Scorpio Vintage Jap-style Bobber Nostalgia Kemewahan Retro

Kapasitas mesin 225 cc yang dimiliki Yamaha Scorpio menjadikan motor ini ideal untuk suatu proyek modifikasi. Terbukti dengan semakin banyaknya bermunculan motor-motor custom yang berbahan Yamaha scorpio. Tidak ketinggalan pula Maximum Garage, sebuah  workshop motor custom yang milik kang Tanto ini.

 

Kelebihan Yamaha Scorpio adalah mesinnya yang bandel dan handal. Selain itu kapasitasnya yang cukup besar memberikan keleluasaan yang lebih besar untuk suatu kreasi motor custom.

 

Dengan daya mesin yang tersedia, para desainer tidak perlu khawatir motor customnya akan terlalu memberatkan bagi mesin. Dengan demikian para mekanik dan desainer dapat lebih bebas menuangkan ide-ide kreatifnya pada setiap proyek modifikasi yang dikerjakan.

 

Sekilas telah dapat kita tangkap konsep desain modifikasi dari motor ini. Menurut sobat OtoRaja konsep desain apa kira-kira yang ingin ditampilkan modifikasi ini ? Benar sekali terkaan sobat sekalian, Konsep desainnya adalah Vintage Jap-style Bobber.

 

Marilah kita ulas satu persatu konsep desain dari modifikasi ini. Pertama sekali yang akan menarik perhatian kita adalah bentuk tangki Jap-Style nya yang dipasangkan dengan cover body samping.

 

Kedua bagian ini sengaja diberi warna putih yang mencolok dan dikontraskan dengan bagian lainnya dari motor ini. Penutup kelistrikan yang berbentuk segitiga putih disamping kiri kanan menampilkan bentuk motor vintage yang kental.

 

MESIN

Kuubikasi 223cc
Tipe Mesin 4 Langkah SOHC
Detai Mesin 1 Silinder Tegak
Diameter x Langkah 70,0 x 58,0
Daya Maksimum 13,4 kW / 8.000rpm
Torsi Maksimum 17,5Nm / 6.500rpm
Kompresi 9,5 : 1
Jumlah Klep 2
Sistem Bahan Bakar Karburator Mikuni BS 30 x 1
push pull
Sistem Pelumasan Basah
Sistem Pendinginan Udara
Kapasitas Oli Mesin Penggantian Berkala 1,2 Liter
Kapasitas total 1,4 Liter
Kopling Manual, Multiplate
Sistem Starter Motor Starter dan Starter Engkol
Gigi Transmisi 5 Kecepatan
Pola Pengoperasian Gigi 1 – N – 2 – 3 – 4 – 5

 

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi 2.030 x 750 x 1.095 (mm)
Jarak Sumbu Roda 1.295mm
Jarak Terendah ke Tanah 165mm
Kapasitas Tangki BBM Total 13 Liter, Cadangan 2,5 Liter
Berat Isi 142kg

 

RANGKA

Tipe Rangka Double Cradle
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Lengan Ayun, Shockbreaker Tunggal dengan Link
Rem Depan Cakram Tunggal , dengan Piston Ganda
Ban Depan 80/100 – 18 M/C,47P
Ban Belakang 100/90 – 18 M/C,56P
Velg Depan Casting Wheel (CW)
Velg Belakang Casting Wheel (CW)

 

KELISTRIKAN

Battery GM7B-4B, YB7-B (12V 7 Ah)
Busi / Spark Plug NGK DEA-9
Sistem Pengapian AC CDI

 

Mesin

Mesin Yamaha Byson cukup dapat diandalkan untuk jadi penggerak motor dengan dimensi yang lumayan ini. Inilah satu kelebihan mesin scorpio sehingga banyak menjadi pilihan dari para pencinta motor custom. Selain dayanya yang cukup besar, harganya dipasaran motor secondpun cukup bersaing.

 

Rangka body

Rangka body tidak mengalami banyak perubahan. Modifikasi rangka hanya dilakukan dibagian penyangga jok dan mounting fork oversize nya

 

Setang

Dipilih stang lebar sehingga terlihat cocok dengan dimensi motor yang relatif besar ini. Stang lebar juga memberi kontrol dan kendali yang lebih baik pada pengendara.

