Modifikasi Yamaha Byson menjadi Japs-Style Bobber yang Mewah.

Sejak kemunculan pertamanya di Indonesia tahun 2010 Yamaha Byson mendapat sambutan yang sangat baik dari masyarakat pencinta otomotif tanah air. Hal ini dibuktikan dengan angka penjualan ynag cukup fantastis.

 

Sesuai dengan namanya Yamaha Byson mempunyai bentuk tangki yang menjadikan motor ini memang mirip Byson.

 

Tetapi dalam modifikasi ini tangki BBM nya diganti dengan tangki custom sehingga hasil akhirnya benar-benar tampak berbeda dari asalnya.

 

Yamaha Byson mempunyai kelebihan-kelebihan tersendiri sehingga Byson ini mempunyai banyak penggemar setia. Diantara kelebihan-kelebihannya adalah: mesin yang bandel, hemat BBM, dan bentuk yang gagah maskulin.

 

Selain itu Yamah Byson juga dikenal mudah untuk dimodifikasi. Banyak motor Byson yang dimodifikasi menjadi Jap-Style, Caffe Raser maupun styile-style lainnya.

 

Perubahan yang dilakukan pada tangki BBM khas Byson langsung merubah tampilan keseluruhan dari motor ini. Maklumlah karena tangki BBM Byson memang unik dan lain dari yang lain.

 

Tanki BBM baru yang dipasang terlihat lebih sesuai dengan konsep modifikasi Jap-style yang diinginkan. Tangki BBM yang baru memberikan penampilan yang sepenuhnya baru pada motor ini.

 

Hal lain yang menonjol dari modifikasi ini adalah fork teleskopik upside down nya. Fork yang sedikit oversize ini menampilkan kesan yang kekar sehingga secara keseluruhan Jap-style yang ditampilkan menunjukan kesan gagah.

 

Setelah itu bila kita perhatikan ban tapak lebarnya. Maka akan tampak gaya bobber yang juga menjadi tema dari konsep modifikasi motor ini.

 

 

PxLxT 2.075mm x 780mm x 1.045mm
Jarak sumbu roda 1.334mm
Jarak terendah ke tanah 160mm
Tinggi tempat duduk 790mm
Berat isi 135kg
Kapasitas tangki bensin 12 liter

 

Mesin

Tipe mesin 4 langkah, SOHC, 2 klep,berpendingin udara
Jumlah / posisi silinder Silinder tunggal / tegak
Volume silinder 153cc
Diameter x langkah 58,0 x 57,9
Perbandingan kompresi 9,50:1
Daya maksimum 10,1PS / 7.500rpm
Torsi maksimum 10,5Nm / 5.500rpm
Sistem starter Elektrik starter dan kick starter
Sistem pelumas Basah
Kapasitas oli mesin Total 1,2 liter, pergantian berkala 1 liter
Tipe karburator Mikuni BS26 X 1
Tipe kopling Basah, kopling manual
Tipe transmisi 5 percepatan (1-N-2-3-4-5)

 

Rangka

Tipe rangka Diamond
Suspensi depan Teleskopik
Suspensi belakang Suspensi Monocross
Ban depan Tubeless 100 / 80-17M / C 52P
Ban belakang Tubeless 120 / 70-17M / C 58P
Rem depan Cakram
Rem belakang Tromol

 

Kelistrikan

Sistem pengapian DC CDI
Battery YTZ5S (MF Battery)
Tipe busy NGK CPR 8EA-9

 

Mesin

Mesin tidak mengalami perubahan dan masih orisinil keluaran pabriknya. Mesin 155 cc nya memang sudah sangat memenuhi syarat untuk aktifitas sehari-hari pemiliknya.

 

Rangka body

Dilakukan sedikit modifikasi pada dudukan fork dan bagian rangka penyangga Jok double seatnya. Jok khas Jps-style dengan model minimalis dan ramping terlihat sangatsepadan dengan bentuk tangkinya yang bersahaja.

 

Setang

Dipilih setang lebar gaya scrambler agar motor ini tampak lebih gagah. Selain itu stang lebarnya memberikan handling yang lebih baik pada motor ini. Ini terasa diperlukan mengingat fork oversize yang dipasang.

