Transformasi Monkey Bike dari Masa ke Masa

“Motor apa tuh? Mungil, lucu banget!” Demikian lah kalimat yang sering terlontar ketika motor yang seing dijuluki Monkey Bike ini lewat di jalanan. Berukuran mini, motor rilisan Honda ini kini mulai banyak digemari lagi oleh para automotive enthusiast. Meski mulai banyak beredar di jalanan, masih banyak yang penasaran, dari mana sih asal motor mungil ini?

Bermesin 50cc 4-Tak, motor mungil ini mulai diperkenalkan ke pasar Eropa di kisaran tahun 1967. Bernama asli Honda Z-Series, motor yang kemudian kerap dijuluki sebagai Monkey Bike ini memang diproduksi massal. Jika tahun 1967 sudah mulai masuk pasar Eropa, lalu sejatinya motor ini dibuat mulai tahun berapa?

@digitaltrends

Sebenarnya, Honda sendiri lah yang memberikan nama Monkey Bike di tahun 1960an. Namun kemudian mereka mulai memperkenalkan seri Z100 ke publik setahun sesudahnya. Setelah menuai sukses, Honda pun melanjutkan produksi Z-Series ini ke model berikutnya dengan kode Z50 dan Z50A yang ditujukan untuk pasar Amerika pada tahun 1968.

Tak disangka, popularitas motor ini makin tinggi. Desainnya yang mungil dan ringkas telah memikat hati banyak orang. Tak hanya karena keterbatasan ruang di garasi, tapi motor ini memang cukup menyenangkan untuk dikendarai di jalanan perkotaan kala itu, dan tentu saja, eye-catching!

@MCN

Meski demikian, ketika pertama kali diperkenalkan di Amerika, motor ini justru dikenal dengan nama Mini Trail. Desain two-tone Z50A banyak digemari oleh penggemar motor yang kala itu masih didominasi oleh motor-motor dengan kubikasi ekstra besar.

Seiring berjalannya waktu, Z-Series pun mengalami beberapa perubahan, baik dari sisi desain maupun part pendukungnya. Sebut saja desain jok, tangki bensin, hingga desain knalpot, hingga handle bar yang menggunakan model mirip handgrip sepeda BMX–yang juga sedang hits di masa itu. Tak hanya sekadar mendukung penampilan, namun sisi ergonomis serta kenyamanan juga turut dikembangkan.

Jika diperhatikan, versi zenki Z-Series menggunakan rangka rigid. Namun kemudian Honda menambahkan shockbreaker di bagian belakang pada versi kouki. Tapak ban juga tak luput dari perhatian. Honda mengganti ban Z50A dengan ban pacul.

@Honda

Versi yang kemudian diberi nama Z50R ini pun mulai banyak beredar di pasaran pada tahun 1979. Tak berhenti sampai di situ, Z-Series kembali muncul dengan desain lebih sporty pada tahun 1988. Menggunakan rangka aluminium, versi ini pun mengusung nama Honda ZB50.

Berbeda dengan versi terdahulu, ZB50 lebih terkesan sporty. Tak hanya dari bentuk rangka serta tanki bensin, peredam kejut belakang pun telah mengadopsi monoshock. Meski demikian, jika diperhatikan, pada bagian velg dan ban tak mengalami perubahan yang signifikan dan ciri khas Monkey Bike masih melekat.

@Insidehook

Pada tahun 2017, Honda kembali merilis Monkey Bike. Sangat berbeda dengan pendahulunya, kali ini varian yang mengusung nama Honda MX125 tampil dengan wajah modern. Meski ukurannya tetap mungil, namun rangka, tangki bensin, velg, knlapot,dan shock mengalami perubahan yang cukup drastis. Makin sporty dan dinamis, MX125 pun melenggang di pasaran tanpa memiliki pesaing yang cukup berarti.

Namun tak bisa dipungkiri, demam restorasi memang sedang melanda dunia. Hampir semua jenis kendaraan dari berbagai macam merk serta tahun pembuatan kembali direstorasi agar layak dikendarai. Demikian halnya dengan Monkey Bike, tak sedikit mereka yang merestorasinya kembali. Tak hanya kaum purist yang mempertahankan keaslian kendaraan, banyak juga yang rela mengganti part-nya dengan replika agar sang motor kesayangan bisa dikendarai dengan nyaman tanpa kendala.

@atcdn.co.uk

Melihat peluang ini, Honda pun tak tinggal diam. Mereka kembali merilis Honda Monkey bermesin 125cc, dengan desain retro. Tak hanya mengembalikan model rangka ke bentuk semula, Honda juga membekali motor mini terbarunya ini dengan teknologi Electronic Fuel Injection, yang sudah menjadi standar kendaraan masa kini. Dilengkapi juga dengan rem ABS, motor ini bakal jadi pilihan bagi para automotive enthusiast yang ingin punya Monkey Bike retro dengan mesin berteknologi baru.

Nah, kalo kamu, lebih suka yang mana?