Berbagai Varian Motor Keren yang Mejeng di IIMS 2018, Yuk Pilih Sesukamu

Berbagai jajaran motor dari berbagai merek mejeng di gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018, Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta. Acara ini dihelat mulai tanggal 19-29 April 2018.

Momen akbar itu tentu dimanfaatkan oleh berbagai kalangan untuk memamerkan produk serta karya mereka. Dari lini motor-motor komersil tanah air, pabrikan-pabrikan besar seperti Royal Enfield, Aprilia, Kymco, Piaggio, Harley-Davidson, BMW Motorrad, Honda dan Suzuki ikut ambil bagian. Beberapa diantaranya bahkan sempat menelurkan produk teranyarnya.

Honda sendiri terlihat memarkir X-ADV yang merupakan matik adventure bermesin moge sebagai display. Royal Enfield juga memamerkan varian Himalayan yang menjadi andalan mereka di IIMS 2018. Selain itu, Kymco yang datang dari Taiwan tidak mau ketinggalan menelurkan varian 550cc.

Di sisi luar hall, terlihat motor-motor modifikasi berjajar rapi menyapa para pengunjung. Yang bikin pensaran ialah chopper kepunyaan Presiden Joko Widodo. Sebelahnya lagi terdapat cafe racer berwarna biru laut yang rupanya kepunyaan sang putra Presiden, Gibran Rakabuming Raka.

Di sisi dekat panggung, masih ada lagi sekumpulan motor di bawah payung besi-besi tua. Meski nampak seperti rongsokan besi tua yang dikumpulkan dan dibentuk layaknya sebuah gubuk, penampilannya justru terkesan nyentrik. Tidak salah jika nama area pameran ini disebut wasteland.

Selain berbagai model motor di atas, masih banyak cerita seru lainnya lho di IIMS 2018. Mau tahu? Yuk simak detailnya.

 

Motor Keren ‘Chopperland’ Presiden Jokowi

Dari sekian motor yang dipamerkan di area Elders Garage, motor Presiden Joko Widodo merupakan salah satu yang paling mencolok. Warnanya gold engan khas chopper klasik.

Motor ini dibanderol dengan harga Rp140 juta dan merupakan kreasi kolaborasi dengan Kickass Chopper.

Basik yang dipakai ialah Royal Enfield Bullet 350. Komponen lokalnya sampai 70-75 persen yang membuktikan bahwa motor ini sebagian besar dibikin di dalam negeri. Beberapa perubahan mendasarnya bisa dilihat dari tangki, rangka, spakbor belakang, jok, arm belakang dan swing arm.

 

Si Biru Cafe Racer Milik Gibran Rakabuming

Motor dari basik Honda CB125 ini juga terkesan nyentrik dan beda dibanding lainnya. Makin beda lagi, karena motor ini dimiliki oleh putra Jokowi sendiri, yakni Gibran Rakabuming Raka.

Seluruh komponennya merupakan kreasi dari Rich Richie Ride Garage, asal Kota Solo, Jawa Tengah.

Menurut Eko Sutanto, pemiliki bengkel Rich Richie Ride Garage kepada Tempo, ia menggarap motor tersebut sesuai dengan foto yang dikirimkan Gibran.

Eko mengaku merancang sendiri bodi motor seperti fairing, tangki dan hornet sesuai konsep cafe racer full fairing. Bodi baru tersebut dibuat secara handmade memakai galvanis setebal 1,2 milimeter.

 

Berkunjung ke The Wasteland

Wasteland merupakan project kolektif di IIMS 2018 yang temanya barang-barang bekas (rongsokan), namun dibentuk menjadi karya seni yang unik.

Inisiasi apik yang disebut dengan Wasteland Project 2018 ini digarap oleh Carburator Springs Production. Tujuan berdirinya booth ini merupakan salah satu bentuk kreasi anak bangsa yang memanfaatkan bahan bekas menjadi benda seni bernilai tinggi.

Di dalamnya pun tersimpan berbagai bentuk motor kustom, mulai dari chopper, bobber, cafe racer hingga tracker.

Di sudut luar juga ada motor-motor kustom roda tiga atau yang disebut trike. Motor bergenre khas itu merupakan buah kreatifitas seorang builder bernama Ignatius Hendra atau akrab disapa Bingky.

Dalam berbagai kesempatan, Bingky tak segan untuk sharing pengalaman dalam dunia kustom. Pun baginya, modifikasi tentu bukan barang yang baru baginya karena sudah 30 tahun lebih ia menggeluti bidang ini.

