Berharga Jual Tinggi, Apakah Honda CRF400L Pantas Dibeli?

Berbekal mesin 450cc, Honda CRF450L merupakan turunan dari seri standar CRF450 yang banyak di jual di Amerika dan Eropa.

Belakangan Honda CRF450L juga telah resmi diumumkan di Jepang dan santer dibicarakan di negara tempat asalnya tersebut.

Honda CRF450L sendiri diresmikan pada bulan Mei tahun ini dan dihargai Rp147 jutaan .

Pertanyaannya, apakah motor ini pantas dihargai sekian mahal? Mari ikuti ulasannya.

Desain Gagah dan Performa CRF450L Memang Mumpuni!

Kesan pertama dari penampakan CRF450L ialah sporty, gagah tapi stylish. Model ini didesain bukan hanya untuk lintasan off-road, namun juga trek urban.

Dari segi mesin, terdapat perubahan pada beberapa part contohnya valve timing dan compression ratio untuk memaksimalkan akselerasi dan membuatnya nyaman buat digeber di semua kondisi jalan.

Dapur pacunya menggunakan teknologi radiator dengan pendingin air 4-stroke 4-valve dan masih bersilinder tunggal. Konfigurasi tersebut mengadopsi kepunyaan CRF450R.

Perhatikan rupa piston pada gambar di atas, terlihat ada tiga ring piston yang didesain khusus buat meningkatkan pembakaran. Desain itu disebut-sebut mampu memberikan durabilitas cukup mumpuni hingga enak untuk dikendarai di jalanan perkotaan.

Rocker arm DLC juga disesuaikan ulang yang kemudian berdampak pada pengurangan friksi.

Selain itu, dengan mengoptimalkan bentuk bobot crank, karakteristik output akibat rentangan revolusi yang rendah sangat membantu dalam memaksimalkan kinerja motor di medan off-road. Ada juga kontrol throttle linier yang membantu revolusi mesin dari sedang ke tinggi sehingga mudah digeber tanpa ulet. Selain itu, knalpot yang baru dirancang memiliki sensor O2 dan menggabungkan katalis untuk memenuhi aturan emisi pemerintah.

Respon motor untuk berkendara di jalan perkotaan terbilang cukup beragam. Transmisinya dibekali dengan 6-percepatan diadopsi untuk adventure. Hasilnya, Honda berhasil meningkatkan kenyamanan dan menekan konsumsi bahan bakar, seperti di jalan bebas hambatan dan perjalanan jarak jauh.

Selain itu, Honda juga menciptakannya dengan material berkekuatan tinggi seperti yang digunakan pada “CRF450R/RX”, termasuk mengimbanginya dengan bobot yang ringan.

Menariknya lagi, kopling didasarkan pada basis “CRF450R” dengan pengurangan beban tuas kopling. Bagian kopling pun bekerja maksimum pada mekanisme gesekan pegas, menahan guncangan yang disebabkan oleh fluktuasi torsi mesin dan memberikan kontribusi untuk kenyamanan berkendara.

Lebih lanjut, selain memperbesar radiator agar mesin tidak mudah panas, motor ini disesuaikan dengan fluktuasi suhu air dengan memasang kipas listrik dan tangki cadangan.

Bodi CRF450L Nyaris Serupa CRF450R 2018

Bergeser pada unsur bodi, rupanya konsepnya nyaris serupa dengan “CRF450R” 2018. Karakter rangkanya dibikin dari bahan aluminium yang sesuai dengan berbagai permukaan jalan.

Bagian subframe lalu dibikin dengan konsep anyar yang unggul dalam hal keseimbangan dan cukup bagus menjaga keamanan motor.

Pada lini depan, Selain mengatur kecepatan, sensor kendaraan turut berperan dalam melindungi garpu dan dirancang untuk mencegah goresan seperti cipratan batu.

Shock belakang dan lengan ayun juga disesuaikan berdasarkan “CRF450R”.

Power Maksimum CRF450L Mencapai 25 PS

Salah satu yang menjadi sorotan dari motor pesaing Kawasaki KLX450 tersebut mencapai 25 PS dan torsi puncak sebesar 32 Nm.

Nah dengan performa yang sekian gamblangnya, apakah menurut Kamu Honda CRF450L pantas dihargai sedemikian mahal?