Pro Tuner, Bengkel Modifikasi di Pusat Pariwisata Bali

Ada keunikan pada bengkel modifikasi atau bike builder Pro Tuner di Bali. Jika bengkel-bengkel lain memilih lokasi daerah bisnis atau keramaian strategis lainnya, tapi tidak bagi Pro Tuner. Bengkel yang pertama kali hadir di Pulau Dewata pada tahun 2009 ini memilih pusat turisme sebagai lokasi bengkel. Di lokasi Jalan Raya Kerobokan 86B Kuta Utara, Kabupaten Badung, bengkel ini ramai lalu-lalang wisatawan.

Uniknya, bengkel ini tak semata sekadar bengkel. Konsep pariwisata dan leisure digabungkan menjadi satu. Di bagian depan bengkel terlihat butik, lalu di bagian teras dibikin sebagai tempat tongkrongan yang menyediakan minuman dan kudapan.

Bengkel ini pun ternyata tak hanya memiliki pelanggan dari pecinta modifikasi lokal. Justru pelanggan dari warga negara asing tak kalah banyak dibandingkan pelanggan lokal. Bahkan saking membludaknya konsumen, pengerjaan modifikasi harus ‘ditolak-tolak’. “Kalau pun mereka (konsumen) memaksa, harus mau indent sampai enam bulan,” kata Helios Syam Hedar, owner dari Pro Tuner.

Biaya ‘membangun tunggangan’ pun tak bisa dikatakan murah. Perangkat, aksesoris dan pengerjaan setidaknya bisa memakan budget hingga Rp 40 juta. Toh dengan budget puluhan juta dan inden berbulan-bulan tak menghentikan minat bikers mengubah tunggangannya.

Salah satu contoh karya custom yang dihasilkan oleh Pro Tuner Bali:

Tunggangan Suzuki GSX 750 lansiran tahun 1982 ini menjadi salah satu motor gede yang difavoritkan untuk di-custom. Tampilan moge klasik dengan empat silinder ini sudah cukup memperlihatkan kekekaran body, sehingga sangat menarik untuk dimodifikasi. Tapi moge jadul ini perlu dibuat perwajahan yang lebih fresh.

Jika sebelum-sebelumnya banyak yang melakukan ubahan GSX 750 menjadi modifikasi ala Café Racer, maka kali ini Pro Turner melakukan ubahan menjadi modifikasi Scrambler, mengikuti tren yang berkembang pada saat ini. Alhasil, rangka motor gede lawas tersebut diubah total untuk menyelaraskan konsep scrambler. Sisi ubahan total juga dilakukan dengan membuang tangki lama dengan tangki baru bikinan Pro Turner untuk memperkuat kesan Scrambler.

Pada sektor kaki-kaki juga dilakukan rangkaian ubahan. Sok depan digunakan upside down milik GSX 600 lansiran 2013. Velg yang dipilih adalah TK jari-jari membalut ban depan-belakang Pirelli tipe MT60RS. Sementara pada bagian teromol juga dibuat sendiri dengan menggunakan alumunium seri 7071. Dan di sektor bawah ini dipasangkan knalpot custom yang juga buatan sendiri. Selanjutnya untuk memberi kesan klasik modern, lampu depan menggunakan Daymaker dan speedometer dipasangkan lansiran SYS.

Untuk mengenal lebih jauh bengkel Pro Tuner, berikut wawancara bersama Helios Syam Hedar, owner dari Pro Tuner di cafe yang berada di sudut bengkelnya pada Sabtu (10/11) lalu.

Mengapa memilih lokasi di pusat turisme?

Sebenarnya pertamakali kami berada di Bali pada tahun 2008, bukan di pusat lokasi pariwisata. Beberapa lokasi yang pernah menjadi bengkel kami di Denpasar merupakan kawasan bisnis dan pertokoan biasa. Berangsur-angsur pelanggan kami ternyata banyak dari kaum ekspatriat. Lalu kami memilih mendekat ke kawasan yang lebih dekat ke turisme, yakni, Jalan Bypass Ngurah Rai Tuban.

Tapi itu belum cukup. Pelanggan memang mengalami peningkatan pesat, namun kami merasa bahwa pelanggan harus lebih didekati lagi. Karena itulah pada kami memilih lokasi di Jalan Raya Kerobokan 86B di Kuta Utara yang sehari-hari penuh lalu-lalang para ekspatriat atau pun wisatawan mancanegara. Lokasi ini juga lebih dekat dengan kawasan tempat tinggal ekpatriat di kawasan Kuta, Seminyak, ataupun Kerobokan.

