Yamaha Niken Sudah Bisa Dipesan, Harganya Bisa Buat Beli Toyota Rush Terbaru!

Popularitas Yamaha Niken sebagai motor 3-roda memang beda dibandingkan varian-varian lainnya. Motor ini pertama kali muncul di ajang Tokyo Motor Show 2017 sebagai sebuah LMW (Leaning Multi Wheel) yang memiliki dapur pacu 3-silinder.

LMW sendiri merupakan teknologi pintar yang bisa menyesuaikan diri ketika melalui kondisi jalan tertentu, sehingga menghadirkan stabilitas yang bagus dengan dua roda depan sebagai penyokongnya.

Detail Tentang Yamaha Niken

Foto by Yamaha

Pada awalnya, LMW disebut Yamaha sebagai sebuah model gerak yang memanfaatkan lebih dari satu roda agar motor bisa berbelok dengan nyaman tanpa hambatan. Meski memakai dua roda, kenikmatan berbeloknya hampir sama dengan motor biasa. Bahkan lebih baik!

Foto by Yamaha

Teknologi LMW sendiri sebenarnya bukan hal baru. Sebelumnya sudah ada Tricity dan Tricity 155 yang kini banyak beredar di pasaran.

Kemampuan terbesar LMW didasarkan pada inovasi ‘LMW Ackerman Geometry’. Berkat hitung-hitungan tersebut, Knuckle end dan Lean axis bisa dipisah untuk mendapatkan bobot yang seimbang.

Foto by clubdelmotorista

Hasilnya adalah, menyetir motor dua roda di depan serasa menaiki motor biasa tapi dengan feeling yang lebih halus.

Sumber tenaga Yamaha Niken diproduksi oleh dapur pacu 3-silinder berpendingin cairan. Mesin tersebut sebenarnya kepunyaan Yamaha MT-09, yang telah disesuaikan ulang. Salah satunya crank moment inertia yang dinaikkan hingga 18% jika dibandingkan dengan MT-09.

Harga Yamaha Niken

Foto by Yamaha

Memasarkan Yamaha Niken memang tidak bisa dibandingkan seperti menjual motor matik Honda Beat. Dengan modelnya yang spesial, pasarnya pun tentu saja beda.

Foto by Yamaha

Saat ini, Yamaha Niken hanya bisa dipesan di Eropa secara online. Di Inggris sendiri, motor ini dipatok sebesar 13.499 Poundsterling atau setara dengan Rp249 jutaan (Kurs 1 Poundsterling = Rp18.436). Dengan harga segitu, tinggal tambah sedikit saja bisa untuk membeli All-New Toyota Rush yang dipatok Rp250 jutaan lho!

Kira-kira kalau sampai ke Indonesia, harganya jadi berapa ya?