Suzuki Bandit Futuristik, Moge Idola yang Hadir Dengan Tampilan Baru

Suzuki Bandit GSF 400 pertama kali hadir di Indonesia sekitar tahun 1989. Motor bemesin 4 silinder ini sangat terkenal dengan suaranya yang khas. Motor ini sangat terkenal di zamannya dan menjadi pilihan banyak pencinta motor di tanah air.

 

Karena kapasitas mesinnya. Motor ini dapat digolongkan sebagai moge berjenis naked bike touring. Dewasa ini Suzuki Bandit 400 tampak mulai banyak diminati lagi, terutama karena kekhasan, performa dan harganya yang bersaing.

 

Fitur lain yang menarik dari motor ini adalah rangka bodynya yang belakangan ini mulai populer lagi. Rangka body sekaligus engine guard yang terbuat dari pipa dengan diameter besar memberikan kesan muscular bike yang menonjol.

 

Konsep desin modifikasi yang dilakukan tampak memadukan unsur klasik retro dengan gaya modern futuristik.

 

Dalam modifikasi ini, kekhasan bentuk tangki bensinnya tampak diimbangi oleh jok sarang tawon dibagian belakang dengan sudur dan lekukan yang dibuat menyatu dan tampak serasi dengan tangki bensinnya.

 

Modifikasi ini secara keseluruhan juga memberi kesan yang lebih seimbang antara bagian depan dengan bagian belakangnya.

 

Selain itu winshield khas yang dipasang memberi tampilan tersendiri yang menjadikan motor ini semakin menarik untuk dipakai sebagai kendaraan pribadi dalam aktifitas sehari-hari.

 

Hal lain yang menarik dalam modifikasi ini adalah kombinasi dan konfigurasi warna yang dipasang. Warna hitam di bagian bawah body dan warna silver untuk body bagian atas. Kombinasi warna seperti ini menjadikan motor tampak lebih tinggi dan terlihat lebih cocok dengan kapasitas mesin dan statusnya sebagai moge.

 

Konsep modifikasinya tampak menggabungkan unsur-unsur modern, jap-stylem, dan bobber. Ketiga gaya ini diramu sedemikian rupa sehingga memberikan bentuk akhir yang harmonis dan enak untuk dipandang.

 

Bukan hanya enak dipandang, motor ini juga terasa sangat nyaman untuk dikendarai Osa Resto Cycle yang berlokasi di Jl Taman Sari bawah kota Bandung ini tampak telah berhasil memberikan sentuhan baru pada moge lama yang mulai banyak diminati lagi ini.

 

Osa Resto Cycle memang menkhususkan diri pada modifikasi motor custom yang dewasa ini sangat banyak peminatnya di kota Bandung.

 

Berikut ini adalah spesifikasi pabrik Suzuki Bandit GFS 400

 

Type Water-cooled, 4-stroke
Cylinder arrangement 4-cylinders in-line
Bore & Stroke 56,0 x 40,4mm
Displacement 398cc(24,28cuin)
Compression ratio 11.8:1
Valve train Chain driven DOHC, 4 valve sper cylinder
GSF400V VC-engine (variable valve control)
Max. power 59,0 hp (43,4 kW) /

12000rpm – GSF400 (1989-1992)

Max. torque 38,0 Nm (3,9 kgf*m) /

10500rpm – GSF400 (1989-1992)

0 to 100 km / h 5,0 sec
Top speed 180 km / h (112 mph)
Transmission 6-speed
Final drive Chain
Battery capacity 12V-8Ah

 

Mesin

Mesin 4 silinder dengan kapasitas 400 cc tidak mengalami perubahan dan masih orisinil. Modifikasi hanya dilakukan pada body set. Suara yang dikeluarkan mesinnya menjadi ciri khas tersendiri bagi motor ini.

 

Winshield

Winshield berbentuk kapsul custom yang unik dan aerodinamis memberikan kesan tersendiri bagi penampilan naked bike touring ini. Osa Resto Cycle memang banyak mendesain parts untuk motor custom seperti juga tangki.

