Pernah Dengar Istilah 3D Printer? Kalau Diterapkan pada XSR 900, Hasilnya Jadi Luar Biasa!

3D printer memang terdengar keren. Umumnya 3D printer digunakan untuk mencetak benda padat dengan ukuran beragam, dan pastinya beda dengan printer kertas. Materialnya pun bisa dari logam (alloy) atau pun plastik. Nah kalau diaplikasikan untuk motor, bagaimana hasilnya?

Yamaha XSR 900 Yard Built Buatan DAB MOTORS ‘The ALTER’

Foto by ride-aid.jp

Ini dia karya fantastis hasil olah 3D printing yang diberi nama dengan The ALTER. Motor ini dibangun dari basis Yamaha XSR 900. Kreatornya ialah DAB Motors, sebuah rumah modifikasi yang berlokasi di tepi pantai Biarrtiz, negara bagian Basque, barat daya Perancis.

Foto by ride-aid.jp

Letak keunikannya ada pada subframe yang serba blink-blink, yang diracik dari olah kecanggihan 3D printing terbaru. Bagian bawah subframe berbentuk seperti salib dengan memanfaatkan teknik perakitan pipa hasil penggunakan metode 3D printing terkini.

Foto by ride-aid.jp

Lampu belakangnya menyatu dengan buntut. Meskipun seolah semua hal bisa direalisasikan dengan teknologi 3D printing, tapi nyatanya banyak komponen motor yang harus disesuaikan dengan seksama. Salah satu memasukkan LED light ke dalam pipe frame. Tapi berkat kreatifitas yang tinggi, nyatanya hal itu tetap bisa diwujudkan.

Foto by ride-aid.jp

Kelihatannya memang kesan pertama dari hasil kreasi orang Perancis ini sangat mengejutkan dan tidak biasa, tapi faktanya hal itu bukanlah sesuatu yang mustahil.

Foto by ride-aid.jp

Kerennya lagi, bagian risernya dibikin dengan cara 3D printing juga. Tentu dong, kelihatannya jadi sedikit beda!

Foto by ride-aid.jp

Foto by ride-aid.jp

Bagi penulis, secara pribadi sangat mengaggumi karya seperti ini. Bentukan dan desain eksteriornya juga manis, bahkan bahannya pun cukup ekonomis karena diambil dari proses daur ulang serat karbon.

Foto by ride-aid.jp

Dengan kesannya yang cadas, memang sih banyak orang akan menilai bahwa motor ini tidak ramah bagi lingkungan. Tapi hal itu ditampik oleh DAB Motors. Mereka malah menyuarakan agar tidak merusak bumi, yang mereka contohkan dengan mengambil material daur ulang untuk motornya.

Nah, bagaimana pendapat Kamu, Sobat?