Review Honda Gold Wing, Ternyata Dulunya Berwujud Motor Sport (2 menit)

Honda Gold Wing sempat diperkenalkan pada gelaran Tokyo Motor Show musim lalu. Setelah meluncur dengan konsep yang serba baru pasca 17 tahun tanpa perubahan, Honda Gold Wing akhirnya berganti rupa dan sempat laris manis terjual selama sebulan.

Sekarang, yuk kenalan dengan New premium tourer Honda Gold Wing sembari melihat sosok jadul yang dulu pernah menjadi sesepuhnya itu.

 

Inilah Gold Wing yang pertama kali diproduksi!

Honda Gold Wing Keluaran Pertama by ride-aid.jp

Pada awal mula produksinya, Honda Gold Wing rupanya diberi nama dengan GL100. Motor ini diumumkan pada tahun 1947 dan mulai dipasarkan di Amerika Serikat sejak tahun 1975. Inilah cikal yang menjadi kunci mahsyurnya Gold Wing hingga sekarang.

Total kapasitas mesinnya ialah 999cc. Mesin tersebut didinginkan lewat teknologi radiator. Dapur pacu itu memiliki 4 silinder 4-tak horizontal.

Maksimum output yang dikeluarkan mencapai 80 PS/ 7.500 RPM dan saat itu merupakan salah satu yang paling diperhitungkan di kelasnya. Tapi, bobotnya sampai pada angka 265 Kg, sehingga terbilang sangat berat.

Di sisi lain, mesin yang dekat dengan gravitasi dan tangki bahan bakar yang berada di bawah jok justru bikin akselerasinya makin enak.

Part yang mirip tangki itu sebenarnya hanya aksesori saja. Konsep desainnya merupakan adaptasi dari model kendaraan listrik Uri, seperti pengaplikasian electric system, radiator reservoir tank dan removable kick starter.

Generasi Kedua Ganteng khas Tourer!

Generasi Kedua Honda Gold Wing by ride-aid.jp

Generasi kedua Honda Gold Wing muncul di tahun 1980 dan diproduksi di Ohio, Amerika Serikat. Mesinnya memiliki bore 72mm sampai 75mm dan total kapasitasnya mekar hingga 1.085 liter.

Varian ini disebut dengan GL1100 Interstate yang memiliki peranti standar berupa aksesori audio stereo system.

Roda Depannya Dikonversi Jadi 16 inchi pada Generasi Ketiga

Generasi ketiga Honda Gold Wing by ride-aid.jp

Perubahan total Gold Wing dilakukan pada tahun 1984 dengan nama Honda GL1200. Model ini juga kental dengan aura touring. Bore dan stroke mesin tercatat sebesar 75.5 x 66.0 mm. Sedangkan kapasitasnya mencapai 1.182cc.

Ciri khas perubahannya kentara dari ukuran roda depan yang menjadi 16 inchi.

 

Generasi Keempat Penuh Kemewahan Laksana Kendaraan Roda-Empat!

Generasi keempat Honda Gold Wing by ride-aid.jp

Demi meredesain konsep konvensional motor, selain juga untuk menambahkan selera berkendara yang lebih nyaman, motor ini diberkahi dengan grand tourer yang luar biasa memanjakan. Hal ini tentu membikin rasa enak dan tentu saja prestige untuk siapa saja yang mengendarainya. Yap, rasanya seperti mengendarai mobil mewah!

Motor ini diproduksi tahun 1988 silam dan dinamakan degan GL1500. Dengan amunisi model ini, Honda secara resmi mulai melakukan impor dan menjualnya di Jepang.

Seluruh perawakan GL1500 ini didesain agar minim getaran, torsinya besar, dan gravitasiny rendah. Mesinnya didinginkan dengan air dan memiliki konfigurasi horizontal opposed 6-silinder 1.5 liter (kapasitas total 1.520cc – 97 PS/5.000 RPM). Inilah yang bikin mesinnya senyap, empuk dan powerful.

 

Kubikasi Mesinnya Meningkat Drastis Hingga 1.800cc pada Generasi Kelima

Honda Gold Wing Generasi Kelima by ride-aid.jp

Generasi kelima muncul pada tahun 2011. Desain barunya lebih dekat dengan tanah dan juga memiliki pendingin air. Model ini memiliki 6-silinder dengan kapasitas total 1.800cc. Untuk mendapatkan power yang melimpah, mereka mengadaptasi sistem three-way catalyst system “HECS 3” yang berhasil membuatnya menyabet predikat mesin berperforma tinggi ramah lingkungan.

