Peremajaan Honda Win, Motor Tua yang Kembali Muda

Honda Win 100 dikenal dengan mesinnya yang sangat handal. Desainnya sendiri terlihat banyak memakai garis-garis lurus dan banyak mengambil bentuk persegi. Garis horizontal dari knalpot yang sejajar dengan jok tampak memperkuat bentuk perseginya.

 

Di zamannya Honda win terkenal sangat dapat diandalkan dan tidak membutuhkan perawatan yang sulit atau mahal. Motor ini juga sangat banyak dipilih untuk menjadi motor niaga atau pembawa barang.

 

Selain kehandalan mesinnya, Honda Win juga terkenal irit, konon bisa mencapai 51 km per liter BBM nya. Kelebihannya lainnya yang banyak dibicarakan orang adalah komponen atau parts nya yang tahan lama.

 

Selain itu mesin 100 cc nya juga tergolong paling kuat dikelasnya dan kecepatannyapun berani bersaing dan tidak kalah bila diadu dengan motor-motor lainnya.

 

Sekilas kita akan menduga bahwa motor custom ini mengalami perubahan yang cukup besar. Meskipun demikian bila kita perhatikan dengan seksama ternyata hampir 90% dari modifikasi yang dilakukan adalah mengambil bentuk orisinil dari Honda Win.

 

Berbeda dengan modifikasi yang sering dilakukan oleh Maximum garage. Kali ini rupanya konsep desain yang diterapkan adalah mengembalikan Honda Win ini ke bentuk orisinilnya.

 

Hal ini dilakukan dengan mengganti atau membuat sendiri komponen-komponen yang diperlukan. Memang secara keseluruhan bentuk Honda Win ini tampak seperti bentuk orisinilnya. Meskipun demikian bila kita perhatikan ada bentuk-bentuk baru yang ditambahkan pada motor ini dengan tanpa menguraki kesan orisinil yang memang menjadi konsep desain dari modifikasinya.

 

Perubahan dalam detil-detil tertentu asal dilakukan dengan tepat terlihat dapat meningkatkan penampilan sebuah motor bahkan melebihi bentuk orisinilnya.

 

Berikut ini adalah spesifikasi keluaran pabrik dari Honda Win.

Mesin 4 langkah, OHC (Overhead Camsaft)
Sistem pendinginan Udara
Jumlah silinder Tunggal, mendatar
Isi silinder 97.2cc
Sistem bahan bakar Karburator
Diameter x langkah 50 x 49.5mm
Rasio kompresi 8.8:1
Power masksimal 10.8HP / 8000rpm
Kopling Manual tipe basah, double clutch
Transmisi Manual, 4 percepatan (1-N-2-3-4)
Kapasitas tangki 8 liter
Kapasitas oli mesin 0.9 liter
Dimensi 191 x 70 x 106.5cm
Jarak sumbu roda 123.5cm
Jarak terendah ke tanah 13cm
Berat kendaraan 83kg
Rangka Diamond
Suspensi Teleskopik (depan), lengan ayun dengan shock absorber ganda (belakang)
Ukuran ban 2.75-18, 3.00-18
Rem Tromol
Sistem pengapian AC-CDI

 

Mesin

Mesin 100 cc Honda Win yang terkenal handal dan bandel. Meskipun dayanya relatif kecil tapi kecepatan motor ini dapat bersaing dengan motor lain dikelasnya. Selain itu tarikan mesin motor ini juga terkenal spontan.

 

Rangka body

Rangka Bodi diamond masih orisinil. Sesuai dengan konsep desain yang diterapkan maka tidak dilakukan perubahan apapun. Beruntung karena rangka orisinilnya masih dalam kondisi yang sangat baik.

 

Setang

Setangnya diapakai ukuran yang lebih lebar dari orisinilnya. Hal ini duakukan untuk menambah kenyamanan dan kemudahan handling dari motor ini. Meskipun dengan stang lebar, tamapak bahwa ciri khas dan orisinalitas dari motor ini tidak terganggu.

 

Grip setang

Grip setang custom yang dilengkapi dengan lampu sein dipasang untuk memberikan sentuhan baru pada motor ini. Model Grip dengan lampu seperti ini banyak dijumpai dalam modifikasi motor-motor vintage.

