Pilihan Ban Saat Musim Hujan Tiba

Tak bisa dipungkiri, Indonesia adalah salah satu negara dengan curah hujan cukup tinggi. Memasuki bulan ke-2 tahun ini, hujan deras dengan durasi lama juga masih sering terjadi di beberapa kota. Dengan mobilitas masyarakat modern yang tinggi, turunnya hujan tentu tak menyurutkan aktivitas.

Jas hujan, hingga sepatu karet waterproof menjadi bawaan wajib banyak pengendara motor saat musim hujan. Bukan hanya outfit, mempersiapkan kendaraan untuk melibas jalanan basah saat hujan juga wajib dilakukan demi keselamatan bersama, terutama bagi mereka yang kerap melewati genangan air. Selain menghindari mogok, kendaraan harus dalam kondisi prima agar tidak terpeleset ketika berhujan-hujan.

Salah satu hal penting yang harus diperhatikan saat menembus hujan lebat adalah ban. Ya, bukan bagi mereka yang tinggal di pinggiran kota dengan jalanan berlubang saja yang harus memperhatikan, namun masyarakat modern di kota besar yang setiap hari melewati jalanan dengan aspal mulus pun harus mengecek ulang karet bundar ini saat musim hujan tiba. Karena pada karet bundar inilah kamu bergantung saat berbelok tajam di tikungan basah dan licin, atau hanya sekadar berkendara di jalanan lurus di tengah hujan lebat.

© bikebandit.com

Kondisi jalanan Indonesia yang tak rata, kadangkala membingungkan para pengendara, khususnya pengguna kendaraan roda dua. Banyak juga yang masih belum paham, ban apa yang cocok untuk digunakan di jalanan Indonesia yang memiliki curah hujan tinggi dan rawan banjir. Kesalahan dalam memilih ban tentu bisa berakibat fatal, baik pada diri sendiri maupun pengguna jalan lain. Lalu, ban seperti apa yang lebih baik digunakan jika kamu sering berkendara di wilayah dengan curah hujan tinggi? Yuk simak beberapa pilihan berikut:

Michelin Pilot Road 4

© michelin.in

Dibekali dengan konstruksi karet dual compound, ban ini bisa dibilang sebagai ‘standar ban basah’. Alurnya didesain sedemikian rupa agar mampu menyapu bersih air dari permukaan ban dan menjadikannya tetap melekat di jalanan. Bahkan, kamu juga tak perlu ragu lagi ketika berbelok tajam meski sedang melibas jalanan basah.

Metzeler Tourance EXP

© metzeler.com

Sesuai dengan namanya, ban ini didesain untuk kamu yang gemar touring. Jika kamu kerap melibas jalanan tak rata, becek, atau jalanan tanah di pinggiran kota, maka ban dengan alur seperti ini adalah pilihan yang tepat. Tak hanya dibekali alur untuk membuang air, ban ini juga memiliki tapak untuk ‘melemparkan’ tanah yang menempel dan membuat motor tetap melaju.

Pirelli Angel GT

© pirelli.com

Nama besar dan reputasi ban yang satu ini memang sudah tak perlu diragukan lagi. Tak hanya banyak digunakan untuk supercar, Pirelli juga memproduksi ban untuk para pembesut kendaraan roda dua. Garis-garis tegas yang diusungnya tak hanya mampu menyingkirkan air saat kamu melakukan cornering, tapi juga tetap membuat motor tetap melaju ketika digunakan di jalanan kering.

Bridgestone Exedra Max

Sedikit berbeda dengan merk yang telah disebutkan di atas, ban ini memang didesain bagi kamu yang gemar mengendarai cruiser dengan bobot ekstra besar dan mesin V-Twin. Jika diperhatikan, alur yang diusungnya memang terlihat seperti ban untuk jalanan kering. Namun jangan salah, ban ini juga mumpuni untuk menyingkirkan air dari permukaan ban dan tetap aman saat kamu berbelok tajam di jalanan basah.

Continental Ultra TKVII/12

© continental-tires.com

Belakangan banyak automotive enthusiast yang merestorasi motor lama agar layak untuk dikendarai kembali. Tentu saja, urusan kaki-kaki juga tak luput dari perhatian. Nah, untuk kamu yang doyan mengendarai motor klasik, ban buatan Continental ini patut diperhitungkan. Dibekali desain yang memang disesuaikan untuk motor klasik, Continental Ultra TKVII/12 ini bisa kamu pakai di jalanan kering maupun basah. Stylish, namun tetap safety!

Michelin Power Rain

© motorcycle.michelinman.com

Sesuai dengan namanya, ban ini memang didesain khusus untuk melibas jalanan basah saat hujan turun. Tak hanya itu, ban ini juga banyak digunakan oleh mereka yang gemar balapan di track atau drag strip. Michelin Power Rain memiliki level yang sama dengan ban-ban yang digunakan MotoGP saat turun hujan. Ingin merasa aman saat cornering di jalanan basah? Pasang saja ban ini di motormu.

Nah, itulah beberapa opsi ban yang bisa kamu pakai di motor kesayanganmu, terutama jika ingin lebih aman dikendarai saat musim hujan. Meski demikian, ada baiknya jika tidak memacu kendaraan dengan kecepatan terlalu tinggi saat hujan, apalagi jika kamu berkendara di jalan umum.

Ingat, keselamatan bukan hanya milikmu saja, tapi juga milik pengguna jalan lain. Selamat berkendara, dan hati-hati di jalan!