Seberapa banyak sih pelanggan dari kalangan ekspatriat?

Fifty-fifty, pelanggan ekspatriat dan lokal. Sejauh ini sama banyak antara ekspatriat dan lokalnya.

Dari kalangan apa ekspatriat yang menjadi pelanggan?

Ada dua kelompok warga asing yang menjadi pelanggan kami. Pertama, kaum ekspatriat yang memiliki bisnis di Bali. Dan kedua adalah wisatawan mancanegara yang memiliki kunjungan berkala di Bali. Nah, mereka inilah yang ingin mendandani tunggangan roda duanya dengan tampilan beda.

Apa perbedaan antara pelanggan ekspatriat dan lokal?

Kalau pelanggan ekspatriat atau orang asing tidak terlalu ribet permintaannya. Modif yang diinginkan hanya ringan-ringan saja. Hal ini jauh berbeda dengan pelanggan lokal. Mereka menginginkan modifikasi yang lebih ekstrem style-nya. Kalau modifikasinya hanya ringan-ringan saja, merasa masih belum dilakukan modifikasi.

Apa sebenarnya konsep bengkel Pro Tuner?

Konsep kami adalah one stop service. Sekarang sepeda motor bukan hanya sebuah alat transportasi, namun Sudah menjadi gaya hidup bagi para penunggangnya. Bikers kini banyak membentuk komunitas, baik itu yang berdasarkan persamaan brand, wilayah, hobi dan banyak lagi.

Nah, karena itu mereka membutuhkan sebuah tempat untuk kopdar, hang out dan bercengkerama dengan sesama komunitas maupun dengan rekan-rekan dari komunitas lain. Karena itu kami sediakan cafe untuk nongkrong. Di sektor ini, Pit Stop Burger yang digawangi oleh Boy bakal menyajikan menu istimewa namanya carnivor burger. Selain itu juga ada kopi dan beragam minuman di sini.

Sementara untuk lifestyle ditunjang keberadaan clothing dan surf apparel hasil kolaborasi kami dengan Andri Widjaja selaku pemilik dari Surf & Ride. Di sini juga tersedia produk internasional di antaranya Reef, Sanseb, Insight yang melengkapi gerai kami. Di sisi lain ada juga brand lokal yang memiliki kualitas tidak kalah dengan baik seperti Uc n Co, Coast Culture dan banyak lainnya.

Lalu apa saja layanan pada bengkel Pro Tuner?

Kami menyediakan modifikasi motor dengan berbagai konsep sesuai request konsumen. Selain itu juga kami melayani service, tuning on dynometer dan ke depannya ada kursus bike builder yang bekerjasama dengan kursus mekanik HMTC.

Mengapa sampai diperlukan tempat kursus mekanik body builder?

Pertumbuhan dunia custom atau modifikasi yang belakangan ini berkembang sangat pesat. Apalagi Presiden Joko Widodo dalam berbagai kesempatan menunjukkan perhatiannya dengan dunia custom dengan memiliki motor custom dan sempat beberapa kali digunakan riding.

Nah, berkembangnya dunia ini pun secara otomatis menuntut sumber daya manusia yang kompeten di bidangnya. Tren modifikasi motor dengan berbagai konsep dan bertaburannya bengkel custom praktis menyerap tenaga kerja yang masif. Kebutuhan akan mekanik dengan keahlian khusus di dunia custom saatini sangat tinggi.

Sayangnya dunia custom kurang diimbangi dengan jumlah tenaga kerja yang ada. dan sejauh ini belum ada lembaga pendidikan non formal yang secara khusus mengajarkan materi dan keahlian di bidang ini. Hal inilah yang melatarbelakangi munculnya gagasan untuk membuat lembaga pendidikan non formal yang mengajarkan materi seputar dunia modifikasi.

Kolaborasi antara Pro Tuner dan dengan Hartomo Mechanical Training Course (HMTC) Jakarta sepakat untuk membuka kelas baru yang diberi label Pro Tuner HMTC Bike Builder Course. HMTC sebagai lembaga pendidikan yang sudah 19 tahun berkecimpung di dunia kursus mekanik sepeda motor dan sekaligus pelopor kursus mekanik dengan metode satu siswa dengan satu instruktur tentu saja mempunyai mempunyai banyak pengalaman di bidang ini. Kolaborasi inilah yang akan mengembangkan Bike Builder Course agar mampu menciptakan tenaga-tenaga ahli di dunia custom.

