Modifikasi Suzuki Thunder Japs-Style Casual Bernuansa Caffe Kental.

Mesin Suzuki Thunder mempunyai kapasitas 125 cc , dan  transmisi manual 5 percepatan. Suzuki Thunder yang muncul sejak 2004 ini tidak kalah dalam menarik perhatian para pencinta otomotif tanah air. Mesinnya yang bandel dan penampilannya yang sporty menjadi daya tarik utama dari motor ini.

 

Pada awal kemunculannya Thunder langsung bersaing dengan nama-nama besar seperti Vixion, Tiger dan Pulsar. Tetapi memang Suzuki Thunder memiliki kelebihan-kelebihan yang perlu dicatat diantaranya adalah harganya yang lebih murang bila dibandingkan dengan pesaing-pesaingnya di kelas 125 cc

 

Selain itu  penampilan yang lebih mirip motor 150 cc juga modelnya yang sporty menjadi daya tarik yang sangat kuat. Jangan dilupakan bahwa konsumsi bahan bakar dari motor ini termasuk irit untuk 1 liter bahan bakar, motor ini dapat menempuh jarak 30 sampak 50 km.

 

Kelebihannya yang lain yaitu suku cadangnya yang mudah didapat dengan harga yang bersaing.

 

Berikut ini adalah spesifikasi Thunder keluaran pabrik

 

Tipe Mesin 4 Langkah, SOHC, 2 Valve
Jumlah Silinder
Diameter x Langkah 57,0 x 48,8mm
Daya Maksimum 11,8PS / 9,000rpm
Torsi Maksimum 9,4Nm / 7,500
Kapasitas Silinder 125cc
Sistem Starter Engkol & Listrik
Sistem Pelumasan Basah
Tipe rangka Diamond
Ban Depan 80/90 – 18 M / C 45 P
Ban Belakang 90/90 – 18 M / C 51 P
Rem Depan Cakram Hidraulis
Rem Belakang Tromol
P x L x T 1,970 x 745 x 1,045mm
Jarak Sumbu Roda 1,270mm
Jarak Terendah ke Tanah 165mm
Bagasi 8Liter
Berat Kosong 130Kg
Kapasitas Tangki Bensin 15Liter
Tipe transmisi 5 Percepatan
Arah Perpindahan Gigi 1-N-2-3-4-5

 

Mesin

Mesin Thunder 125 cc  tidak mengalami perubahan. Kapasitasnya yang relatif kecil cukup sesuai dengan penampilan motor yang mempunyai dimensi yang relatif sedang ini.

 

Rangka body

Perubahan pada rangka hanya dilakukan dibagian penyangga joknya. Tipe rangka diamond yang menjadi bawaan pabrik dari motor ini mempunyai bobot yang relatif lebih ringan dari tipe deltabox. Selain itu rangka diamond pada motor ini bersifat fleksible dan relatif dapat menyerap getaran dengan lebih baik.

 

Setang

Setang diganti dengan ukuran yang lebh lebar untuk sedikit menambah kesan maskulin pada motor ini. Setang yang lebih lebar juga memberikan kontrol yang lebih memudahkan untuk mengendalikan motornya ketika berkendara.

 

Grip setang

Grip setang dipilih model retro dengan bahan empuk yangdihiasi dengan ornamen metal diujungnya.

 

Set Lampu

Head light bundar custom tampil dengan model grill yang menimbulkan sedikit efek metal pada motor ini. Untuk tail light juga dipilih tail light dengan grill yang merupakan pasangan dari headlight nya. Jenis lampu seperti ini dewasa ini banyak kita jumpai di pasaran dan banyak dicari oleh para penggemar motor custom.

 

Fork

Suspensi depan tidak dirubah hanya ditambahkan cover shock sebagai variasi yang memberikan tampilan klasik pada motor ini. Cover fork pada motor ini memberikan tampilan yang lebih kekar dan casual.

 

Shock

Shock suspensi belakang tetap memakai spring seperti orisinil keluaran pabriknya. Secara umum supensi motor ini sudah cukup memenuhi segi kenyamanan bagi pengendaranya.

 

Spedometer

Speedometer analog retro yang berdesain minimalis tampak menambah kesan retro hi-tech pada motor ini. Memang selain fungsinya speedometer juga memberikan sumbangan yang cukup besar pada aspek estetika sebuah motor.

 

Tangki bahan bakar

Perubahan paling besar dari motor custom ini adalah tangki bahan bakarnya yang diganti dengan tangki custom lebar yang tampak dominan namun tetap proporsional dengan tampilan motor secara keseluruhan.

Logo dan ornamen hitam pada tangki bahan bakar motor ini terlihat di desain dengan seksama.

 

Jok

Selain tangki bahan bakar tentu saja tidak ketinggalan jok Jap-style yang ramping dan tipis dengan model yang tentunya sudah sangat familiar bagi para penggemar motor custom khususnya Jap-stye. Warna jok yang digunakannyapun tampak sangat mengikuti trend.

 

 

Knalpot

Muffler custom disesuaikan dengan tampilan retro motor ini denga desain minimalis dan berkesan casual. Suara yang dihasilkanya cukup lembut dan tidak bising. Suara knalpot pada sebuah motor custom seperti ini akan mencerminkan kecermatan dan ketelitian pembuatnya.

 

 

Spakbor dan tail

Spakbor dan tail custom bayak kita jumpai di pasaran. Salah satunya adalah seperti yang dipasang pada motor ini. Spakbor depan belakang terbuat dari plat baja sehingga tampak kokoh dengan ketebalan yang mengesankan kekuatan. Spakbor seperti ini umumnya kita jumpai pada modifikasi gaya bobber. Meskipun demikian juga tampak cocok untuk Jap-style custom.

 

Velg

Velg standard dengan jari-jari juga tampil klasik sederhana dan berkesan retro yang kuat. Warna hitam yang sama dengan bannya membantu penampilan ban sehingga tampak lebih besar.

 

Ban

Ban tapak lebar selain tampak proporsional juga terasa lebih nyaman untuk berkendara dan sangat membantu sistem pengereman motor ini. Adapun motif ban yang dipilih adalah untuk on-road yang memang sesuai dengan Jap-style

 

Rem

Rem depan menggunakan cakram sementara rem belakangnya menggunakan tromol. Kelebihan dari rem tromol adalah tidak akan mengunci ketika dilakukan pengereman mendadak.

 

Warna dan striping

Untuk warna dipilih dominan hitam dan coklat yang tampak menjadi trend untuk motor-motor jap-style dewasa ini. Warna terlihat kalem dan enak dipandang.

 

Jap-Style mungkin adalah gaya yang paing populer dikalangan penggemar motor custom. Meskipun demikian kreatifitas dari pemilik menjadikan Jap-style ini mempunyai variasi yang tidak terbatas.

 

Satu hal yang menjadi ciri yang tidak dapat dipisahkan dari Jap-style adalah bentuk joknya, Warna coklat atau krem sangat umum digunakan. Meskipun demikian warna htam juga sering dipilih sebagai warna jok untuk motor Jap-style.

 

Kang Roni, demikian nama pemilik motor yang juga berprofesi sebagai interior desainer ini tampak mempunyai minat yang serius pada otomotif khususnya motor custom. Motor ini akan ia tawarkan di kisaran harga sekitar Rp 12 juta.