BMW Concept 9Cento, Sosok Sports Adventure dengan Frame Serat Carbon

BMW Motorad mengumumkan motor konsep dengan inovasi terbaru bernama “9cento”!

Produk baru dengan tampang radikal ini merupakan hasil pengembangan BMW Motorrad untuk menyasar orang-orang penggila motor eksklusif. Berbeda dengan BMW RnineT atau pun HP4 Race, varian baru ini justru menggunakan rangka dari bahan serat karbon.

Seperti apa ya detailnya?

Konsep 9Cento Layaknya Motor dari Masa Depan

Foto by ride-aid.jp

BMW 9Cento pertama kali menampakkan diri pada ajang Concorso d’Eleganza Villa d’Este 2018 Italia, yang merupakan gelaran pameran tahunan mobil-mobil klasik. Tempatnya, berada di dekat Danau Como bagian utara kota Milan.

Foto by ride-aid.jp

Ketika melihat sekilas tampilan motor ini, yang terbersit di pikiran pasti nuansa futuristik!

Ya, bisa dibilang inilah konsep masa depan motor sports adventure yang hingga sekarang pun desainnya belum banyak dipakai.

“Kami berusaha untuk menyajikan konsep masa depan ke dalam sebuah motor sports adventure. Dan inilah buktinya, konsep 9Cento. Motor touring yang ideal dengan power besar, lincah dan performa yang dijamin memuaskan,” ungkah BMW di dalam siaran persnya.

Nama Cento sendiri berarti 100, yang sesungguhnya identik dengan mesin 900cc. Diperkirakan, mesin tersebut diadopsi dari varian F850GS atau F800. Namun yang pasti, konfigurasi dapur pacunya sudah menggunakan teknologi twin engine.

Kesannya yang agresif didukung oleh lampu utama LED dan cowl dengan pemasangan yang lebih memanjang. Posisi setang kemudinya tidak terlalu rendah. Lalu bentukan cowl ala F series tidak lagi dipakai sehingga lebih mempertegas elemen tourer.

 

Foto by ride-aid.jp

Lanjut ke detail, terlihat kaki-kakinya dibekali dengan produk dari Ohlins dan pengereman berkaliper Brembo.

Dan lebih sangarnya lagi, kerangka yang tertutup oleh fairing bergaya garang tersebut ternyata terbuat dari bahan karbon! Sedangkan subframe belakang menggunakan material aluminium. Bayangkan betapa ringannya bobot motor ini?

Foto by ride-aid.jp

Jok dudukannya pun tidak biasa. Bentuknya unik dengan kursi penumpang dan pengemudi saling terintegerasi. Di masa depan, mungkin konsep seperti ini akan lebih banyak dikembangkan.

Foto by ride-aid.jp

Dilihat dari sisi mesin, ada dugaan 9Cento ini memang mengadopsi kepunyaan BMW F850GS. Meskipun tidak disebutkan di dalam rilis resmi mereka, hal itu cukup kentara dari crankcase yang dipakai.

Foto by ride-aid.jp

Menurut kamu, cakep banget nggak nih?