Selain Bentuknya yang Aneh, Motor Ini Juga Menggunakan Mesin Pesawat Terbang!

Seorang pria bernama Tarso Marques membuat gebrakan dalam dunia kustom motor dengan merancang kendaraan yang tidak biasa. Bukan hanya bentuknya yang unik, tapi mesinnya juga menggunakan teknologi pesawat terbang.

Nama motor tersebut ialah TMC DUMONT. Konsep ban yang dipakai memang tidak seperti pada umumnya, karena menggunakan ukuran 36 inchi dan diameter yang mencapai 1,5 meter. Tentu saja motor seperti ini tidak cocok dipakai untuk jalanan Indonesia yang banyak polisi tidur atau pun bergelombang.

Sebelum kita bahas lebih dalam, mari simak dulu video tentang cara kerja TMC DUMONT ini.

Kemampuan besar TMC DUMONT merupakan buah aplikasi dari mesin mobil Rolls-Royce Continental V6 yang pada tahun 1960an dipakai pada sebuah pesawat terbang. Jelas tenaganya pun luar biasa! Menurut twistedsifter, total power yang dikumpulkan hingga menembus angka 300 HP.

Entah bagaimana rasanya mengendarai motor ini. Apalagi, jika dilihat di sisi buritannya, jok dudukan terlihat begitu dekat dengan roda belakang. Mungkin gerak roda akan cukup nyaring terdengar.

Namun kreasi ini kami rasa benar-benar ikonik, penuh ambisi dan tentu saja menakjubkan karena tetap bisa dikendarai dengan normal.

Sejak didirikan tahun 1999 silam, TMC selalu membuat dunia terpana oleh karya mereka mulai dari kustom motor, mobil, boat, pesawat terbang dan berbagai aksesoris mobil. Hasil kreasi ini pun tak pelak dari perhatian para pecinta otomotif, sehingga berhasil menyabet predikat ‘Best of Show’ ketika bertandang ke Daytona Bike Week 2018.

Penataan serta pemasangan berbagai parts motor banyak mengalami proses trial & error. Hal itu tentu tidak bisa dihindari karena kompleksitas sistem seperti perkabelan, speedometer, kapasitas tanki 16 liter, 8 liter reservoir dan suspensi yang harus ditempatkan dengan benar. Tim kustom ini bahkan membutuhkan waktu hingga 15 tahun untuk merapikan seluruh komponen hingga bekerja sempurna.

Perlu diketahui juga bahwa nama DUMONT sendiri merupakan sebuah apresiasi untuk Alberto Santos-Dumont sebagai seorang pahlawan besar Brazil dan seorang yang berjasa dalam kemajuan industri pesawat terbang di Negeri Samba itu.

Source: twistedsifter.com