Honda Hadirkan Moge Neo Sports Cafe Baru, Mesinnya 650cc

Ketika para penyuka otomotif banyak berfokus pada Intermot Show di Cologne, Jerman, Honda justru condong untuk menghadirkan motor baru di Paris Motor Show. Padahal, event tersebut selalu identik dengan pameran mobil. Wah, kira-kira varian seperti apa yang ditawarkan oleh Honda ya?

Menurut kabar yang disiarkan langsung oleh Honda, mereka memang sengaja memanfaatkan acara tersebut sebagai wadah untuk meluncurkan produk baru. Enggak main-main, mereka sedianya bakal menghadirkan motor retro dengan mesin besar.

Namanya pun cukup familiar karena setahun lalu sudah banyak diberitakan oleh pewarta Indonesia maupun internasional, yakni Honda Neo Sports Cafe Concept.

Model Neo Sports Cafe lama itu lantas berubah menjadi CB1000R 2018, dan versi baru ini nampak seperti produk transisi yang diduga bakal menjadi CB650R tahun 2019.

Menurut gambar-gambar yang beredar belum lama ini terlihat bahwa konfigurasi mesinnya tidak jauh berbeda dibandingkan CB650F yang ada saat ini. Bahkan bentuk frame-nya pun punya kemiripan yang begitu dekat. Lalu ada juga swingarm yang bisa dibilang nyaris sama.

Itu berarti, kemungkinan Neo Cafe Concept bisa saja segera diproduksi masal dan ditawarkan, contohnya di Eropa.

Peralihan sekaligus pembeda pada CB650R dengan Neo Sports Cafe tersebut hanya nampak dari balutan bodinya yang dibikin retro khas CB1000R, CB300R dan CB125R Neo Cafe yang secara berurutan diluncuran di bulan November tahun lalu.

Tapi ketika disejajarkan dengan tiga model tersebut, ada pembeda berupa headlight yang sudah dirombak ulang dengan lapisan aluminium. Dilihat dari bentuk lampunya yang membulat, nampaknya konsep itu diambil dari desain kepunyaan CB1000R.

Sama seperti model CB-R yang diluncurkan dikisaran tahun 2017 hingga sekarang, Neo Sports Cafe Concept ini juga bakal dibekali dengan fitur upside-down dan kaliper radial, sehingga dijamin lebih gahar kalau dibandingkan dengan CB500F lawas.

AMCN Australia sendiri memperkirakan bahwa versi produksi Neo Sports Cafe concept bakal muncul di EICMA Show yang digelar pada bulan November nanti. Wah mantap untuk dinanti kan Sobat?

Kalau tahun lalu Honda memunculkan CB1000R Neo Sports Cafe concept dan bikin kejutan dengan menghadirkan CB300R dan CB125R berkonsep serupa, maka tidak menutup kemungkinan Honda akan melakukan hal serupa tahun ini.

Filosofi Neo Sports Cafe Concept

Neo Sports Cafe Concept sejatinya hadir sebagai bentuk ekslplorasi dari berbagai model naked sports yang sudah ada selama ini. Keseluruhan rangkaian motor dibikin kuat dan ringan, sehinga mendukung rasa berkendara yang lincah tanpa mengesampingkan pride berkendara. Itulah mengapa desain bodi Neo Sports Cafe Concept dibuat dengan paduan cita rasa elegan dan sporty.

Setiap rangkanya disusun oleh berbagai element yang rigid dengan kualitas tinggi. Dengan demikian, sensasi berkendara Neo Sports Cafe dijamin lebih menantang trasa begitu menyenangkan.

Spesifikasi Honda CB600

ENGINE

Engine Type 649cc Liquid-Cooled Inline Four-Cylinder
Bore And Stroke 67mm x 46mm
Induction PGM-FI Programmed Automatic Enrichment Circuit, with 32mm Throttle Bodies
Ignition Digital transistorized with electronic advance
Compression Ratio 11.4:1
Valve Train DOHC; four valves per cylinder

DRIVE TRAIN

Transmission Six-speed
Final Drive #525 O-ring chain

CHASSIS / SUSPENSION / BRAKES

Front Suspension 41mm Fork; 4.3 inches travel
Rear Suspension Single shock with spring-preload adjustability; 5.0 inches travel
Front Brake Two-piston calipers with dual 320mm discs
Rear Brake Single-caliper 240mm disc
Front Tire 120/70ZR-17 radial
Rear Tire 180/55ZR-17 radial

DIMENSIONS

Rake 25.3° (Caster Angle)
Trail 101.3mm (3.98 inch)
Wheelbase 57.1 inch
Seat Height 31.9 inch
Curb Weight 454 pounds (Termasuk peranti standar lainnya)
Fuel Capacity 4.6 gallons
Miles Per Gallon 53 MPG – Perkiraan ekonomi bahan bakar Honda didasarkan pada prosedur uji emisi EPA dan dimaksudkan untuk tujuan perbandingan saja. Jarak tempuh yang diterapkan setiap orang sebenarnya bervariasi tergantung pada bagaimana pemilik kendaraan menggunakan motornya. Termasuk bagaimana pemotor mempertahankan kendaraan, keadaan cuaca, kondisi jalan, tekanan ban, pemasangan aksesoris, kargo, pengendara dan berat penumpang, serta banyak faktor lainnya.
Sumber Foto: Honda