Honda Luncurkan CB250R, Mungkinkah Jadi Versi Naked CBR250RR?

Honda Malaysia baru saja meluncurkan sosok CB250R yang punya tampang berbeda dari generasi CB-Series yang sudah ada di Indonesia. Kalau bisa dibilang, perawakan dan struktur bodinya jusru lebih mirip dengan moge kelas 1000cc CB1000R.

Selain itu, ada sedikit DNA yang nampaknya dari Honda CB EX-Motion di mana motor tersebut sudah dilucncurkan lebih dulu di Thailand.

Lantas seperti apa ya detail dari Honda CB250R ini? Yuk simak harga, spesifikasi dan juga fotonya di sini.

Honda CB250R Lebih Dulu Diluncurkan di Jepang

Foto by Honda Jepang

Lahir di Jepang, Honda CBR250R menawarkan sensasi yang beda dibandingkan model-model terbaru yang ada saat ini. Motor ini meluncur pada bulan Mei 2018 lalu. Harga yang ditawarkan cukup menjanjikan, yakni 4,66,000 Yen atau setara dengan Rp60 jutaan (exclude pajak Indonesia).

Di tempat asalnya, motor ini diberkahi dengan teknologi ABS yang memang banyak dipakai oleh varian bermesin 250cc.

Konfigurasi mesinnya diberkahi dengan teknologi DOHC yang berhasil memuntahkan power hingga 27 HP/9000 rpm serta torsi puncak 23 Nm/8000 rpm. Meski karakter desainnya hampir sama seperti Honda CB300R, tapi dapur pacu yang dipakai sangat berbeda.

Ada beberapa warna yang ditawarkan, antara lain Fearless Black, Candy Chromosphere Red dan Matte Krypton Silver Metallic.

Honda CB250R Mirip dengan Honda CB1000R Jepang

Foto by Honda Jepang

Selain punya karakter yang sama dengan Honda CB300R yang sebenarnya hanya beda pada dapur pacu saja, motor anyar yang baru saja diperkenalkan untuk warga di negara Malaysia ini juga punya kesamaan dengan Honda CB1000R.
Karena dimensi tubuhnya yang mungil tak sebongsor CB1000R, bikin sensasi mengendarainya lebih ramah buat diajak ngebut di perkotaan.

Komponen yang bikin penampilannya terlihat kekar sebenarnya ada di sektor kaki-kaki di mana lini belakangnya memakai ukuran 150/60-17, sedangkan bagian depan memiliki ukuran 110/70-17.

Honda Jepang sendiri berani mengklaim bahwa motor ini terbilang irit dengan konsumsi bahan bakar 44,5 Km/liter ketika dikendarai dengan kecepatan normal 60 Km/h (berboncengan 2 orang).

Harga Honda CB250R 2018 di Jepang:

  • STD Model: 4,66,000 Yen (Rp 60,2 jutaan)
  • ABS Model: 5,13,000 Yen (Rp 66,3 jutaan)

Baru Saja Meluncur di Malaysia

Foto by Honda Jepang

Kehadiran Honda CB250R nampak begitu dekat dengan Indonesia setelah diluncurkan di Negeri Jiran, Malaysia. Di negara tersebut, Honda CB250R dibanderol dengan harga RM22.999, setara Rp81 jutaan.

Yap, harga yang cukup tinggi apabila masuk ke Indonesia. Namun melihat berbagai fitur yang dibawanya, nampaknya banderolan tersebut memang perlu dipikir-pikir lagi. Bandingkan saja dengan Ninja 250 SE (ABS) yang hanya berkisar di angka Rp 71 jutaan.

Tidak ada yang banyak berubah ketika dibandingkan dengan versi Jepang-nya. Motor ini tetap keren dengan desain Neo-Sports Cafe dengan banyak fitur modern seperti full LED lighting, instrument digital dan suspensi upside-down.

Hanya saja, kalau dibandingkan dengan Honda CBR250RR atau pun Ninja 250 SE, motor ini masih belum memiliki dual-silinder alias mono.

Mungkinkah Honda CB250R Bakal Jadi Versi Naked CBR250RR?

Foto by Honda Jepang

Harapan tentu selalu ada agar banyak produk baru masuk ke Indonesia, sehingga memperbanyak pilihan. Tapi, semua itu pasti tergantung oleh pasar dan demand saling mempengaruhi.

Terlebih yang tidak boleh dilupakan tentunya harga yang sesuai budget orang Indonesia. Jika benar motor ini akan ditawarkan dengan harga Rp 80 jutaan, tentu banyak orang yang harus berpikir ulang untuk membelinya. Belum lagi soal nilai jual kembali yang terkadang selalu diperhitungkan oleh pembeli.

Meski demikian, tidak menutup kemungkinan bahwa motor ini bisa masuk ke Indonesia. Semua tergantung pada hasil studi PT Astra Honda Motor (AHM) yang menginginkan motor itu dijual di Indonesia atau tidak.

Namun berkaca pada berbagai varian di Indonesia, sepertinya akan sangat menarik jika motor ini dijual sebagai versi naked dari CBR250R versi lawas atau CBR250RR, mengingat dua varian tersebut belum punya model telanjang.

Bandingkan saja dengan dua rivalnya, Kawasaki dan Yamaha. Selama ini Kawasaki Ninja 250 punya varian naked dengan nama Z250 dan Yamaha R25 sendiri memiliki MT-25.

Nah, kalau menurut Kamu gimana nih Sobat?