Selanjutnya, dengan mendaptasi desain aluminium frame yang enteng dan rigid, membuatnya lebih optimal untuk riding dan posisinya pun lebih nyaman.

Tempat duduknya dibikin sangat empuk sehingga sangat pas untuk perjalanan jauh.

 

Tampilan New Gold Wing Generasi Keenam

New Honda Gold Wing Generasi Keenam by ride-aid.jp

Motor ini dibekali dengan fitur Tour Dual Clutch Transmission. Varian ini merupakan generasi paling baru atau keenam.

Motor yang sudah banyak berubah ini memiliki double wishbone yang meningkatkan sisi kenyamanan dan handling dalam berkendara. Desainnya dibikin agar nikmat digeber dan mudah untuk dimanipulasi, yang memang menjadi tujuan utama dari sebuah motor.

 

Hondfa Gold Wing Generasi Keenam by ride-aid.jp

Bagian bodinya dikembangkan dengan konsep terbaru, salah satunya suspensi depan.

Desainnya yang kompak menambah sisi fungsional dan tentu saja makin berkualitas. Bisa dikatakan Gold Wing seri ini memiliki perubahan total setelah 17 tahun lamanya tanpa pembaruan. Pengendaranya pun makin dimanjakan dengan berbagai fitur yang dimiliki.

 

Frame Honda Gold Wing Generasi keenam by ride-aid.jp

Rangka dasarnya sangat enteng karena menggunakan aluminium twin-tube yang sangat kuat.

Dengan mengadopsi suspensi double wishbone, selain meningkatakan kenyamanan dan konsentrasi pengendara, handlingnya juga enteng karena pengurangan bobot sampai 38 Kg jika dibandingkan dengan pendahulunya.

 

Bagian depan Honda Gold Wing Generasi Keenam by ride-aid.jp

Desainnya ditujukan untuk mengjangkau lokasi yang jauh.

 

Konsep mesin Honda Gold Wing Generasi Keenam by ride-aid.jp

Pada motor ini, Honda masih mempertahankan sistem dapur pacu horizontal 6-silinder, sembari mendesain perawakannya agar kompak dan ringan.

  • Dengan melihat bore pitch and kiri serta kanan silinder, panjang engine dari depan hingga belakang head silinder kiri yang diperpendek hingga 29mm, ketika dibandingkan dengan versi lamanya, maka model ini memang yang paling kompak.
  • Dengan mengdopsi sistem unicam valve train untuk valve drive system, Kami mendapati bahwa bobotnya bisa dikurangi sampai 6,2 Kg oleh engine itu sendiri dibandingkan dengan model konvensionalnya.
  • Pengguanaan sistem ISG (Integrated Starter Generator) mengintegrasikan fungsi dari generator dan motor starter menjadi satu. Dengan demikian motor pun menjadi sangat ringan, ukurannya kompak tapi begitu senyap ketika mesin start.

Melalui spesifikasi seperti torsinya yang rendah pada putaran bawah, motor cruiser ini tentu terasa sangat memanjakan. Hal itu makin membuatnya irit bahan bakar dengan klaim hingga 7 Km/Liter, ketika dibandingakan dengan tipe konvensional. Ditambah lagi, motor ini sudah menggunakan sistem kombusi bahan bakar.

 

Sistem engine Honda Gold Wing by ride-aid.jp

Selain transmisi 6-percepatan, sistem perseneling Honda Gold Wing ini juga mengadopsi 7-percepatan Dual Clutch Transmission (DCT) generasi ketika yang bertujuan meningkatkan kepintaran dalam berkendara.

Honda menambahkan cita rasa handling yang lebih mudah, dengan perseneling yang bisa untuk maju dan mundur.

 

Windshield Honda Gold Wing by ride-aid.jp

Bukan hanya meningkatkan kekuatan fisik dasarnya saja dengan memperbarui engine, frame, part fungsional, tapi juga meninggikan sosoknya sebagai sebuah motor tourer. Contohnya, dengan mengadopsikan electric screen yang dapat disesuaikan posisinya, ketinggiannya dengan cara yang gampang, kami pun merasa aman dan terproteksi dengan sempurna.