 

Set Lampu

Set Lampu head light dipilih bentuk custom bundar dengan LED yang sesuai dengan konsep desain retro dari modifikasi ini. Sedangkan untuk lampu belakang dipilih lampu yang bernuansa modern dan tampak serasi dengan mudguard sebagai tempat lampu ini dipasang.

 

Fork

Fork teleskopik upside down dengan ukuran besar tampak cocok dan serasi serta mempunyai proporsi yang pas dengan body motor secara keseluruhan. Fork teleskopik ini memberi bentuk kekar dan gagah pada motor. Selain itu ukuran yang dipilih juga disesuaikan dengan ukuran velg yang akan dipasang.

 

Suspensi

Untuk suspensi belakang dilakukan pergantian shock dan dipilih spring dengan peredam kejut. Yang dapat dipasangkan dengan velg tapak lebarnya. Shock tabung sepertinya sudah sangat populer dewasa ini dan sangat sering kita jumpai;

 

Speedometer

Speedometer memakai analog digital yang mempunyai penampilan modern segaligus klasik. Tipe speedometer seperti ini tampaknya sangat digemari dan sering menjadi pilihan bagi para pencinta motor custom. Penyebabnya mungkin karena bentuk minimalisnya sehingga dapat terlihat indah hampir di segala konsep modifikasi.

 

Tangki

Tangki custom retro khas Jap-Style tampak menggantikan tangki scorpio motor ini. Tangki ini diberi warna putih dikedua sisinya, sedangkan bagian atasnya diberi warna hitam. Konfigurasi warna seperti ini adalah khas Vintage-style.

 

Jok

Jok press ramping minimalis yang juga menjadi ciri khas retro Jap-style terlihat serasi dan memberikan tampilan klasik yang meyakinkan. Kelebihan dari desain-desain minimalis adalah sifat serbaguna dan kecocokannya dengan berbagai style motor.

 

Knalpot

Bagian feeder dan necknya tampak tidak mengalami perubahan. Hanya muffler cone nya saja yang disesuaikan dengan desain minimalis yng manis.

 

Spakbor dan tail

Seperti biasa untuk spakbor dan tail, Maximum Garage memilihkan desain minimalis vintage yang dapat dengan mudah beradaptasi dengan konsep desain yang diinginkan.

 

Velg

Velg tapak lebar nya sebenarnya adalah konsekwensi dari pemilihan fork. Tetapi selain itu untuk motor dengan dimensi yang cukup besar ini, velg yang dapat mengakomodasi ban tapak lebar memang sangat sesuai dan penting dari segi keamanan berkendara.

 

Ban

Ban tapak lebar selain memberi nilai lebih bagi faktor keamanan juga dipasang untuk menampilkan Bobber style yang dewasa ini sangat digandrungi dikalangan para pencinta motor custom.  Pilihan motif ban menunjukan bahwa motor ini juga dipersiapkan untuk menempuh medan semi off-road.

 

Rem

Sistem pengereman memakai cakram untuk roda depan dan belakang. Motor dengan daya yang lumayan ini menuntut sistem pengereman yang harus dapat diandalkan.

 

Warna dan striping

Warna black and white yang kontras menjadi pilihan dan terbukti sangat sesuai dengan konsep desain modifikasinya. Warna putih yang menonjolkan bentuk tanki dan cover body disamping kiri dan kanan, terlihat kontras dengan warna hitam dari bagian-bagian lainnya.

 

Secara keseluruhan bila kita perhatikan komponen atau partsnya maka dengan cepat akan terlihat bahwa motor ini menggunakan komponen-komponen modern. Meskipun demikian secara keseluruhan kesan klasik retro ataupun vintage juga akan sangat terasa.

 

Sekali lagi Maximum Garage telah berhasil melakukan modifikasi dengan sukses. Keberhasilan ini tidak dapat dipisahkan dari pengalaman dan eksperimen yang telah dilakukan.

 

Hal mendasar terlihat dari modifikasi yang dilakukan adalah proporsi bentuk motor yang enak dilihat dan pemilihan parts yang tepat.

 

Ketiga gaya yang diramu adalah: Vintage klasik, Jap-style dan Bobber style. Ketiga gaya ini ternyata dapat dikombinasikan sedemikian rupa dalam suatu komposisi dan konsep desain modifikasi yang jempolan.