Honda Amerika Bikin Kustom New Honda Rebel, Auranya Bikin Ngeri!

Honda Rebel yang pernah populer di masa lalu, kembali memunculkan tajinya setelah terlahir kembali pada April 2017 lalu dengan karakteristik engine serba modern. Tentu, dengan perawakannya yang serba kekinian, varian terbaru ini lebih terlihat simple tapi gagah.

Honda Rebel Pernah Populer di Amerika

Foto Honda Rebel tahun 1985 bernama Rebel Special by ride-aid.jp

Honda Rebel yang memiliki makna “Rebellion” atau “pemberontakan” ini muncul pada tahun 1985. Saat itu, Rebel dipasarkan secara lokal di Amerika dengan tipe “low” dan “long” melalui konsep mesin 2-silinder.

Bisa dikatakan saat itu merupakan awal booming-nya produk Jepang di tengah pasar Amerika. Akan tetapi, tepat pada tahun 1999 pihak produsen Jepang tidak melanjutkan untuk membikin motor ini lagi.

Model Baru Menjadi Penyegar di Tahun 2017

Foto Honda Rebel 250 tahun 2017 by ride-aid.jp

Setelah 18 tahun tertidur pulas, Rebel akhirnya muncul lagi dengan konsep teranyar.

Mesinnya berubah dari “air-cooled 4-stroke SOHC” menjadi “water-coolde 4-stroke 4-valve DOHC”. Rangkanya pun turut diganti dari “semi-double grade” menjadi “diamond”. Secara keseluruhan, impresinnya nyaris serupa dengan ciri khas lawasnya.

Di Jepang, Rebel memiliki dua model yakni 250 dan 500, persis seperti yang dijual di Indonesia. Sedangkan di bursa jual-beli Amerika Utara, Rebel tersedia dengan mesin 300cc.

Foto Honda Rebel 300 tahun 2017 by ride-aid.jp

Foto Honda Rebel 500 tahun 2017 by ride-aid.jp

 

Modifikasi Honda Rebel 300

Foto Modifikasi Honda Rebel 300 by ride-aid.jp

Bagian tangki dilabur ulang dengan warna lime green yang padu-padan dengan Rebel 250. Corak itu sama persis dengan warna kebanggaan Rebel 250. Hanya bedanya, warna logonya sedikit bergeser.

Warna swing arm juga dibikin berbeda. Model satu ini lebih cenderung dengan biru muda yang membuatnya terlihat lebih tegas.

Modifikasi Honda Rebel 500

Foto Modifikasi Honda Rebel 500 by ride-aid.jp

Selanjutnya ialah modifikasi Honda Rebel 500. Konsep yang satu ini lebih punya kemiripan dengan aliran Cafe Racer. Pada lini fairing bawahnya, terdapat ornamen seperti mulut hiu yang familiar dengan kapal laut tempur yang tenggelam.

Rona cat yang mirip seperti kamuflase itu, sekilas memang mirip perpaduan antara konsep motor militer dengan model Cafe Racer.

Dua tipe mesin yang diperkenalkan tidak semuanya dipermak oleh sang modifikator yang ada di Jepang, tapi di Amerika sana justru semua tipe memiliki model kustom.

Hal ini tentu terlihat mengesankan karena ada perubahan yang signifikan dari varian yang diproduksi oleh negeri Matahari Terbit itu. Apalagi, pada masanya, Honda Rebel pernah berjaya di Amerika!