Yamaha XSR900 Muncul dengan Tampang ‘Seram’

Yamaha XSR900 terkenal sebagai motor dengan gaya lawas atau dikenal dengan istilah neo-retro. Konsepnya yang bongsor dengan mesin 900cc jelas saja bikin tiap penyuka otomotif ‘ngiler’ karena ingin memiliki atau sekadar menjajalnya.

Namun hal berbeda justru dipamerkan oleh Auto Fabrica. Bukannya dibikin lebih kekar, tapi wujudunya dibikin seram layaknya motor balap.

Siapakah Auto Fabrica itu?

Sang kreator yang berani mengubah total tampilan Yamaha XSR900 tersebut ialah Auto Fabrica yang berdomisili di Ingris. Tampilan Yamaha XSR900 yang basiknya terbilang garang diganti menjadi layaknya motor balap klasik.

Memang sih Auto Fabrica selama ini punya spesialisasi sebagai builder/modifikator motor dengan gaya retro.

Nama motor ini pun menjadi XSR 900 Type 11 dan dimasukkan ke Yard Build Project yang kini sedang gencar digarap Yamaha Motor Eropa.

Sudut-sudut Perubahan XSR900

Perubahan menyeluruh itu bisa dilihat dari tampilan awal Yamaha XSR900, seperti pada gambar di atas. Dibandingkan secara detail mulai depan hingga belakang, Auto Fabrica cukup berani untuk menghadirkan konsep baru yang anti mainstream.

Akan tetapi, tim modifikator tersebut sama sekali tidak menggeser peranti lawas seperti mesin dan juga rangka. Sebagai pelengkap, mereka justru menambahkan istimewanya spare part seperti suspensi Orste, kaliper Brembo, PFM disc brake dan peleg BST.

Bagian paling mencolok tentu saja pada fairing yang menyatu dengan tangki. Padahal, biasanya dibikin terpisah dan dihubungkan oleh shroud.

Menurut keterangan resmi Auto Fabrica, mereka membikin part seperti fairing menggunakan teknologi 3D printer melalui proses CAD. Lalu, semua diolah menggunakan tangan termasuk bodi aluminium yang dikerjakan secara konvensional.

Keunikan lainnya ada pada knalpot. Selain dibikin simple, saluran buangnya juga dikreasikan menjadi dua.

Dan tentu saja kalau dilihat dari belakang, kesannya seperti motor terondol tapi kelihatan handal untuk race.

Menurut Kamu, keren enggak nih Sobat Otoraja?