Cara Modif Yamaha XSR900 Jadi RZ900, Prosesnya Gampang Banget!

Dunia modifikasi motor memang seolah tidak ada habisnya. Dengan berbagai perkembangan teknologi dan juga inspirasi, berbagai jenis motor kustom bisa diciptakan dengan mudah. Bahkan ada part-part kustom yang tinggal plug n play.

Salah satu produksi part kustom yang cukup terkenal di Jepang digelontorkan oleh merek Fanny. Bukan sembarang motor, kustom part-nya diperuntukkan buat si keren Yamaha XSR900 yang selama ini dipakai dalam project Yard Built.

Bagaimana detailnya?

Detail Part Kustom Yamaha XSR900

Gambar di bawah merupakan Yamaha XSR900 yang sudah dirombak dan diganti part orisinalnya dengan model kustom buatan Y’s Gear.

Foto by ride-aid.jp

Di Jepang, komponen-komponen komplet seperti ni dijual dengan harga 144.800 Yen atau setara dengan Rp18.721.192 (Kurs 1 Yen = Rp 129.29).

Side Cover

Foto by ride-aid.jp

Kustom part yang pertama ialah side cover. Kalau berkaca pada detail gambar di atas, yang menggunakan part bikinan Y’s Gear, Kamu tidak akan bisa membeli komponen-komponennya secara terpisah.

Tapi berbeda dengan Fanny. Perintilan seperti side cover ini bisa dibeli sendiri dan tersedia dengan pilihan standar dan carbon.

Bikini Cowl

Foto by ride-aid.jp

Berlanjut ke bikini cowl atau juga biasa disebut dengan bikini fairing. Model ini memang cenderung dengan kepunyaan RZ900, jadi tampilannya terkesan retro banget. Menariknya lagi, para modifikator yang membelinya juga dimudahkan dengan dua pilihan varian, yakni bening (clear) dan smoke (gelap).

Tail Cowl

Foto by ride-aid.jp

Bagian tail cowl juga memanfaatkan desain otentik yang dipakai oleh RZ900. Khusus bagian ini, pembeli bakal diberikan kabel perpanjangan untuk lampu dan sein.
Desainnya yang persis dengan bentuk asli RZ900 pasti akan membuat tampilan motor makin trendi!

Grab Bar Eksklusif XSR900

Foto by ride-aid.jp

Grab bar atau behel menjadi salah satu opsi yang bisa dipilih buat menambah motor terkesan lebih retro.

Foto by ride-aid.jp

Kalau dibandingkan dengan RZ900 Tail Cowl Kit, bentuknya memang lebih pendek dan praktis, sehingga kesannya lebih simpel.

Cara Memasang Grab Bar

Nah sebelum membeli grab bar, yuk simak dulu nih bagaimana cara memasangnya.

Foto by ride-aid.jp

Pertama, perhatikan gambar di atas. Copot dulu holder jok dan juga fender.

Foto by ride-aid.jp

Pasangkan grab bar yang baru tepat pada posisinya. Pasang kuncian dengan baut dan mur yang tersedia. Kencangkan dan Voila! Grab bar sudah bisa dipakai.

Foto by ride-aid.jp

Tapi kalau modifikatornya nggak suka dengan tampilan baru RZ900, boleh kok tetap pakai buntut kepunyaan XSR900, karena grab bar ini masih sangat cocok!

Nah kalau sudah terpasang semuanya, jadinya bakal seperti ini. Retro banget kan? Inilah yang menjadi ciri khas RZ900.

Foto by ride-aid.jp

Beberapa grab bar umumnya diproduksi lebih panjang, karena memang salah satunya mempertimbangkan faktor fungsionalitas. Tapi, menurut Kami, bentuknya yang lebih pendek malah terlihat eye catchy dan keren.

Rincian dan Harga Part Kustom:

  • XSR 900 grab bar 9,800 Yen (Rp1.267.238)
  • RZ 900 tail cowl kit (tail lamp, turn signal harness termasuk kabel perpanjangan) – black gel coat finish 37,000 Yen (Rp4.805.184)
  • RZ 900 bikini cowl – black gel coat finish 39,000 Yen (Rp5.064.924)
  • RZ 900 side cover kit FRP – black gel coat finish 24,000 Yen (Rp3.116.876)
  • RZ 900 side cover kit twill carbon specification – clear gel finish 29,000 Yen (Rp3.766.120)