Scrambler Thunder Tangguh Yang Siap Jelajahi Segala Medan

Suzuki Thunder 125 keluaran 2004 ini mempunyai mesin yang tangguh. Pada saat di launching Thunder bersaing dengan Tiger, Scorpio dan Pulsar. Awalnya motor ini adalah CBU yang didatangkan secara utuh dari Jepang. Baru pada tahun 2003 mulai diproduksi di Indonesia.

 

Suzuki Thunder 125 cc sangat populer di Indonesia. Tercatat ada sekitar 150 klub Thunder di seluruh Indonesia yang berada dalam asosiasi suzuki Thunder seluruh Indonesia.

 

Suzuki Thunder ini dimodifikasi dengan konsep desain scrambler dan memberikan kesan muscle bike yang cukup kuat.

 

Forknya diganti dengan teleskopic upside down dengan ukuran yang lebih besar sehingga memberikan kesan kekar dan gagah.

 

Sekilas dapat kita tangkap bahwa konsep desain modifikasinya adalah scrambler yang juga digabungkan dengan semi bobber dan muscle bike.

 

Kombinasi dari berbagai gaya yang disatukan dalam suatu konsep tampaknya memang menjadi resep mujarab dalam menghasilkan motor custom yang berhasil menarik perhatian mereka yang melihatnya.

 

Kreatifitas dalam modifikasi memang menggoda kita untuk terus mencoba memadu-padankan elemen-elemen ataupun ciri-ciri desain yang tampak menarik kedalam suatu kesatuan yang utuh dan memiliki karakter.

 

Karakter yang ingin ditampilkan dapat disesuaikan dengan selera pemiliknya. Setelah itu dapat ditambahkan pula sentuhan-sentuhan yang menambah keindahan maupun memperkuat konsep desainnya.

 

MESIN

Tipe Mesin 4 Langkah, SOHC, 2 Valve
Jumlah Silinder 1
Diameter x Langkah 57,0 x 48,8mm
Daya Maksimum 11,8PS / 9,000rpm
Torsi Maksimum 9,4Nm / 7,500
Kapasitas Silinder 125cc
Sistem Starter Engkol & Listrik
Sistem Pelumasan Basah

 

RANGKA

Tipe Diamond
Ban Depan 80/90 – 18 M / C 45 P
Ban Belakang 90/90 – 18 M / C 51 P
Rem Depan Cakram Hidraulis
Rem Belakang Tromol

 

DIMENSI

P x L x T 1,970 x 745 x 1,045mm
Jarak Sumbu Roda 1,270 mm
Jarak Terendah ke Tanah 165mm
Bagasi 8 Liter
Berat Kosong 130Kg
Kapasitas Tangki Bensin 15 Liter

 

TRANSMISI

Tipe transmisi 5 Percepatan
Arah Perpindahan Gigi 1-N-2-3-4-5

 

Mesin

Mesin Thunder 125 cc tidak mengalami perubahan dan masih orisinil keluaran pabriknya. Mesin yang handal dan tangguh ini terasa cukup memadai untuk modifikasi yang dilakukan. Meskipun kapasitasnya tidak terlalu besar tetapi tetap bertenaga dan dapat diandalkan sebagai motor touring.

 

Rangka body

Perubahan pada rangka tidak terlalu banyak dilakukan. Yang terlihat hanyalah perubahan dibagian joknya dan mounting untuk fork dibagian depan. Selebihnya masih seperti keluaran pabriknya.

 

Stang

Dipasang stang lebar gaya scrambler. Stang lebar seperti ini memberikan kontrol dan handling yang lebih baik pada pengendara dan terasa diperlukan agar dapat mengimbangi perubahan yang dilakukan pada sistem suspensi depannya. Selain itu, ban tapak lebar dari motor ini mensyaratkan stang lebar untuk handling yang lebih baik.

 

Grip setang

Grip setang warna hitam minimalis yang pada ujungnya diperlengkapi dengan lampu spion pendek yang sangat fungsional dan tampak unik. Selain unik, lampu spion seperti ini juga terlihat praktis dan compact.

 

Set Lampu

Set lampu memakai headlight custom lampu LED berbentuk bundar untuk memberikan kesan klasik. Lampu LED-nya memberikan penerangan yang sangat baik hingga akan terasa lebih nyaman dan aman ketika berkendara dimalam hari.