Mekanik bengkel custom saat ini dituntut memiliki keahlian yang lebih di atas rata-rata mekanik lainnya. Karena berkembangnya dunia custom dengan konsep-konsep yang semakin modern dan ekstrem menuntut keahlian mekanik yang ekstra juga. Jika dulu mekanik custom hanya banyak sekadar ganti bodi, swing arm dan sok depan. Konsep zaman sekarang menuntut perubahan yang lebih ekstrem hingga membuat rangka sendiri dan tangki sendiri. Membuat rangka sendiri tentu saja bukan sekadar merangkai pipa-pipa dan menghubungkan dengan sebuah mesin.

Membuat rangka mencakup banyak aspek yang harus diperhitungkan karena akan berhubungan dengan stabilitas dan bahkan keselamatan si Pengguna. Sebuah rangka harus memperhitungkan rake, trail, wheel base hingga menghitung ulang centre gravity (CG). Karena CG akan sangat menentukan seberapa banyak bobot yang ditransfer selama berakselerasi dan pengereman. Dan di situlah kontrol dari banyaknya traksi bisa dilakukan di setiap roda bisa ditentukan.

Rake juga menjadi salah satu hal penting yang menentukan karakter pengendalian sebuah motor. Bagaimana cara menghitung rake, menentukan rake sesuai konsep motor semua akan dibahas dalam modul ini. Membuat rangka dengan sistem knock down, memilih material untuk pembuatan rangka juga akan dibahas disini.

Selain membuat rangka, merakit body dan tangki sendiri juga menjadi salah satu materi utama dalam modul ini. Cara membuat tangkidari bahan alumunium baik untuk motor karburator maupun injeksi, cara memilih plat aluminium dan filler rod yang sesuai dengan ketebalan almiunium wajib diketahui.

Pengelasan (welding) pun menjadi hal yang juga sangat penting, mulai las busur listrik, TIG (Tungsten Inert Gas) hingga pengoperasian las Cutter menjadi pelajaran yang akan wajib diketahui oleh setiap siswa Pro Tuner HMTC Bike Builder Course. Ya, intinya setiap aspek yang berkenaan dengan modifikasi hingga pengecatan akan kami rangkum secara garis besar di modul ini.

Bisa diterangkan tren modifikasi saat ini?

Tren modifikasi saat ini kembali ke tampilan klasik. Selain itu tren scrambler juga sedang digemari. Yang dimaksud scrambler adalah konsep antara style motocross dan motor jalan raya.

Sejak dua tahun lalu, 2016, modifikasi scrambler menjadi aliran yang paling tenar dan populer. Scrambler sangat diminati karena posisi riding yang nyaman digunakan untuk penggunaan sehari-hari. Konsep Scrambler merupakan perpaduan antara retro style motor dengan performa modern dan posisi riding yang cenderung seperti motor trail yang bisa merambah segala medan.

Untuk basik motor sendiri, Scrambler bisa menggunakan semua type motor mulai yang berbasis mesin V macam Harley Davidson, inline 4 silinder, mesin berkonfigurasi L seperti Ducati, atau Boxer seperti BMW , bahkan yang menganut single silinder macam Yamaha Scorpio pun layak didandani ala scrambler.

Apa ciri-ciri modifikasi scrambler?

Konsep scrambler memiliki ciri tersendiri, antara lain:

  • Mesin 1 hingga 4 silinder dengan pendingin air atau udara.
  • Memiliki ground clereance yang tinggi dan posisi knalpot biasanya juga tinggi ala motocross atau enduro.
  • Menggunakan ban knobby atau kembang tahu ala motor trail, tapi bisa juga menggunakan ban intermediatte atau all terrain dikombinasi dengan velg model jari-jari. Atau casting dengan palang banyak.
  • Posisi jok tidak terlalu tinggi.
  • Tangki tidak terlalu besar.
  • Panel meter speedo kecil dan lampu utama kecil.bisa dikombinasi grill.
  • Posisi stang dengan riding posisi ala motocroos.
  • Bodi motor cenderung simpel dan semi telanjang (naked).
  • Bisa disebutkan karya-karya scrambler garapan Pro Tuner?
  • Pro Tuner HMTC pun pernah membuat beberapa konsep scrambler mulai berbasis Kawasaki ER6N, Ninja 250 R, Scorpio, Ducati Scrambler 400 juga pernah.

Bisa disebutkan karya-karya scrambler garapan Pro Tuner?

Pro Tuner HMTC pun pernah membuat beberapa konsep scrambler mulai berbasis Kawasaki ER6N, Ninja 250 R, Scorpio, Ducati Scrambler 400 juga pernah.