 

Grip setang

Grip setang dipilih warna yang sama dengan warna joknya. Warna stang juga menjadi aksen manis, dalam design minimalis Jap-style ini.

 

Set Lampu

Set Lampu menggunakan custom LED dengan grill yang menjadikannya tampak berbeda. Desain minimalis nya yang klasik memang sudah sering terbuti akan tampil sesuai dan serasi dengan motor
Jap-style.

 

Fork

Diganti dengan model teleskopik upside-down dengan ukuran besar. Fork yang dipilih ini rupanya terinspirasi dari bentuk awal Byson yang kekar. Fork ini juga tetap mempertahankan kesan muscular dari Byson.

 

Suspensi

Menggunakan spring dengan tabung anti kejut. Shock seperti ini tampaknya sudah menjadi standard motor custom dewasa ini . Semuanya demi menjamin kenyamanan dalam berkendara.

 

Spedometer

Dipilih speedometer dengan indikator digital yang mempunyai desain minimalis yang sekaligus tampil hi-tech. Pilihan ini tampak sangat sesuai dengan konsep desain modifikasi motor ini.

 

Tangki

Tangki sepenuhnya dirubah menjadi gaya klasik yang sederhana tetapi tampil manis dan elegan. Secara keseluruhan konsep modifikasinya tampak telah berhasil untuk mengadopsi gaya retro yang elegan dan mewah dari sebuah desain Jap-style.

 

Jok

Mengadopsi Jap-Style desain memang tidak dapat dipisahkan dari jok khas nya yang seolah sudah menjadi trade mark dari sebuah desain Jap-style. Jok Press ramping dan tipis dengan motif yang khas

 

Knalpot

Dipilih Muffler cone yang lagi-lagi minimalis. Muffler cone ini sengaja dipasang dengan sudut tertentu untuk menghadirkan kesan dinamis pada tampilan keseluruhannya.

 

Spakbor dan tail

Dipasang spakbor depan dan belakang custom dengan gaya vintage minimalis yang bergaya bobber. Spakbor dan tail terbuat dari plat baja yang terlihat cukup tebal sehingga tampak kokoh dan tidak murahan.

 

Velg

Velg spoke yang memperkuat kesan bobber style dari motor ini. Warna hitam velg yang memberi kesan ban yang lebih lebih tinggi dan dikombinasikan dengan warna chrome dari jari-jari menjadi elemen estetik yang tidak dapat dikesampingkan begitu saja.

 

Ban

Ban Tapak lebar dan tinggi untuk proporsi bagian bawah motor yang tampak dominan dan stabil. Ban depan memakai diameter yang lebih besar sesuai dengan ukuran forknya. Konfigurasi ban seperti ini menyebabkan motor bagian depan menjadi lebih tinggi sehingga posisi duduk pengendara akan lebih tegak dan rileks.

 

Rem

Menggunakan sistem pengereman cakram untuk roda depan dan belakang. Sistem pengereman ini lebih menjamin keamanan dan kenyamanan dalam pengereman.

 

Warna dan striping

Warna merah metalik pada tangki memberi sentuhan kemewahan. Selain itu striping hitam pada tangki juga memberikan kesan tersendiri pada modifikasi motor ini.

 

Sekali lagi Maximum garage telah berhasil melakukan modifikasi dengan konsep desain yang menunjukan kreatifitasnya.

 

Proporsi motor tampak telah dipertimbangkan dengan sangat baik dan memperhitungkan segala seginya. Dimulai dengan mengganti fork oversize yang diimbangi oleh roda bobber style.

 

Setelah itu, tangki BBM yang dipilih tampak memang lebih sesuai untuk sebuah motor Jap-style. Jok press double seat yang ramping dan tipis dipasangkan dengan baik dan memberi bentuk akhir yang harmonis dan enak dilihat seperti layak nya sebuah motor Jap-style.

 

Terakhir sekali yang juga sangat menentukan adalah pilihan warna dan striping. Dan tampaknya kedua hal inipun telah dipertimbangkan dengan seksama oleh Maximum Garage.

 

Warna merah metalik yang modern tampak dipadankan dengan warna krem dari jok dan grip stang yang bernuansa retro. Juga perlu diperhatikan striping pada tangki BBM yang memberik kesan rapih, teliti dan mewah.