Tiga Tipe Kamera Recorder yang Cocok Buat Motor Touring

Drive recorder atau disebut juga dengan Doreco, merupakan item yang secara otomatis dapat merekam gambar dan suara ketika biker sedang mengendarai motornya.

Apabila terjadi kecelakaan lalu lintas, hasil rekaman tersebut bisa dijadikan salah satu alat bukti yang sulit disangkal di pengadilan.

Takahari Drive recorder

Foto by ride-aid.jp

Kamera khusus motor ini memiliki lensa depan yang dapat memotret dengan spesifikasi wide angle 140 derajat dan kualitas full HD 1080P / 30 fps. Sedangkan kamera belakangnya dilengkapi dengan kamera wide angle 120 derajat, yang juga bisa digunakan untuk merekam semua kejadian. Kamera ini juga tahan air karena dibekali teknologi IP68 kelas tertinggi yang kompatibel dengan bodi waterproof. Lebih menarik lagi, perangkat ini dapat diisi dengan listrik dari baterai sepeda motor, dan bisa dengan mudah disetting untuk selalu merekam tanpa henti.

Data yang lama akan ditumpuk kemudian disimpan ketika kapasitas penyimpanannya penuh, sehingga memungkinkan untuk merekam video baru. Jika sampai mengalami benturan, kamera ini tetap aman karena penyimpanannya dikunci dengan kuat sehingga tidak mudah rusak.

Lebih jauh lagi, karena produk ini memiliki fungsi untuk mendeteksi gerakan, ia akan merekam ketika kamera mendeteksi getaran akibat adanya tindakan kasar atau tindakan yang bisa merusak kendaraan. Yap, sepertinya masalah di tempat parkir di mana banyak orang-orang yang tidak peduli dengan kendaraan setidaknya bisa dideteksi dengan kamera ini.

Kamampuan penyimapanannya mampu menampung kapasitas maksimal kartu Micro SD 32GB yang juga dapat digunakan untuk fotografi full HD berkualitas gambar yang tinggi pula. Dengan demikian tentu dibutuhkan memory Class 10 atau di atasnya lagi. Kartu MicroSD ini tidak termasuk dalam pembelian, maka terpaksa harus membelinya secara terpisah.

Takahari Drive recorder untuk sepeda motor ini dibanderol dengan harga: 9,980 yen (termasuk pajak)

KYLIN WING Drive recorder

Foto by ride-aid.jp

Kamera depannya tahan air dan memiliki kualitas video full HD 720p / 30fps, dengan wide angle 140 derajat. Kamera belakangnya memiliki wide angel 120 derajat, yang memungkinkan untuk merekam situasi di belakang motor dengan aman. Kemampuannya yang tahan air diberkahi dengan teknologi IP68 kelas tertinggi ditambah struktur bodi utamanya yang tahan air pula.

Terdapat fitur ‘overwrite’ ketika suplai daya dari baterai sepeda motor lemah atau memory penyimpanan sedang penuh. Tapi tenang saja, gambar-gambar penting seperti foto kecelakaan secara otomatis terkunci dengan aman meski kamera mengalami guncangan hebat.

Komponennya mudah dipasang, sehingga konsumen bisa menginstalnya sendiri. Harganya juga sedikit lebih ringan, tapi ya sebanding dengan hasilnya yang agak kasar. Agar gambar yang dihasilkan lebih bagus, pastinya diperlukan upaya lebih besar. Selain itu, Kamu juga perlu untuk membeli kartu Micro SD sendiri karena dijual secara terpisah.

KYLIN WING Drive recorder untuk sepeda motor ini dibanderol dengan harga ¥ 6.250 (termasuk pajak)

Blueskysea Drive recorder

Foto by ride-aid.jp

Dengan teknologi G Sensor yang canggih, kamera ini mampu merekam setiap detik kecelakaan secara detail. Meskipun sistem penyimpanannya memiliki fungsi menumpuk data secara otomatis, hasil rekaman yang penting akan tetap tersimpan dengan baik dan tidak akan hilang.

Walau harganya sedikit lebih tinggi dari tipe lainnya, device ini cukup unggul dengan menawarkan layar LCD 2,7 inci plus tampilan simultan baik untuk gambar maju maupun mundur.

Kamera depannya tahan terhadap air, dengan kualitas gambar full HD 1080p / 25fps yang dipadu dengan wide angle 130 derajat. Karena dilengkapi kamera belakang, tentu sangat memudahkan untuk merekam semua kejadian di belakang motor. Kamera depan dan belakang benar-benar tahan air, tapi bagian utama dari kamera ini juga ampuh menahan air. Selain itu, kualitas kameranya didukung dengan tingkat presisi tinggi. Harus diperhatikan untuk tidak menekuk atau mengeraskan sistem pengunciannya terlalu kuat.

Fungsi WDR dipasang pada kamera, dan Kamu dapat mengambil gambar meskipun dalam situasi yang minim pencahayaan. Selain itu, kamera ini juga didukung oleh kartu Micro SD 64GB, yang tentu saja dijual secara terpisah. Dengan kualitas gambar full HD dengan hasil gambar yang bagus, Anda harus menggunakan kartu memori Kelas 10 atau di atasnya.

Drive Blueskysea recorder untuk sepeda motor ini dibanderol dengan harga 14.899 yen (termasuk pajak)

Nah, apakah Kamu sekarang tertarik untuk memasang kamera di sepeda motor kesayangan? Selain terlihat keren, fungsi kamera ini tentu untuk merekam segala kejadian yang terjadi di sekitar kita.

Jadi, bila suatu ketika terjadi kecelakaan, atau hal tidak diinginkan, kamu sudah punya bukti otentiknya.