[Suzuki Ecstar] Alex Rins Sabet Podium ke-3 Pertama Kali!

Race ke-2 MotoGP dihelat di Sirkuit Autódromo Termas de Río Hondo, Argentina pada bulan 8 April 2018 lalu.

Pada fase kualifikasi, hujan sempat mengguyur sirkuit di hari pertama riding. Saat itu suhu udara terpantau rendah, dan race pun disetting pada kondisi yang tentu saja sulit!

 

Hasil Kualifikasi Race ke-2 Tim Suzuki Ecstar

Suzuki GSX-RR MotoGP 2018 by ride-aid.jp

Alex Rins sejak awal sudah menunjukkan tajinya dan cukup kompetitif dalam kualifikasi. Rins berhasil mendapat posisi ke-5, sedangkan Andrea Iannone finish di tempat ke-12.

Rins mencatatkan waktu 1’47.743 dan jaraknya dengan pemegang posisi pertama terpaut +0.590.

Update selanjutnya, Rins merangsek ke posisi terdepan dan start ke-2 saat laga.

 

Suzuki GSX-RR MotoGP 2018 by ride-aid.jp

Andrea Iannone mencatatkan perolehan waktu 1’49.975. Selisih waktu dengan pembalap terdepannya ialah +2.822.

Ia mengganti bannya dengan tipe soft ke medium pada saat kualifikasi. Namun, hal itu justru tidak membuatnya kompetitif.

Hasil kualifikasi akhirnya menempatkan Jack Miller, pembalap Alma Pramac Racing di posisi pertama dengan catatan waktu 1’47.153. Start ke-2 dilakoni oleh Dani Pedrosa dari tim Repsol Honda dengan selisih (+0.177). Sedangkan di posisi ke-3 ada Johann Zarco. Tim Monster Tech 3 dengan selisih (+0.212).

 

Adu Ketrampilan Menaklukkan Kondisi Jalan

Suzuki GSX-RR MotoGP 2018 by ride-aid.jp

Saat Race berlangsung, ada momen-momen menegangkan ketika para pembalap harus ekstra kreatif dalam mengganti ban, menyesuaikan kondisi trek akibat cuaca yang kurang menentu.

 

Suzuki GSX-RR MotoGP 2018 by ride-aid.jp

Rins merangsek ke posisi ke-3 pada opening lap, tapi turun ke-4 ketika sampai di lap ke-9. Setelah itu, ia berhasil mengejar lagi ketertinggalannya dan merebut podium 3. Ketika itu, ia benar-benar diuji untuk bisa mengatur konsentrasi.

 

Suzuki GSX-RR MotoGP 2018 by ride-aid.jp

Andrea Iannone berusaha mengejar dari 12 lalu menyalip ke-8. Ia sempat bertarung habis-habisan, namun tidak mampu menyalip lagi.

 

Komentar Ken Kouchi, Technical Manager Suzuki Ecstar

“Benar-benar race yang luar biasa, situasinya sangat sulit dan pastinya mudah sekali kesalahan terjadi, tapi kami menemukan perubahan yang bagus pada Alex. Andrea belum bisa sepenuhnya menunjukkan performa aslinya karena hasil kualifikasi yang buruk, setidaknya dia sudah finish 10 besar”

 

Komentar David Brivio, Team Manager Suzuki Ecstar

“Kondisi trek yang basah saat itu, dan dalam kondisi sulit seperti itu, Alex sanggup mengontrol motornya dengan tenang. Andrea merasa kecewa tidak bisa mendapatkan hasil maksimum seperti yang diharapkan. Sekarang, saya akan mencari tahu lebih dalam tentang penyebabnya.”

 

Komentar Alex Rins

“Start ditunda dan progressnya sangat sulit ditebak, sejujurnya sebelum start, saya begitu gugup, jadi saya menenangkan diri sendiri bahwa saya tetap harus mendapatkan hasil terbaik pada kondisi seperti itu. Masih ada air yang menggenang di trek, sehingga bikin ban motor selip ketika berakselerasi, saat itu merupakan masa-masa yang sulit. Saya dan tim serta para staff Suzuki Jepang untungnya bisa bertarung dengan motor yang kuat karena semua orang bekerja keras bersama-sama.”

 

Komentar Andrea Iannone

“Setelah sesi warm up, kami yang pertama mengganti ban, setelah itu semua pembalap masuk ke pit satu per satu. Aspal trek berubah kering dengan cepat dan berganti menjadi trek yang lebih nyaman. Saya akan berusaha lebih keras untuk menebus hasil di race ini ketika nanti bertandang di Austin”

Hasil final race ini menempatkan Cal Crutchlow, Tim Satelit Honda, sebagai jawara dengan torehan waktu (40 ‘36.342), Johann Zarco (Monster Tech3) di podium ke-2 (2,01 1) dan terakhir Alex Rins (+ 2.501).

 

Spesifikasi Suzuki GSX-RR MotoGP 2018

Suzuki pernah memamerkan unit MotoGP tersebut di booth mereka. Berikut spesifikasi detailnya:

  • Panjang × Lebar × Tinggi: 2,096 mm × 720 mm × 1,140 mm
  • Wheel base: 1,457 mm
  • Bobot: 157 kg atau lebih
  • Engine type: water cooled 4 cycle parallel 4 cylinder DOHC 4 valve
  • Kapasitas Mesin: 1000 ㎤
  • Power Maksimum: 176 kw (240 ps)
  • Kecepatan Maksimum: 330 km / h atau lebih
  • Gearbox: 6th gear (seamless system)
  • Frame type: Aluminum twin spar
  • Ban (depan / belakang): 17 inchi / 17 inchi
  • Suspensi depan: Orleans inverted fork
  • Suspensi belakang: Orleans made
  • Rem (depam / belakang): Brembo carbon disk / steel disk