5 Motor Sport Keren yang Sayangnya Tidak Sampai ke Indonesia

Indonesia sejatinya memang ladangnya motor-motor keren dengan berbagai merek dan varian, pun dengan harga yang cukup bersaing. Namun, Indonesia tetap saja bukan satu-satunya negara yang menjadi target pasar produsen otomotif di dunia.

Ada banyak negara dan juga regulasi yang harus disesuaikan. Itulah mengapa, terkadang beberapa motor sport yang begitu keren dan mungkin terlihat cocok untuk pasar Indonesia, justru tidak terlalu digubris di dalam negeri.

Faktor utamanya ialah kecenderungan market dan juga harga yang dibebankan pada motor. Umumnya, motor yang terlalu mahal di Indonesia memang kurang begitu diminati.

Nah, apa saja merek dan varian motor-motor sport keren yang dijual di pasar Internasional, tapi sayangnya tidak diluncurkan di Indonesia? Simak nih sobat.

 

Honda CB150 ExMotion

Honda CB150R ExMotion by enoanderson.com

Kalau bicara soal CB150, pasti yang banyak diketahui oleh khalayak pecinta motor Indonesia adalah Honda CB150R Streetfire. Tapi, CB150R ExMotion bukanlah varian yang serupa.

Secara pribadi, kami merasa motor yang kini dijual di Thailand ini terlihat lebih seksi dan rasa ingin memilikinya lebih besar. Hal itu, karena konsep ExMotion cenderung lebih segar dengan konsep retro-klasik khas motor-motor kekinian.

Menurut Presiden Direktur Astra Honda Motor (AHM) Toshiyuki Inuma kepada Kompas.com, meski menggunakan mesin yang mirip, tapi keduanya sebenarnya berbeda. Salah satu yang paling fundamental ialah konsep rangka.

Honda CB150R ExMotion memakai rangka Inner Pivot Type Diamond, sedangkan CB150R Streetfire menggunakan Diamond (Truss).

Lalu, mesin CB150R ExMotion pun sudah dilengkapi dengan PGM-FI DOHC 4-katup 1-silinder 149cc yang didinginkan dengan cairan. Dapur pacu tersebut telah mengadopsi standar EURO VI yang memiliki rasio kompresi 11,3:1.

Honda CB150R ExMotion memiliki dimensi panjang 1.973 mm, lebar 822 mm, tinggi 1.053 mm. Kelihatannya sih ringkas, tapi sebenarnya, jarak wheelbase-nya nyaris serupa dengan CB150R Streetfire, yakni 1.296 mm.

Berbeda dengan Streetfire, ExMotion sudah dibekali dengan shock upside-down dengan diameter 41mm yang diambil dari Honda X-ADV.

Bobot totalnya mencapai 123 Kg dan karena titik gravitasinya dekat dengan biker, maka meski terkesan berat dan mesinnya nggak terlalu besar, manuver bisa dijalankan dengan lancar.

Lebih kerennya lagi, ExMotion punya fitur Anti-Lock Braking System (ABS) dengan G-sensor. Mirip moge banget kan?

Mau ban gambot yang sudah sepaket dari dealer, ExMotion telah menggunakan ban berukuran 150/60 untuk belakang dan depannya memakai 110/70.

Meski kecil, tapi dipastikan tampilannya nampak begitu berotot.

 

Honda CB Hornet

Honda CB Hornet 160R by India.com

Honda memperkenalkan CB Hornet 160R di India dengan harga mulai Rs. 84,675 untuk versi CBS dan Rs. 92,675 untuk varian tertinggi berfitur ABS.

Penampilannya yang menawan pernah diperkenalkan ke publik pada Auto Expo 2018 bersamaan dengan peluncuran New X-Blade Activa 5G dan CBR250R versi India.

Honda benar-benar membekali motor ini dengan style yang lebih trendi khas Honda CB masa kini. Ya, mungkin yang lebih dikenal di Indonesia mirip dengan Honda CB150R Streetfire.

Bagian depannya mengadopsi grand design kepunyaan moge Honda CB 600F yang namanya masih melegenda hingga sekarang.

Bagian panel meter tidak terpisahkan dari teknologi terkini yang kaya akan fitur digital.

Bagian yang tentu saja enak untuk dipandang ialah bentuk “X” lampu belakang yang khas dengan Honda PCX Indonesia.

Buat yang penasaran spesifikasi mesinnya, nih simak detailnya di bawah:

  • Tipe Mesin: Air Cooled, 4 Stroke, SI BS-IV Engine
  • Kapasitas mesin: 162,71 cc
  • Daya maksimum: 14,9 bhp @ 8500 rpm
  • Torsi Puncak: 14,5 Nm @ 6500 rpm
  • Transmisi: Gearbox 5-Kecepatan

 

Suzuki GSX250R

Suzuki GSX250R by asphaltandrubber.com

Suzuki GSX250R disebut sebagai motor full-fairing yang diperuntukkan untuk meningkatkan kenyamanan berkendara dan juga rasa puas dalam melintasi berbagai medan jalan.