 

Fork

Sistem suspensi depan diganti dengan sistem suspensi yang lebih baik dan nyaman. Fork oversize yang dipasang disesuaikan dengan ban tapak lebar yang menjadi konsep desain modifikasinya.

 

Schock

Suspensi belakang mengalami perubahan untuk menambah kenyamanan dalam berkendara. Schock diganti dengan sistem spring yang dilengkapi dengan peredam kejut yang akhir-akhir ini terlihat banyak digunakan pada motor-motor tidak terkecuali motor custom.

 

Speedometer

Speedometer menggunakan sistem analog denga gaya klasik yang elegan. Desain minimalis dan compact-nya tampak sesuai dengan konsep scrambler dari desain modifikasi ini. Speedometer seperti ini sepertinya sudah menjadi standard bagi motor-motor custom yang ada sekarang ini.

 

Tangki

Tangki Thunder yang orisinil diganti dengan tangki custom untuk memberikan kesan retro yang lebih kuat. Bentuk tangki yang tampak lebih feminim dari tangki orisinilnya. Dimensi tangki yang cukup besar juga terasa menguatkan gaya muscle car dari scrambler ini.

 

Jok

Jok Jap-style dengan motif diamond yang mewah tampak direncanakan dan dikerjakan dengan rapih sehingga memberikan nilai tambah tersendiri bagi penampilan motor ini. Gaya minimalis dari jok yang tipis dan ramping ini tampak kontras dengan suspensi depan dan dimensi tangki bensinnya.

 

Engine Guard

Engine Guard gaya metal tampak memberikan kesan tersendiri dalam konsep desain modifikasi motor ini. Engine guard yang sangat fungsional ini tampak menonjol dengan desainnya yang kaku meskipun tetap minimalis.

 

Knalpot

Knalpot dipasang muffler yang berukuran lebih kecil dari knalpot orisinil keluaran pabriknya. Pemilihan knalpot yang lebih kecil ini memperkuat tampilan muscle car dari motor secara keseluruhan. Bentuknya sendiri tetap minimalis ramping dan lebih berkesan retro.

 

Spakbor dan tail

Spakbor dan tail custom bergaya minimalis yang diadopsi dari gaya bobber. Spakbor seperti ini tampak kokoh dan elegan juga memberikan kesan mewah. Spakbor depan dibuat pendek sehingga lebih menonjolkan dimensi bannya. Demikian pula untuk tail dibagian belakang.

 

Velg

Velg tapak lebar yang diberi warna hitam sehingga menyatu dengan ban tapak lebarnya. Dengan demikian ban akan berkesan lebih lebar dan tebal sehingga akan tampak lebih gagah.

 

Ban

Ban tapak lebar untuk jelajah segala medan, yaitu on- road dan off-road. Konsep desain scrambler memang sebuah motor untuk bertualang ke medan off-road.

 

Rem

Rem cakram depan belakang terasa diperlukan untuk medan off-road yang menantang dimana akan sering dilakukan pengereman mendadak ketika berkendara. Untuk itu, maka dipasang sistem rem cakram depan dan belakang.

 

Warna dan striping

Dipilih warna hitam yang gagah dan maskulin dengan aksen gold yang menampilkan kesan mewah dan striping merah untuk menonjolkan jiwa petualang dari konsep desain modifikasi motor ini.

 

Keberhasilan sebuah modifikasi motor custom sangat ditentukan oleh kreatifitas dan kemampuan untuk mengkombinasikan komponen-komponen motor yang tersedia.

 

Banyak komponen-komponen sudah tersedia di pasaran tidak perlu kita buat sendiri. Yang sering kita jumpai adalah tangki, knalpot, lampu, speedometer, sudah umum di pasaran dan dapat dengan mudah kita pilih.

 

Meskipun demikian, terkadang sebuah bengkel perlu memiliki kemampuan untuk membuat sendiri komponen-komponen tadi sehingga orisinalitas dan kreatifitas dari desainer dapat lebih berkembang.

 

Hal inilah yang dilakukan di OSA yang berlokasi di Jl. Taman Sari bawah. Kang Osa pemilik workshop ini adalah desainer sekaligus mekanik yang melahirkan motor-motor custom yang banyak dicari.