Kawasaki W175 Kontemporer Jap-Style yang Tampil cukup Klasik

Sejak peluncurannya pertama Kawasaki W175, motor ini sudah banyak mendapat sambutan positif dari konsumen. Diantara kelebihan-kelebihan yang dimiliki Kawasaki W175 ini adalah:

 

Tampilannyayang klasik dan elegan. Konsep desain ini pada masanya tampak tampil beda bila dibandingkan dengan motor-motor lain sekelasnya.

 

Selain tampilannya yang berbau klasik, motor ini di bandrol dengan harga yang ekonomis sehingga Kawasaki W175 terasa sangat bersaing di pasaran.

 

Selain itu kelebihannya yang juga banyak dibicarakan orang adalah konsumsi bahan bakanya yang irit sehingga motor ini sangat ekonomis.

 

Terakhir sekali perlu diketahui bahwa motor ini sangat mudah perawatannya dan tidak memerlukan penanganan yang khusus.

 

Bila kita perhatikan dengan seksama konsep desain motor ini tampak mengarah pada konsep muscle bike.

Fork dengan dimensi lumayan besar menjadikan penampilannya tampak kekardan gagah.

 

Ditambah lagi dengan tangki bahan bakar orisinil yang memang sudah berukuran cukup besar. Bentuk orisinil dari tangki bahan bakar motor ini memang sudah mengusung konsep desain retro.

 

Joknyapun menampilkan kesan retro. Bila diperhatikan lagi konsep muscle bike tampak lebih menonjol bahkan bisa dibilang meredam Jap-style dari joknya. Jok orisinil dari Kawasaki W175 sebenarnya sudah mewakili konsep klasik yang didukungnya. Penggantian dengan jok yang lebih tipis dan ramping disengaja untuk lebih menampilkan konsep desain muscle dari naked bike ini.

 

Berikut ini adalah spesifikasi Kawasaki W175 keluaran pabriknya.

Kapasitas 177cc
Tenaga Maksimal 12.82hp
Pipa Knalpot Single Exhaust
Jenis Penggerak Chain Drive
Sistem Pendinginan Pendingin udara
Jumlah silinder 1
Rasio Kompresi 9.1:1
Jumlah langkah 4-Stroke
Diameter x langkah 65.5 x 52.4mm
Torsi Maksimal 13.2Nm
Katup per Silinder 2
Kecepatan maksimum 120kmph
Konfigurasi Katup SOHC
Jenis Mesin Single Cylinder, 4-Stroke, 2 Valves, SOHC Engine
RPM Tenaga Maksimum 7,500rpm
RPM torsi maksimum 6,000rpm

 

Mesin

Mesin tidak mengalami perubahan sedikitpun dan masih orisinil. Mesin Kawasaki dengan daya yang lumayan ini memang sudah sangat memadai dan cukup dapat diandalkan sebagai penggerak muscle bike ini.

 

rangka body

Rangka body hanya mengalami perubahan dibagian penyangga joknya yang mempunyai bentuk minimalis sehingga tidak rumit.

 

Setang

Setang masih orisinil dan memang sesuai dengan dimensi motor sehingga handling ketika berkendara terasa mudah serta memberikan kontrol yang baik. Aksen warna gold di ujung grip sebagai variasi terlihat cukup unik.

 

Cover body

Dibagian samping dari body motor ini tampang dipasang cover dengan bentuk yang lain dari biasanya yang jelas bergaya kontemporer. Karakter dan gaya motor ini terlihat sangat dipengaruhi oleh bentuk dan proporsi cover body bagian sampingnya.

 

Grip setang

Grip setang sedikit dimodifikasi dengan menambahkan kaca spion bawah pada ujung setang. Gaya seperti ini dapat digolong kan sebagai gaya kontemporer. Selain itu spion ini sekaligus juga berfungsi sebagai brake guard dan clutch guard.

 

Set Lampu

Pemilihan set lampu tampak cukup menarik untuk diperhatikan karena memakai double headlight yang sangat jarang kita jumpai sehari-hari.Bukan sesuatu yang tidak mungkin bila dimasa yang akan datang double headlight seperti ini akan menjadi trend baru.

 

Fork

Suspensi sistem teleskopik di depan dengan dimensi yang relatif besar tampak dominan dan tampil mewah dengan warna goldnya yang mencolok. Dari semua komponen-komponennya fork dan tangki memegang peranan paling besar dalam menampilkan konsep desain muscle bikenya.

