Menghitung Biaya Buat Bikin Modifikasi Motor

Indonesia memang menjadi ladangnya industri otomotif, terutama lini roda dua. Ribuan motor terjual setiap bulannya dari berbagai merek dan pabrikan.

Selaras dengan volume kendaraan yang terus meningkat, lini modifikasi motor pun seolah tidak pernah surut dan tanpa ada habisnya. Karya-karya dari beragam modifikator nyatanya terus muncul dan kerap menyemarakkan pasar otomotif Indonesia.

Tak jarang pula industri kreatif ini didukung oleh para penggiat yang sengaja terjun mewadahi hasrat para pemilik motor untuk memodifikasinya. Itulah mengapa, penjaja spare part atau aksesori motor juga cukup subur di tanah air.

Nah, bicara modifikasi yang seolah tidak ada habisnya, tentu dibutuhkan biaya yang beragam. Tidak jarang kalau mau tampil perfect akan menguras kantong cukup dalam.

Lalu, bagaimana rinciannya? Yuk simak ulasan berikut.

Modifikasi Motor Sport

Modifikasi Motor Kawasaki ER-6N ala Street Fighter by pinimg.com

Menurut Tukijan dari rumah modifikasi ARM di Pulogadung kepada Otosia.com, ada terdapat bermacam-macam harga yang ditawarkan untuk setiap modifikasi motor sport, seperti Kawasaki Ninja 250, CBR atau kelas 150cc.

Contoh kelas 150cc ialah Yamaha Vixion yang setidaknya membutuhkan biaya minimal Rp2 juta ke atas untuk modifikasi fairing dengan bahan fiber. Tapi kalau mau full dan digarap mulai dari nol, harganya bisa sampai Rp 11-12 jutaan. Itu sudah termasuk knalpot , velg dan ban.

Kalau yang demen dengan modifikasi motor Ninja R dan RR, memang kebanyakan tidak bermain di body kit karena dasarnya sudah keren. Jadi, kecendurangannya lebih ke konsep kaki-kaki.

Hal itu merupakan representasi dari gaya racing (drag look), sehingga jarang yang seperti motor gede (moge). Kebanyakan sukanya dengan velg jari yang diaplikasikan pada Ninja R dan Ninja RR.

Modifikasi motor semacam ini setidaknya menghabiskan Rp 6-7 jutaan.

Dengan kubikasi yang besar, Kawasaki Ninja 250 termasuk membutuhkan dana yang sama mantapnya. Kalau ingin mendandani jenis motor seperti ini, konsumen harus menyiapkan dana sampai Rp 40 juta kalau mau modifikasi secara totalitas.

Modifikasi Motor Retro

Ilustrasi Modifikasi Motor KUSTOM CULTURE by flickr.com

Menurut Maiyudi alias Negro, modifikator asal bengkel Claustique di Depok menjelaskan, biaya minimum untuk memodifikasi motor retro ada di kisaran Rp 8 juta. Biaya segitu sudah termasuk memodifikasi tangki, jok, buntut, dan lampu depan.

Motor yang dipakai biasanya memakai basik sport naked dengan suspensi ganda. Contohnya Honda MegaPro generasi lawas, Honda Tiger atau juga bisa Suzuki Thunder.

Motor-motor tersebut umumnya sudah mirip dengan ciri khas retro, jadinya modifikator tidak perlu melakukan banyak ubahan.

Modifikasi Motor Roda Tiga

Ilustrasi Modifikasi Motor Roda Tiga by harleydavidsonmotorcycles

Motor roda tiga memang tidak terlalu famous di pasaran. Beberapa orang mengartikan modifikasi motor roda tiga cenderung dengan penyandang disabilitas.

Tapi, seiring berkembangan zaman, di mana kreatifitas tidak ada batasnya, motor roda tiga menjadi populer. Jenis motor seperti ini disebut dengan trike. Tujuannya ialah menciptakan rasa berkendara layaknya naik mobil atau ATV.

Dengan tiga roda yang stabil membuat kenyamanan terasa lebih, meski banyak juga risikonya. Selain itu, kapasitasnya yang besar juga sangat membantu untuk membawa banyak barang, dengan kapasitas angkutnya yang besar. Makanya trike juga sangat cocok buat niaga.