 

Aksesori buritan Honda Gold Wing by ride-aid.jp

Kapasitas bagasi yang berada di sisi kiri-kanan dan sadle bag memiliki kapasitas total sampai 110 liter.

 

Bagasi Honda Gold Wing by ride-aid.jp

Daya tampung tersebut sanggup untuk membawa barang bawaan yang bisa dipakai hingga 4 hari tiga malam! Meski detailnya dipangkas, fitur throttle by wire dan electronic control system masih dipertahankan.

Generasi keenam Honda Gold Wing punya 2 tipe

Honda Gold Wing Generasi keenam by ride-aid.jp

Generasi keenam Gold Wing ini salah satunya merupakan Gold Wing Tour yang memiliki tambahan aksesori di belakang dan jok belakang sebagai standarnya.

Sedangkan versi satunya lagi hanya memiliki saddlebag saja sebagai komponen standarnya.

 

Honda Gold Wing generasi keenam by ride-aid.jp

Gold Wing Tour dibekali dengan DCT ‘Gold Wing Tour Dual Clutch Transmission (Airbag)’.

 

Macam-macam warna Gold Wing generasi keenam

Varian warna Honda Gold Wing by ride-aid.jp

Gold Wing Tour DCT mempunyai warna two-tone yakni black candy ardant red yang memproduksi kesan mewah. Model tersebut diplot sebagai varian tertinggi. Sedangkan varian lainnya menggunakan warna black metallic.

 

Honda Gold Wing Tour by ride-aid.jp

Gold Wing Tour serupa dengan model DCT dengan aksen Candy Ardant Red.

Warna selanjutnya Pearl glare white yang memadukan antara kecerahan dan kesan yang menawan.

 

Majestic silver metallic by ride-aid.jp

Ada juga warna lainnya dengan konsep Pearl Hawks Eye Bule yang bikin tampilannya kaya akan saturasi.

 

Pearl Hack Eye Blue Honda Gold Wing by ride-aid.jp

Lalu, masih ada settingan warna lain dari Mat Majestic Silver metallic yang bikin rasanya begitu berkesan, dan menekankan pada bodinya yang rigid, serta tekukan-tekukan bodi tegas.

 

Pearl Stallon Brown Honda Gold Wing by ride-aid.jp

Sekarang, kami mencoba melihat kembali perjalanan Honda Gold Wing yang menjadi generasi keenam setelah mengalami perubahan model yang signifikan pertama kali selama 17 tahun.

 

Varian Honda Gold Wing by ride-aid.jp

 

Harga Honda Gold Wing

Honda Gold Wing by ride-aid.jp

Peluncurannya ialah pada tanggal 2 April. Dan hal itu sudah terlaksana! Harga detailnya sebagai berikut:

  • Gold Wing: 2,732,000 Yen (Rp351.610.168)
  • Gold Wing Tour (candy adult red, pearl glare white): 2,950,9200 Yen (Rp3.798.224.133)
  • Gold Wing Tour (Pearl Hawks Eye Blue): 301 million yen 3,200 Yen
  • Gold Wing Tour Dual Clutch Transmission <AIRBAG>: 3,115,500 Yen

Dengan mempertimbangkan perubahan, fungsionalitas dan kenyamanannya, harga segitu sebenarnya tidak terlalu mahal bukan?

 

Spesifikasi generasi keenam Honda Gold Wing

Untuk Gold Wing Tour dan Gold Wing Tour Dual Clutch Transmission <AIRBAG>

  • Panjang × Lebar × tinggi: 2,475 <2,575> [2,575] × 925 [905] × 1,340 <1,340> [1,340] mm
  • Wheelbase: 1,695 mm
  • Tinggi Jok: 745 mm
  • Bobot Kendaraan: 365 kg <379 kg> [383]
  • Engine type / Valve system: Water cooled 4 stroke OHC (Unicam) Horizontal opposed 6 cylinder
  • Kapasitas Mesin: 1,833 cc
  • Inner diameter x Stroke: 73.0 x 73.0 mm
  • Rasio kompresi: 10.5
  • Power maksimum: 93 kW (126 PS) / 5,500 rpm
  • Torsi maksimum: 170 Nm (17.3 kgf·m) / 4,500 rpm