 

Set Lampu

Untuk set lampu digunakan lampu orisinil dari Honda Win dengan bentuk kotaknya yang khas. Lampi kotak dikenal memiliki lebar pandangan yang luas untuk keamanan berkendara dimalam hari.

 

Bracket

Diatas lampu depan dipasang bracket dengan gaya yang mengingatkan kita pada model-model motor klasik. Bracket ini lebih bersifat sebagai variasi saja. Meskipun demikian kehadiran bracket ini mampu memberi nilai tambah pada penampilan motor secara keseluruhan.

 

Fork

For juga memakai suspensi teleskopik orisinil yang kemudian ditutup oleh cover karet sebagai variasi. Cover suspensi ini memberikan proporsi ukuran suspensi yang tampak lebih sesuai.

 

Schock

Suspensi belakang tetap menggunakan shock spring standard dari Honda win yang cukup panjang dan tampak dominan. Suspensi belakang honda win yang dipasang diagonal terlihat memberikan bentuk dinamis dalam desain yang serba kotak ini.

 

Spedometer

Untuk speedometernya pun tetap menggunakan speedometer orisinilnya. Speedometer analog

 

Tangki

Perubahan yang dilakukan pada tangki hanyalah stripingnya. Tangki masih model standard keluaran pabriknya. Termasuk juga cover body disamping motor.

 

Jok

Jok tampak dibuat dengan model yang standard hanya ada terlihat sedikit penambahan motif pada bagian belakangnya.

 

Kenalpot

Muffler custom dipilih model yang sangat mirip dengan aslinya. Sesuai dengan desain bentuk Honda Win yang banyak memakai garis garis horizontal.

 

Spakbor dan tail

Spakbor dan tail custom berwarna chrome tampak manis dan serasi dengan penampilannya yang cenderung klasik. Dari seluruh komponen Honda Win, hanya spakbor dan tailnya inilah yang mengadopsi bentuk lengkung.

 

Velg

Velg tapak lebar dengan jari-jari dipilih dan tampak menjadikan motor ini menjadi lebih proporsional. Ban tapak lebarnya juga meningkatkan kinerja sistem rem tromol dari motor ini.

 

Ban

Ban tapak lebar yang dipakai tampak lebih besar dari ukuran orisinilnya, yang mana selain tampak lebih gagah juga memberikan kenyamanan lebih pada pengendaranya.

 

Rem

Untuk sistem pengereman digunakan sistem tromol baik di ban depan maupun dibagian belakangnya. Sistem tromol ini terbantu oleh ban tapak lebarnya. Memang sistem tromol adalah sistem pengereman keluaran pabrik Honda Win ini.

 

Warna dan striping

Meskipun tangki tidak mengalami perubahan bentuk namun pemilihan warna dan striping yang dilakukan tampak sangat manis, elegan dan berkelas.Selain itu pengolahan striping pada cover body bagian samping juga tamapak apik dan berkesan semi klasik.

 

Konsep desain yang bersifat meremajakan kembali motor motor-motor keluaran lama memang mempunyai pasar dan penggemar nya tersendiri. Memang harus diakui orisinalitas dari sebuah motor mempunyai nilai tersendiri. Hal ini disebabkan karena setiap motor dapat dianggap menjadi wakil dari zamannya.

 

Warna yang dipilih untuk tangki adalah white crem yang lembut dengan logo Honda yang terlihat jelas. Selain itu cover body samping diberi warna sunburst yang eksklusif dan sangat jarang kita jumpai warna seperti ini pada motor-motor yang kita lihat sehar-hari.

 

Selain itu warna yang kita lihat disini adalah warna chrome dari spakbor, tail, jari-jari dan mesin yang memang lazim kita ditemui pada motor-motor di zamannya.

 

Tampaknya Maximum Garage telah berhasil meremajakan Honda Win ini sehingga kembali tampak brand new dengan sentuhan-sentuhan kreatif yang segar.

 

Dari modifikasi ini dapat kita simpulkan bahwa pilihan dan aplikasi warna yang tepat disertai dengan sedikit perubahan disana-sini dapat menampilkan bentuk orisinil yang lebih baik dari aslinya.