Marc Marquez Adem di Puncak, Valentino Rossi dan Dovisiozo Saling ‘Senggol’

Pekan MotoGP di San Marino, Misano digelar dengan hasil yang cukup di luar dugaan. Momen menarik di tengah panasnya sirkuit dan persaingan keras antar pembalap ini menjadi race penghibur setelah sebelumnya batal digelar di sirkuit Silverstone, Inggris.

Andrea Dovisiozo Juara, Lorenzo-Miller Apes

Foto by en.as.com

Di sirkuit yang juga menjadi arena terakhir bagi mendiang Marco Simonceli tersebut, Dovisiozo berhasil merebut gelar juara setelah bertarung sengit melawan Marc Marquez. Adu kesaktian antar keduanya sebenarnya bukan hanya kali ini saja terjadi, tapi lagi-lagi Dovisiozo menunjukkan kelasnya sebagai penunggang Ducati.

Saat race mulai dibuka, Jorge Lorenzo, Marquez, Jack Miller memang sudah menunjukkan perlawanan yang ketat dengan meluncur di posisi terdepan. Hingga beberapa lap berjalan, posisi keempat pembalap tak berkutik.

Namun, pengalaman dan mental juara memang tidak bisa dengan mudah dikalahkan.

Beberapa saat kemudian, Jack Miller mengalami kecelakaan dan menyisakan tiga pembalap terdepan.

Deru mesin Ducati dan saling ‘sikut’ dua pembalap beda negara itu begitu terasa dan tidak ada satu pun yang mau mengalah. Hingga pada akhirnya, Lorenzo harus gigit jari karena tersungkur setelah sempat berada di posisi dua. Padahal, pembalap pindahan dari Yamaha ini belakangan menampilkan performa yang cukup gemilang.

Kini tinggal Dovisiozo dan Marquez saja di depan. Dovisiozo yang berpengalaman menumbangkan Marquez kembali mengeluarkan jurus mautnya hingga berhasil finish di posisi terdepan.

Rezeki Nomplok Buat Cal Crutchlow

Foto by MotoGP

Terjatuhnya Lorenzo membawa berkah tersendiri bagi pembalap lain, salah satunya Cal Cructhlow.

Sebelum Lorenzo crash, Crutcthlow berada di posisi ke-4. Menurutnya, sangat sulit untuk menggeber motor hingga menyaingi 4 pembalap terdepan. Apalagi gap waktu yang ia catatkan dibandingkan Lorenzo dan Marquez terpaut sangat jauh.

Faktanya nasib berkata lain. Lorenzo justru harus menerima pil pahit dan terpaksa mempersilakan Crutchlow untuk melenggang ke posisi 3.

Marc Marquez Main Aman di Puncak

Foto by MotoGP

Sebagai pembalap profesional, kemenangan dan juara dunia tentu menjadi target akhir mereka. Tak terkecuali bagi Marc Marquez. Ia pun mengamini bahwa target utamanya setiap menjalani pekan balap adalah kemenangan.

Meski begitu, Marquez tak mau jumawa dan bersikap terlalu agresif. Baginya bermain aman terkadang cukup menguntungkan demi merebut gelar juara dunia ke-7.

Kekuatan Marquez dan motor Honda miliknya hampir selalu difavoritkan dalam arena MotoGP, termasuk di Misano akhir pekan lalu. Namun, ia harus mengakui kemampuan Ducati yang ditunggangi Lorenzo dan Dovisiozo begitu lihai menguasai situasi balapan.

Start dari posisi kelima, Marquez seolah sama sekali tak punya kesempatan untuk mengejar ketertinggalan dari Dovisiozo maupun Lorenzo sedari lap pertama. Susah payah berebut posisi dengan Lorenzo sempat ia peragakan dan terlihat tidak ada yang mau mengalah atau menyerah.

Tapi, Marquez kembali diuntungkan karena Lorenzo terjatuh di lap 26. Ia berhasil mengambil posisi 2 dan bertarung langsung dengan Dovisiozo.

Meski terbilang tidak menang, rider berumur 25 tahun itu tetap memperoleh tambahan 20 poin dan membuatnya ‘aman’ dari sundulan rider lain di klasemen teratas.

Dengan jumlah 221 poin sekarang ini, ia semakin memperpanjang jarak dengan pembalap di posisi ke-2, yakni Dovisiozo dengan selisih 67 poin.

Klasemen Sementara usai Seri Misano

Foto by MotoGP

Kemenangan Dovisiozo tak cukup berarti untuk memojokkan Marquez. Justru Marquez makin kokoh karena masih sempat memperoleh podium ke-2.

Namun, hal yang menarik justru terlihat antara Dovisiozo dengan Valentino Rossi. Dua pembalap Italia tersebut cuma berselisih 3 poin saja, di mana Rossi mengantongi 150 poin dan Dovisiozo 154 poin.

Berikut Klasemen Sementara MotoGP 2018 usai Seri San Marino

  1. Marc MARQUEZ – Honda – 221
  2. Andrea DOVIZIOSO – Ducati – 154
  3. Valentino ROSSI – Yamaha – 151
  4. Jorge LORENZO – Ducati – 130
  5. Maverick VIÑALES – Yamaha – 124
  6. Cal CRUTCHLOW – Honda – 119
  7. Johann ZARCO – Yamaha – 110
  8. Danilo PETRUCCI – Ducati – 110
  9. Andrea IANNONE – Suzuki – 92
  10. Alex RINS – Suzuki – 79
  11. Dani PEDROSA – Honda – 76
  12. Alvaro BAUTISTA – Ducati – 64
  13. Jack MILLER – Ducati – 61
  14. Tito RABAT – Ducati – 35
  15. Pol ESPARGARO – KTM – 32
  16. Franco MORBIDELLI – Honda – 26
  17. Hafizh SYAHRIN – Yamaha – 24
  18. Aleix ESPARGARO – Aprilia – 19
  19. Bradley SMITH – KTM – 15
  20. Takaaki NAKAGAMI – Honda – 14
  21. Scott REDDING – Aprilia – 12
  22. Mika KALLIO – KTM – 6
  23. Karel ABRAHAM – Ducati – 4
  24. Michele PIRRO – Ducati – 1