Solusi Kendaraan Buat yang Malas Bermacet-macetan

Pernah enggak berpikir kalau solusi terbaik untuk menghindari macet ialah dengan terbang?

Ya, sekarang bukan hanya inovasi baru berupa mobil terbang, tapi juga proyek baru yang bikin orang mampu terbang dengan mudah tanpa perlu takut terjebak macet.

Proyek unik tersebut dinamakan dengan Personal Plane Development Porject (PPKP) yang sebelumnya sudah pernah dijajal oleh 18 volunteer dari penjuru Jepang, di tahun 2017 lalu.

Percobaan penerbangan pertamanya dilakukan di Hikone city, tepatnya di Hang Rider Field, Shiga Prefecture.

Konsep Layaknya Super Cub Terbang

Dengan sayapnya yang lebar membuat kendaraan ini sangat mudah untuk terbang dengan jarak lepas landas hanya 10-20m saja. Melalui sayap itu pula, pengendaranya bisa menjaga kecepatan dan jarak. Kalau begitu, otomatis pilotnya bisa terbang hanya dengan memanfaatkan luas lapangan sekolah.

Fitur Super Cub terbang ialah dengan menggabungkan sistem pengoperasian otomatis pada sayap pesawat.

Fitur lainnya seperti GPS/3D Navigation, landing system meggunakan model gambar, kontrol altitude menggunakan gyroscope dan lain sebagainya. Monitoring saat terbang dilakukan dengan teknologi komunikasi berkecepatan tinggi yang didukung dengan server di permukaan tanah.

Oleh karenanya, dijamin tidak ada seorang pun yang bisa memanipulasi laju di udara seperti halnya para hacker.

Tahun 2020 Siap Terbang

Ketika semua fungsi dan fiturnya selesai dikerjakan, rencananya super cub ini bakal siap terbang di tahun 2020. Jadi setiap kali mengudara, penumpang hanya tinggal mengatur lokasi tujuan dan pesawat akan terbang secara otomatis.

Pesawat ini diharapkan akan mampu membantu pengiriman logistik ke lokasi terdampak bencana, yang biasanya sulit ditempuh kendaraan darat.

Rencananya, project ini akan diuji lagi di California dan tidak menutup kemungkinan belahan dunia lainnya.

Spesifikasi

  • Lebar: 10.4 m
  • Panjang: 4.3 m
  • Kecepatan Maksimum: 120 km / h
  • Jarak jelajah: 200 km
  • Bahan Bakar: kerosene