Ikut Kontes Kustom Motor Berhadiah Uang Rp361 Juta plus Motor Ducati, Mau?

The Harrison Award baru-baru ini melaunching sebuah kompetisi yang mempertaruhkan hadiah sangat besar. Tidak tanggung-tanggung, total rewardnya berupa uang $25.000 atau setara dengan Rp361 jutaan (Kurs US$1 = Rp 14.425), satu motor Ducati dan budget buat membangun motor sendiri. Keren kan?

Sang Juara Bakal Dikenal Dunia

Foto by Bike EXIF

Kompetisi motor kustom ini bukan hanya akan mempertantangkan nyali para builder, tapi juga keberanian untuk berkarya dan bakal dikenal dunia.

Salah satu juri kenamaan yang bakal menilai hasil kustom tersebut bernama Max Hazan, pemilik Hazan Motorworks yang cukup punya nama besar di Amerika Serikat, tepatnya Los Angeles.

Selain itu, hasil karya sang juara bakal mejeng di majalah online Bike EXIF yang juga menjadi pelopor ‘online bike magazine’ di dunia. Dalam majalah tersebut akan dibahas tuntas semua profil motor dan buildernya, serta akan tayang pada musim semi tahun depan.

Regulasi Motor Kustom

Foto by Bike EXIF

Tidak terlalu banyak persyaratan yang harus dipenuhi. Menurut Bike EXIF, motor setidaknya harus bisa jalan dan bisa ditunggangi. Lebih bagus lagi, motor kustom yang dilombakan sudah memenuhi standar di Inggris.

Jadi semua orang boleh ikut mendaftar tanpa terkecuali. Hanya saja, tentu juri akan memilih karya terbaik dengan dandanan paling unik dan punya ciri khas yang benar-benar ‘beda’!

Peserta yang ingin mendaftar diwajibkan untuk mengirim portofolio persyaratan secara online. Cukup siapkan salah satu berkas tentang deskripsi motor kustom atau gambar sketsa. Pastinya akan lebih baik lagi jika tiga syarat terpenuhi (kirim file dalam format PDF).

Nah, dari sekian peserta yang terdaftar akan dipilih 10 besar dan diumumkan pada 6 Oktober 2018. Kalau sudah masuk 10 besar, peserta akan diberikan budget sebesar €400 atau sama dengan Rp6,7 juta untuk bikin sketsa atau render motor modifikasi. Batas waktunya sampai 21 Oktober 2018.

Foto by Bike EXIF

Lalu pada tanggal 1 November 2018, akan dipilih 5 finalis baru.

Di Bulan November 2018, juri akan mengajak bertemu 5 peserta yang beruntung dan memilih 2 juara utama tanggal 1 Desember 2018. 2 pemenang tersebut akan mendapatkan hadiah utama dan diberikan waktu 6 bulan untuk membangun motor yang dikehendaki.

Foto by Bike EXIF

Juara dua akan menerima rolling chassis 748. Satu paketnya terdiri dari satu motor tanpa fairing, tangki, lampu, dan jok. Budget yang digelontorkan mencapai €8.000 atau hampir sama dengan Rp135 jutaan.

Sedangkan juara utama bakal mendapat motor M900 tahun awal. Total budgetnya mencapai €15.000 (Rp252 jutaan).

Juri Kompetisi

Foto by Bike EXIF

Selain Max Hazan, akan ada 3 juri lainnya yang bakal menilai kreasi para peserta. Juri-juri lainnya antara lain Chris Hunter, founder Bike EXIF; Gareth Roberts, direktur film dokumenter tentang motor kustom ‘Oil In The Blood’.

Juri terakhir ialah Gerald Harrison. Koleksinya sudah merambah mancanegara dengan total lebih dari 50 motor kustom ada di Italia.

Foto by Bike EXIF

Nah Sobat, bagi Kamu yang suka banget bikin kustom dan addict dengan dunia motor, boleh nih ikutan event seperti ini. Siapa tahu bisa menyabet juara utama.

Selamat berkarya!