Motor Keren Z900RS Dikustom Jadi Seperti Ini, Makin Keren Enggak?

Kawasaki Z900RS dirilis pertama kali pada gelaran akbar Tokyo Motor Show ke-45 tahun 2017 lalu. Motor ini disebut punya kesan modern tapi bercampur dengan konsep klasik yang begitu kental.

Konsepnya dibikin untuk memberikan kenyamanan buat para pengendaranya ditambah aura garang seperti raungan mesin, suara dari knalpot hingga akselerasi halus yang meningkatkan kualitas riding.

Desain tubuhnya simpel dan terkesan mewah. Hal itu bisa dilihat dari setiap bagian tubuhnya seperti tail cowl, roda dan juga tangki bahan bakar, persis seperti generasi Kawasaki Z1 di masa lalu.

Mesinnnya menggunakan 4 silinder paralel yang meningkatkan kekuatan torsi baik di putaran bawah hingga tengah. Dipadu dengan powernya yang besar, makin membuatnya enak untuk dikendarai.

Selain itu, seluruh bagian engine cover dibuat dari bahan aluminium die-cast sehingga terlihat lebih eksklusif.

Sebagai tambahan fitur yang bikin Kawasaki Z900RS lebih canggih, terdapat traction control, multifunction liquid crystal panel, LED headlight dan berbagai perangkat canggih lainnya. Tujuannya untuk untuk meningkatkan sensasi touring dan sports driving.

Beberapa warna yang ditawarkan antara lain “Candy Tone Brown × Candy Tone Orange” dan “Metallic Spark Black. Harga awalnya masih di kisaran 1.328.400 Yen, lalu turun menjadi 1.296.000 Yen.

Kustom Kawasaki Z900RS by Bito R&D

Kustom terbaru yang dibikin oleh Bito R&D ialah Z900RS dengan gaya yang lebih lawas. Tapi identitas aslinya tak lantas sirna.

Bito R&D sendiri didirikan oleh Mr. Mihito. Ia adalah seorang mekanik yang berpengalaman bekerja di Yoshimura R&D yang saat itu bekerjasama dengan AMA Superbike Championship.

Menariknya lagi, bobotnya jauh lebih ringan sehingga enak dalam handling. Lalu, di pada sistem pengereman depan terdapat 6 piston yang bikin cengkeraman lebih bagus.

Sistem udara buangnya mengandalkan titunium 4-1 buatan JB-Power, sehingga bikin suaranya lebih merdu.

Ukuran knalpotnya berkisar 35-40 mm yang bikin tampilan motor lebih cakep ketimbang standar.

Footstep-nya pun dibikin sangat fleksibel karena bisa digunakan hingga 14 posisi berkendara. Tapi sayang fotonya enggak ada untuk melihat detailnya.

Di bagian buntut terdapat tambahan tempat yang dibikin seperti motor-motor zaman dulu. Para generasi 90an pasti pernah melihatnya dipasang pada motor seperti GL-WIN. Perangkat inilah yang bikin berkendara jauh jadi lebih enak karena bisa membawa bermacam-macam barang.