Terjun di Kelas Sport, Honda CB125R Kini Mulai Dijual!

Sejak diumumkan pada tahun 2017 lalu, Honda CB125R telah ramai menjadi perbincangan para penyuka motor sport.

Produk ini sepertinya memang disesuaikan untuk kebutuhan lokal Jepang, karena kapasitas mesinnya yang kecil namun tampangnya mirip sebuah motor gede (moge). Meski masih menjadi varian debutan, rupanya CB125R memulai penjualannya dengan hasil yang memuaskan.

 

Motor Sport Honda CB125R

Honda CB125R versi 2018 by ride-aid.jp

Perkenalkan, inilah Honda CB125R. Model terbaru ini merupakan varian entry level (varian berharga terendah) dari generasi Hond CB terbaru.

Motor ini diciptakan dengan “Pengembangan khas SPORTS ROADSTER” yang mengutamakan kenikmatan berkendara.

Ketika menjajal CB125R, kami benar-benar merasakan sensasi yang berbeda. Mesinnya responsif dan enak diajak berlari kencang.

 

Unit dayanya dilengkapi dengan mesin bersilinder DOHC 4-tak. Proses pendinginan mesin dioptimalkan dengan menggunakan air (radiator). Dalam penjualannya, motor ini dibagi menjadi dua varian berbeda.

Dengan memaksimalkan sistem asupan dan pembuangan bahan bakar yang dikontrol secara sempurna melalui teknologi PGM-FI (sistem injeksi bahan bakar yang dikendalikan secara elektronik), outputnya menjadi linear sehingga lebih irit bahan bakar, meski dipakai untuk berakselerasi dengan berbagai tingkat kecepatan.

 

Honda CB125R versi 2018 by ride-aid.jp

Kerangkanya dirancang dari pipa baja yang rigid dan dikombinasikan dengan pelat baja yang tidak gampang rusak. Meski semua bahan diramu dari berbagai part yang tahan banting, namun kemasannya dibikin ringan sehingga makin enak dipakai untuk berkendara dalam kecepatan tinggi.

Dengan mengadopsi teknologi plat pivot, ternyata konfigurasinya sulit untuk menerima input tenaga yang disalurkan dari roda belakang untuk mendorong frame utama. Meski demikian, pengoptimalan kekuatan rangka terutama pada pipa utama dan kepala pipa, tidak bisa dipungkiri mempengaruhi output torsi. Ternyata hal itu justru bagus dalam meningkatkan kestabilan motor.

 

Honda CB125R versi 2018 by ride-aid.jp

Part-part fungsional seperti kaki-kaki terbukti menunjukkan performa yang memuaskan! Pengaruh terbesar kestabilan kaki-kaki depan ternyata disebabkan oleh suspensi yang telah dibekali dengan peranti Up Side Down. Dikombinasikan juga dengan lengan ayun yang terbuat dari pelat baja berkualitas tinggi, membuat motor ini sangat enak dikendarai dan tentu saja terasa begitu ringan.

Selain itu, Honda CB125R ini juga telah dilengkapi fitur ABS (anti-lock braking system) dengan sistem IMU yang sudah menjadi standar kualitas Honda di Jepang.

 

Honda CB125 versi 2018 by ride-aid.jp

Karakternya tajam dan berkelas, dengan aksen mewah khas generasi terbaru CB series saat ini.

Mata depannya menggunakan lampu LED yang terang sehingga memaksimalkan visibilitas berkendara. Lalu, terdapat instrument meter yang full digital. Tentu, fitur-fitur tersebut akan bikin pemiliknya makin percaya diri.

Selain itu, ada juga indikator gear position yang berkontribusi besar dalam memastikan keselematan dalam berkendara.

 

Harganya Memang Sedikit Mahal, tapi…

Honda CB125R versi 2018 by ride-aid.jp

Ada tiga warna pilihan yang ditawarkan, diantaranya hitam, candy chromosphere red yang tajam dan tegas serta pearl metalloid white yang terlihat cerah.

Dengan berbagai keunggulan di atas, itulah mengapa CB125R disebut sebagai debutan termuda dari generasi CB series. Sosoknya terlihat keren dan masih kental dengan nuansa khas Honda CB teranyar. Apalagi, motor ini juga ringan untuk dikendarai.

 

Honda CB125R versi 2018 by ride-aid.jp

Peluncurannya sudah direalisasikan dan harganya (termasuk pajak) sampai di angka 448.200 Yen atau setara dengan Rp58 jutaan. Tapi sayang ya, harganya masih mahal.

Spesifikasinya akan kami tautkan di bagian akhir, jika Kamu tertarik yuk disimak.

 

Spefikasi Honda CB125R

Panjang×Lebar×Tinggi:2,024×820×1,055mm

Ukuran Roda:1,345mm

Ketinggian Jok:815mm

Berat kendaraan:127kg

Tipe Mesin:Air-cooled 4-stroke OHC silinder tunggal

Total Perpindahan:124cc

Diameter x stroke:58.0×47.2mm

Rasio Kompresi:11.0

Tenaga:9.8kW [13PS] / 10.000rpm

Torsi maksimum:10Nm [1.0kgf・m] / 8.000rpm