Big Wing pada Agustus 2018.

Honda Super Cub C125

Foto by Otosia.com

Satu lagi varian yang menggoda dari gelaran GIIAS 2018 ialah Honda Super Cub C125. Model retro yang mengambil garis keturunan Honda Super Cub tersebut memang menyimpan daya tarik tersendiri. Apalagi teknologinya kini serba modern!

Menurut sejarahnya, Honda Super Cub diperkenalkan pertama kali pada 1958 sebagai sepeda motor bebek yang ditujukan untuk memberi kesenangan dalam setiap kehidupan penggunanya. Model ini terus mendapatkan apresiasi besar di berbagai belahan dunia. 60 tahun kemudian, pada 2017, motor Honda Super Cub telah mencapai angka produksi ke-100 juta dan dipasarkan di lebih dari 160 negara. Pencapaian ini membuat Honda Super Cub menjadi motor terlaris dengan originalitas desain yang dimilikinya.

Meski konsepnya terkesan retro, Honda Super Cub C125 menganut desain premium dengan berbagai fitur eksklusif masa kini, seperti desain lampu bulat, dan bentuk knalpot memanjang yang ikonik.

Honda Super Cub C125 juga menggunakan mesin injeksi berkapasitas 125cc SOHC, 4 gigi perpindahan, berpendingin udara dan dengan 2 katup yang handal dan ekonomis plus tampilan finishing chrome pada detail partsnya yang semakin memberikan kesan premium.

Motor ini memiliki bore dan stroke 52.4 x 57.9mm dengan rasio kompresi 9.3:1. Maksimum power sebesar 6.76kW dicapai pada rpm 7500 dan torsi maksimal sebesar 9.79 Nm pada rpm 5000.

Honda Super Cub C125 menggunakan basis Frame C110 ‘Backbone’ baja berbentuk tabung. Berat bersihnya mencapai 107 kg, dilengkapi dengan suspensi depan teleskopik dan velg alumunium berdiameter 17 inchi. Ban depan model ini berukuran 70/90-17 dan ban belakang 80/90-17, keduanya telah menggunakan ban tubeless.

Honda Super Cub C125 hadir dengan 3 pilihan warna yakni Pearl Niltava Blue, Pearl Nebula Red dan Pearl Shining Black yang dipasarkan dengan harga On The Road (OTR) DKI Jakarta Rp. 55.000.000,-. Model ini dipasarkan secara eksklusif di seluruh jaringan Honda Big Wing dan Wing dealer.

Viar Vintech

Foto by Otosia.com

Merebaknya motor retro di Indonesia membuat PT Viar Motor Indonesia tertarik untuk mengeluarkan motor bergaya lawas. Tak tanggung-tanggung, ada dua model yang diluncurkan yakni Vintech 200 dan 250.

Melihat sosoknya, motor ini memang sedikit banyak bisa dibandingkan dengan Kawasaki W175 yang sama-sama mengusung konsep retro. Hal itu kentara dari bentukan knalpot, setang, knalpot, jok hingga bentuk lampunya.

Sistem pengabutan bahan bakarnya masih mengandalkan karburator. Tapi dengan mesin Viar Vintech 200cc, tentu bikin pengendaraan jadi lebih enteng. Hal itu didukung oleh powernya yang mencapai 13,8 KW pada 9.000 rpm.

Sedangkan untuk mesin 250cc sendiri, Viar Vintech menawarkan power sebesar 15 KW pada 8.500 rpm.

Foto by Otosia.com

Speedometernya sudah dilengkapi dengan mode digital, ditambah peredam kejut upside-down dan double shock model tabung untuk peredam belakang. Hal inilah yang bikin sensasi modern dan kenyamanan Viar Vintech tetap terjaga.

Soal harga, Viar mematok dua varian itu dengan kisaran yang cukup terjangkau. Untuk Viar Vintech 200 dibanderol dengan harga Rp 22 jutaan, dan Vintech 250 sebesar Rp29 jutaan.