 

Shock

Shock spring diganti dengan warna merah dan disesuaikan dengan ketinggian suspensi depannya. Sistem suspensi belakang juga dilengkapi dengan tabung peredam kejut untuk menambah kenyamanan berkendara terutama bagi penumpang.

 

Spedometer

Untuk speedometer digunakan sistem digital yang futuristik dan hi-tech tapi sekaligus berkesan klasik yang sesuai dengan konsep desain modifikasinya. Speedometer yang dipakai adalah kombinasi antara analog dan digital yang menunjukan indikator dengan jelas dan akurat pada pengendara.

 

Tangki

Tangki orisinil Kawasaki W175 yang sudah berdesain klasik ini tetap dipertahankan dan tidak mengalami perubahan. Bentuknya yang besar namun feminin memberikan sentuhan kontemporer tersediri pada muscle bike ini.

 

Jok

Digunakan jok press yang ramping dengan desain minimalis yang sederhana dan kental dengan nuansa klasik. Warna coklat yang dipilih adalah warna khas klasik style yang lembut dan sangat menonjolkan estetika.

 

Footstep

Dipakai footstep cnc sehingga motor ini tampil cukup modern. Memang secara keseluruhan motor ini dapat disebutkan menampilkan gaya semi klasik, dengan sentuhan sentuhan modern dan kontemporer disana-sini.

 

Kenalpot

Diganti secara keseluruhan. Feeder, neck dan terutama mufflernya tampak sangat sesuai dengan konsep desain muscle bike yang ditampilkan dalam modifikasi ini.

 

Spakbor  tail

Spakbor depan yang bergaya klasik dipasang cukup tinggi seperti layaknya motor trail. Sementara itu dibagian belakang dibiarkan terbuka tanpa tail.

 

 

Velg

Velg tapak lebar terasa cocok untuk dipasang pada modifikasi ini mengingat dimensi motor yang cukup besar dan juga daya mesin yang lumayan. Selain itu jari-jari dari velg mau tidak mau mengesankan bentuk klasik yang sebenarnya kontras dengan gaya kontemporernya.

 

Ban

Ban tapak lebar dan dipersiapkan untuk jelajah segala medan atau off-road. Ban tapak lebar juga akan menunjang kerja sistem pengereman. Selain unsur bentuk dan proporsi estetika, faktor keamanan memang tidak dapat dikesampingkan dalam sebuah modfikasi

 

Rem

Untuk sistem pengereman bagian depan digunakan cakram sedangkan untuk bagian belakangnya menggunakan tromol. Sistem pengereman yang merupakan kombinasi dari sistem cakram dan tromol terasa cukup nyaman dan aman dalam penggunaannya ketika berkendara.

 

Warna dan striping

Warna yang dipilih untuk modifikasi ini adalah kombinasi gold dan abu-abu metalik dengan striping body berwarna kuning yang dipasang dengan apik dan detail yang menarik.

 

Secara keseluruhan konsep desain modifikasi dari motor ini telah berhasil menunjukan karakter bentuk yang jelas dan tampak mempunyai konsep desain yang cukup kuat.

 

Konsep nya diawali dengan mucle bike yang menonjolkan dominasi fork teleskopik yang menonjol. Yang kemudian dilanjutkan dengan mempertahankan tangki bahan bakar berukuran besarnya.

 

Jok tipis dan ramping tampak justru semakin menonjolkan dimensi bagian depan motor yang kekar dan gagah. Selain itu jok ini juga menampilkan suasana dan kesan klasik dari motor ini.

 

Adapun pilihan warnanya sendiri lebih bersifat kontemporer yaitu abu-abu metalik dan gold yang menunjukan kemewahan sekaligus nuansa petualang.

 

Elemen desain lain yang bersifat kontemporer adalah bentuk cover body sampingnya. Bentuk yang dipilih adalah bentuk tajam dengan dimensi yang cukup besar dan dominan.

 

Dalam hal ini sekali lagi kita melihat dan merasakan unsur eksplorasi bentuk yang kental dan berani dalam mengekspresikan nilai estetika yang dianutnya.

 

Sekali lagi keberanian dalam mengeksplorasi bentuk-bentuk baru dapat membuahkan hasil yang memuaskan.