 

4 Motor Super-Sport yang Mejeng di IIMS 2018

Bukan hanya motor-motor modifikasi yang membawa daya tarik, tapi ada kendaraan-kendaraan baru yang turut dipajang dengan nilai yang tak kalah tinggi.

 

BMW HP4

Motor bergaya balap ini ikut muncul di IIMS dengan banderolan harga yang luar biasa mahal. Bahkan, Kawasaki Ninja H2R saja kalah!

Berdasarkan informasi ketika peluncuran, BMW HP4 dibanderol dengan harga Rp2 miliar.

Saking spesialnya, hanya ada 750 unit saja di dunia. Dan yang ada di Indonesia ini merupakan unit ke 14. Maklum saja, seluruh komponen tubuhnya dibuat menggunakan bahan serat karbon yang tentu saja super ringan.

 

Royal Enfield Himalayan

Bertengger di jajaran motor retro-klasik, Royal Enfield Himalayan terlihat mempesona dengan bodinya yang terpatri khas adventure.

Motor ini dibanderol dengan harga Rp93 jutaan on the road Jakarta. Terdapat dua pilihan warna, yakni Granite dan Snow.

“Kenapa baru sekarang resmi diluncurkan dan dipasarkan, kami tidak mau buru-buru. Kami ingin memastikan bahwa pasarnya sudah sesuai, dan semua dokumennya sudah siap,” kata Ade Sulistioputra, Managing Director PT Distributor Motor Indonesia selaku distributor resmi Royal Enfield di Indonesia kepada Otosia.com.

Konsumen yang berminat untuk membawa pulang motor ini, tidak perlu sampai menunggu waktu lama karena unitnya sudah siap. Motor tersebut diboyong langsung dari India.

 

Kymco AK550

Produsen motor asal Taiwan tak gentar dengan adanya Yamaha T-Max yang sudah ada di Indonesia. Mencoba menggempur lini pasar yang sama, Kymco turut menghadirkan AK550 di Indonesia, tepatnya di IIMS 2018.

Belum ada banderolan resminya, namun menurut informasi yang beredar, motor matik bongsor ini dibanderol sampai Rp300 jutaan.

Bodinya kekar dan memiliki fitur serba canggih. Cocok untuk mereka yang doyan berpetualang atau touring.

Pada bagian buritan terdapa behel model tanduk dan stoplamp berukuran lapang. Konsep bodinya sangat detial dan tajam, sehingga terkesan gagah.

Selain itu, bagi Kamu yang selalu dipusingkan dengan jalan atau rute, tidak perlu bingung lagi karena motor ini dilengkapi dengan GPS yang terkoneksi langsung dengan smartphone.

 

Honda X-ADV

Honda X-ADV

Selain meluncurkan Honda PCX Hybrid, Honda juga sempat memajang X-ADV di booth mobil mereka.

Motor ini sebenarnya pernah diperkenalkan di tanah air pada beberapa kesempatan, namun pihak Honda belum menunjukkan tanda-tanda untuk memasarkan motor ini.

Kehadirannya di IIMS merupakan tes pasar untuk melihat animo masyarakat.

Sekilas mengenai Honda X-ADV, skutik adventure ini mengusung mesin 1-silinder SOHC 745cc berpendingin cairan. Dapur pacu tersebut mampu menghasilkan tenaga hingga 54,8 hp dan torsi mencapai 68 Nm.

 

Honda Gold Wing

Honda Gold Wing

Honda Indonesia bikin gebrakan dengan meluncurkan Gold Wing di IIMS 2018. Varian ini melengkapi berbagai model yang juga hadir di event tersebut, seperti RC213V-S, CBR1000RR, CBR250RR Racing Machine.

Honda Gold Wing sendiri merupakan varian tertinggi di segmen Luxury Cruiser. Hasilnya, motor ini pun diberkahi dengan segudang fitur canggih layaknya sebuah mobil.

Honda sengaja menyematkan suspensi double wishbone agar dapat mengakomodasi mesin yang posisinya lebih di depan. Hal itu pun membuat posisi duduk pengendaranya ikut maju, yang berdampak pada aerodinamika, handling dan kesenyapan.

Tanpa doube wishbone tersebut, kaki-kaki Gold Wing akan berbenturan dengan mesin karena gerakan maju-mundur secara diagonal. Berbeda dengan double wishbone yang bergerak ke atas dan ke bawah.