Amazing! Yamaha XSR900 Dibikin ala Motor Racing Masa Depan

Bicara tentang model “neo-retro” Yamaha “XSR 900”, yang terbersit pertama kali ialah gaya nostalgia yang diberkahi dengan kinerja tinggi sebagai motor racing jalanan. Kami pun mencoba mengulik gaya baru “neo-retro” dan mendapati sebuah inovasi yang menciptakan pesona yang belum pernah ada sebelumnya.

Yap, sebuah motor kustom dengan gaya yang fantastis dari basik XSR900 baru saja diumumkan. Yuk kita bahas detailnya.

Kreatornya Ialah Rumah Modifikasi Inggris, Auto Fabrica

Foto by ride-aid.jp

Nah, seperti yang Kamu lihat, desain yang dipakai begitu futuristik.

Pembangunan motor tersebut dilakukan di Inggris  oleh “Auto Fabrica”. Bisa dibilang tampangnya memang radikal dengan konsep yang tidak ada duanya, namun kental dengan ciri khas kultur Inggris.

Motor kustom ini lantas diberi nama “XSR 900 Type 11” dan dibikin sebagai salah satu “Yard Build Project” yang disponsori oleh Yamaha Europe.

Sebagai pembanding, kami juga memposting tipe standar XSR900 (model 2018) dengan gambar yang telah diubah menjadi terlihat lebih mewah!

Foto by ride-aid.jp

“Auto Fabrica” memadukan mesin balap berkonsep futuristik dengan rasa modern, yang sedikit menggeser desain klasik “XSR 900”. Seperti halnya standar motor “Yard Build Project” lainnya, mesin “XSR 900 Type 11” tetap mengandalkan mesin tiga silinder berpendingin air yang merupakan bawaan “XSR 900”. Meski model keseluruhan motor telah berubah drastis, frame yang dipakai masih asli dari pabrikan.

Ada berbagai peranti kelas premium yang bikin motor ini lebih safety, seperti suspensi Orste, kaliper Brembo, rem cakram PFM, dan BST yang terbuat dari serat karbon. Karena bodi bawahnya banyak diubah, kesan agresifnya begitu terasa.

Foto by ride-aid.jp

Motor di atas memiliki gaya racing yang menggunakan basis “XS 750”. Motor ini diproduksi sebelum “XSR 900 Type 11” lahir.

Fiturnya yang paling menonjol terletak pada cowl depan yang dibentuk secara integral dengan tangki bensin.

 

“Saya membuat kreasi ini memanfaatkan material nilon karbon (menggunakan printer 3D) yang dirancang dengan aplikasi CAD, komponen karbonnya dibuat dengan tangan, dan bodi aluminium dibuat dengan metode tradisional.”

Kesan klasiknya ditingkatkan lewat tiga knalpot yang dilabur dengan corak hitam tahan panas.

Foto by ride-aid.jp

Tampilan motor ini seolah menjadi ciri dasar pengendaranya sendiri! Meski dilengkapi dengan lampu belakang, tapi kesannya jelas merepresentasikan sebuah motor masa depan. Karya ini merupakan hasil olah profesional yang mengandalkan ketelitian.

Apa yang Kamu pikirkan setelah melihat hasil modifikasinya?

Setelah melihat berbagai konsep yang kami sajikan di atas, bagaimana menurut pendapat Kamu? Apakah terlihat keren? Ataukah ada yang kurang?

Perlu diketahui juga bahwa desain rangkanya tidak berubah meskipun sudah diterapkan perubahan total.

Kira-kira kustom seperti apa ya yang enak buat di ajak riding motor seperti ini?