Menurut punggawa rumah modifikasi RWIN Development ala Klodran, Karanganyar, Solo, setidaknya dibutuhkan dana sekitar Rp 7-11 juta. Tapi, nominal itu tergantung dengan seberapa lengkap fitur-fitur yang dipesan.

Rubiyanto Hadi Pramono atau kerap disapa Rubi, kepada GridOto, menjelaskan bahwa trike memang memiliki harga yang variatif. Alasannya, ada perbedaan dalam hal settingan, kerumitan dan harga komponen.

Rubi memberikan contoh momodifikasi motor Yamaha Aerox ala trike. Karena terbilang masih baru, velgnya harus beli sepasang. Dengan demikian harganya pun jadi lebih mahal.

Kalau yang lebih enak, bisa pakai Honda Vario. Dengan tambahan satu velg saja, motor ini sudah bisa dibikin jadi trike. So, pastinya harganya lebih terjangkau.

Terlebih lagi, garapan bengkel ini terbilang sudah tersohor hingga ke seluruh nusantara. Bahkan, produk mereka yang bernama Invarunner sudah mendapatkan hak paten serta izin industri dari pemerintah.

Modifikasi Motor Thailook

Ilustrasi Modifikasi Motor Thailook by assets.babe.news

Modifikasi motor Thilook mengadaptasi style asal Negeri Gajah Putih, Thailand. Ciri khas paling menonjol dan bisa dikenali ialah kaki-kaki motor dengan ukuran velg jari-jari berdiameter 16-17 inch.

Kesannya lebih menungging dengan raiser, shock belakang variasi dan bisa dipakai yang pakai tabung atau non-tabung. Yang paling mencolok ialah kesannya yang trendi, tapi tidak norak.

Estimasi untuk bikin tampilan modifikasi motor thailook yang keren dan diperkaya dengan kualitas komponen yang baik, berkisar di angka Rp 1 juta hingga Rp 15 juta. Itu berarti semua komponen dirakit dari awal, hingga terbentuk thailook sungguhan.

Kisaran harga termahal untuk bikin modifikasi motor thailook ialah membikin komposisi ban agar cantik. Tapi bisa juga diakali dengan roda-roda diameter kecil yang cukup murah dengan range harga mulai Rp 500 ribu sampai Rp 1,5 jutaan.

Modifikasi Motor Matic ala Touring

Ilustrasi Modifikasi Motor Matic Touring by idntimes.com

Modifikasi motor matik ala touring sebenarnya lebih banyak menambahkan aksesori sehingga terkesan lebih sporty. Jadi, pusat pendanaannya pun terfokus pada sebarapa banyak Kamu mau menyematkan peranti tambahan.

Nih coba cek beberapa estimasi harga aksesori yang cocok buat motor Kamu:

Setang:

  1. TRONDOL (DUAL MODE STANG) Rp150.000,-
  2. STANG (FATBAR AGRAS) Rp110.000,-
  3.  RAISER STANG (PENOM) Rp70.000,-
  4. HOLDER (OLD VIXION KANAN KIRI) Rp115.000,-
  5. SPEEDOMETER (VARIASI RPM/BENSIN) Rp100.000,-
  6. HANDGUARD (ACERBIS) Rp135.000,-
  7. LAMPU BANTU (VARIASI) Rp80.000,-
  8. SPION (VIXION) Rp70.000,-

Kaki-kaki:

  1. AS SHOCK DEPAN (SUPRA 100cc) Rp100.000,- + KARET SHOCK Rp45.000,-
  2. BOTTOM SHOCK (GOYO / VARIASI MIO M3) Rp210.000,-
  3. SHOCK BELAKANG (STANDART + PENINGGI 6 CM) Rp60.000,-
  4. BAN DEPAN (ZENEOS 90/90-14″) Rp 235.000,-
  5. BAN BELAKANG (CORSA PLATINUM 100/80-14″) Rp245.000,-
  6. JAGANG SAMPING (KLX TYPE S Rp60.000,-)
  7. KABEL REM DEPAN (VARIASI PANJANG) Rp90.000,-

Bodi:

  1. BRACKER SB (SIDE BOX / BOX SAMPING) Rp200.000,- (ane beli bekas punya temen hehehe)
  2. CUSTOM TUBULAR Rp400.000,-

Lain-lain:

  1. VISOR / WINDSHIELD (NINJA 250 FI) Rp65.000,-
  2. KLAKSON (HELLA DUAL TONE) Rp120.000,-