 

Rangka body

Rangka bodi sedikit dirubah yaitu bagian tempat duduk, selebihnya masih keluaran pabriknya. Rangka dan engine guard keluaran pabrik tampak kokoh dan gagah. Diameter rangka yang besar tampak sesuai dengan winshield kapsulnya.

 

Setang

Dipasang stang pendek dengan posisi yang agak rendah untuk menyesuaikan dengan bentuk winshield yang khusus. Setang ini juga memberikan kendali yang baik dan posisi duduk yang cukup nyaman untuk sebuah motor touring ataupun kendaraan pribadi dalam aktifitas sehari-hari.

 

Grip setang

Grip setang nyaman warna hitam yang kontras dan serasi dengan warna silver dari winshieldnya. Selain itu dipasang juga brake dan clutch guard untuk menghidari hal yang tidak diinginkan pada saat terjadi benturan.

 

Set Lampu

Set lampu menyatu dengan windshield dan memberi kesan modern dan futuristik yang menjadikan moge ini tampak lain dari yang lain.

 

Fork

Fork tidak mengalami perubahan karena dirasa cukup memberikan suspensi depan yang nyaman. Osa Resto Cycle memutuskan untuk tetap memakai fork orisinil dari Suzuki Bandit.

 

Suspensi

Untuk shock belakang dipasang monoshock untuk memberikan suspensi belakang yang maksimal. Monoshock ini juga menambah kestabilan dalam berkendara.

 

Spedometer

Speedometer digital dengan tampilan yang merupakan perpaduan antara gaya klasik dan sentuhan hi-tech. Jenis speedometer seperti ini sangat populer dipakai dalam modifikasi motor-motor custom

 

Tangki

Tanki khas bandit dengan bentuk yang modern futuristik dan berukuran besar tidak kalah dengan desain tangki motor-motor keluaran baru. Desain tangki motor ini memang menjadi ciri khas yang dipertahankan dalam modifikasi ini.

 

Jok

Jok Jap-style single seat dengan sarang tawon dibelakang terlihat serasi dengan desain yang ramping dan tipis. Desain seperti ini memberikan posisi duduk yang lebih rileks bagi pengendara. Selain itu Jok ini juga sangat sesuai dengan desain winshield nya yang futuristik.

 

Knalpot

Muffler yang dipasang tampak serasi dengan konsep desain modifikasi motor ini. Suara dari mesin 4 silindernya terdengar lebih dalam dan tidak bising di telinga.

 

Spakbor / tail

Spakbor dan tail memakai bahan plat besi tebal dan mengadopsi gaya bobber. Spakbor custom jenis ini sangat populer dan sering dipakai pada modifikasi motor custom. Memang spakbor jenis ini mempunyai desain minimalis yang simpel dan elegan.

 

Velg dan ban

Velg dengan ukuran besar berwana hitam dipasangkan dengan ban tapak lebar yang memperkuat gaya bobber pada motor ini. Selain itu proporsi roda pun tampak lebih sesuai dengan motor yang berukuran relatif besar ini.

 

Rem

Sistem rem menggunakan cakram di depan dan belakang Sistem rem seperti ini terasa lebih nyaman dan menjamin keamanan berkendara dari motor bertenaga besar ini.

 

Warna

Untuk warna dipilih kombinasi hitam dan silver yang tampak modern dan memberikan kesan mewah. Konfigurasi wananya terlihat memisahkan antara bagian atas dan bagian bawah body. Hal ini menjadikan bentuk motor menjadi lebih tegas.

 

Penutup

Pendekatan yang dilakukan untuk modifikasi yang dilakukan Osa Resto Cycle milik kang Osa ini terlihat agak berbeda. Umumnya modifikasi pada Suzuki bandit akan mengekspos rangka dan engine guard yang dominan.

 

Tetapi konsep modifikasi pada motor ini justru mengekspos body bagian atas dari motor dengan menambahkan winshield kapsul didepan dan sarang tawon di belakang.

 

Penambahan winshield dan sarang tawon ini dipertegas dengan memberi warna metalik pada body bagian atasnya yang dikontraskan dengan warna hitam di body bagian bawah nya.

 

Demikianlah ulasan modifikasi dan perkenalan kita dengan Osa Resto Cyle , workshop motor custom di Jl. Taman sari bawah no 1 di Bandung.