Konsepnya bisa dibilang masih kental akan style lamanya. Tapi, ternyata hal itu yang justru bikin tampilan GSX250R lebih mengesankan.

Selain itu, komponennya yang serba ringan tentu bikin handling-nya lebih enteng dan gampang dikontrol.

Mesinnya menggunakan parallel-twin yang memaksimalkan torsi pada rpm bahwa hingga tengah. Hal itu tentu sangat diharapkan bagi mereka yang doyan kecepatan.

Dengan klaim di atas, Suzuki bahkan berani menyebutkan bahwa akselerasinya sanggup dilakukan dengan cepat pada kecepetan mulai 20Km/h hingga 90Km/h.

Panel meter pun seolah jadi penyempurna bagaimana motor ini terlihat lebih canggih dan serba modern. Indikator seperti speedometer, tachometer, gear position, RPM indikator, odometer, dual tripmeter, fuel gauge terinstal sempurna dalam media digital.

Lebih sangarnya lagi, fitur tersebut juga bisa mencatat rata-rata penggunaan bahan bakar, pengingat waktu ganti oli, dan juga jam.

 

Yamaha Fazer 25

Yamaha Fazer 25 by thrustzone.com

Yamaha Fazer 25 merupakan tipe motor sport-touring yang dirilis di India dengan harga Rs 1,29,335. Modelnya gagah dan sebenarnya merupakan varian yang diplot sebagai versi touring FZ25 street bike.

Tidak seperti Yamaha Fazer 150cc yang menggunakan fairing separuh, new Fazer lebih cenderung seperti motor full fairing yang berani bertarung langsung dengan Bajaj Pulsar RS200.

Mata depannya menggunakan teknologi LED ditambah dengan windscreen untuk memproteksi rider dari terpaan angin, apalagi dalam kecepatan tinggi.

Mesinnya yang sudah dibekali dengan kubikasi 250cc semestinya memberikan para pelanggan sebuah opsi untuk motor yang nyaman dan ringan dikendarai.

Tenaganya diklaim mencapai 20,9 PS dengan maksimum torsi hingga 20Nm. Power tersebut diimbangi dengan transmisi 5-percepatan gearbox.

Suspensinya masih mengandalkan teleskopik pada bagian depan dan monoshock di sisi belakang, persis seperti motor-motor sport masa kini.

Kalau masih penasaran, nih detail spesifikasinya:

  • Tipe Mesin: Single Cylinder, 4-stroke, 2-Valve, SOHC
  • Kapasitas mesin: (CC)249 cc
  • Power: (PS@rpm)20.9 PS @ 8000 rpm
  • Torque: (Nm@rpm)20 Nm @ 6000 rpm
  • Bore: 74 mm
  • Stroke: 58 mm
  • Tipe drive: Chain Drive
  • Jumlah silinder: 1
  • Katup: (per cylinder)2
  • Sistem bahan bakar: Fuel Injection
  • Tipe Bahan Bakar: Petrol
  • Pengapian: TCI

 

Suzuki Intruder

Suzuki Intruder 150 by motorbikearena.com

Suzuki India bikin kejutan dengan meluncurkan varian cruiser berkapasitas 150cc. Model ini diberi nama dengan dengan Suzuki Intruder yang dibanderol mulai Rs 98,340.

Konsep desainnya hampir mirip dengan Suzuki M1800 yang memang disebut sebagai ‘sesepuhnya’. Tapi kalau bicara mesin, Suzuki Intruder 150 ternyata menggunakan varian Suzuki Gixxer dengan kubikasi 155cc.

Meski disebut-sebut menggunakan konfigurasi sama persis dengan Gixxer, namun Intruder dijelaskan oleh Suzuki India, sebenarnya memakai mesin yang serba baru alias all-new.

Mesinnya mengandalkan karburator sebagai penunjang pembakaran. Setidaknya dapur pacu tersebut mampu menyemburkan power hingga 14,59 hp pada 8.000 rpm dan torsi puncaknya sebesar 14 Nm pada 6.000 rpm.

Karena adanya tambahan bodi panel, Intruder pun menjadi lebih berat. Total, ia lebih bongsor sampai 8 Kg dibandingkan Gixxer dengan 148 Kg.

Suzuki berani mengklaim bahwa Intruder sanggup memberikan efisiensi bahan bakar mencapai 44 Km/liter.

Nah, dari sekian motor di atas, mana nih motor favorite Sobat?