Yamaha V80, Bebek Antik yang Tampil Modern dan Berani

Yamaha V80 sering mendapat julukan Yamaha Robot. Motor bebek yang hadir tahun 1988-an ini memang cocok mendapat julukan robot karena aslinya desain Yamaha V80 terlihat kaku dengan bentuk cenderung persegi dan terutama terlihat dari lampunya. Tetapi, istimewanya motor ini sudah memakai CDI dan hanya mempunyai 3 speed.

 

Meskipun demikian Maximum Garage tampaknya tidak kehabisan ide untuk memberikan sentuhan dan penampilan yang lain dari yang lain pada bebek antik ini.

 

Yamaha V80 seperti memberikan tantangan tersendiri bagi bengkel modifikasi yang telah sangat berpengalaman dalam melakukan modifikasi pada motor-motor manual.

 

Berbeda dengan motor-motor manual, motor bebek mempunyai karakteristik yang berbeda sehingga modifikasi pada motor manual tidak dapat diterapkan begitu saja pada motor bebek ini.

 

Pertama sekali perbedaannya adalah motor bebek mempunyai karakteristik body yang tertutup, bentuknya feminin dan komponen mesinnya tidak ditonjolkan seperti pada motor naked.

 

Dalam modifikasi Yamaha V80 ini tampaknya Maximum Garage mempunyai konsep untuk menjadikan motor yang bersahaja ini menjadi motor bebek yang berani dan dan seolah berteriak dengan lantang pada sekelilingnya.

 

Konsep yang berani ini diperlihatkan dengan menjadikan Yamaha V80 ini menjadi motor yang penuh ornamental dengan inspirasi sebuah motor naked.

 

Paling pertama sekali untuk menjadi sebuah motor naked tentu saja penutup body bagian depan harus dicopot dan diganti dengan rangka pengkaku yang kokoh berupa pipa yang menjadi palang seperti layaknya sebuah motor naked. Bedanya hanya lokasi tangki bahan bakarnya.

 

 

Kesan persegi yang menjadi ciri keluaran pabriknya dirombak total dalam modifikasi ini. Tampilan barunya sepenuhnya menjadikan bebek ini menjadi sebuah motor naked.

 

Hal kedua yang dilakukan adalah mengganti sistem suspensi seperti layaknya motor manual yang secara umum memang lebih cocok dan memerlukan suspensi yang lebih canggih.

 

Setelah itu jok ganda juga tampak tebal dominan dengan dimensi sebesar ini sekilas akan terlihat bahwa motor ini akan terasa empuk ketika dikendarai.

 

Untuk menyesuaikan dengan jok gandanya kemudian dipilih juga model vintage untuk lampu depan dan lampu belakang. Berbeda dari biasanya, set lampu seperti ini ketika ditempatkan pada motor bebek memberikan efek yang berbeda.

 

Pada motor manual lampu depan dan lampu belakang vintage klasik memberi kesan elegan. Tetapi pada motor bebek ini kesan yang ditimbulkan adalah garang dan galak. Hal ini disebabkan karena dimensi motor bebek yang lebih kecil sehingga proporsi antara lampu dan bodynya terlihat kebesaran.

 

Terakhir sekali adalah pilihan warna-warna yang mencolok dan kontras. Kombinasi warna kontras seperti ini menjadikannya semakin menarik perhatian. Bentuk ornamentalnya saja sebenarnya sudah sangat menarik perhatian. Tetapi rupanya itu dirasa belum cukup sehingga warna emas dan merah menyala dipakai. Bukan itu saja, striping dengan motif ornamen ukiran kayu di bawah jok depannya juga semakin memperkuat “teriakan” lantang dari bebek yang berani ini.

 

Berikut ini adalah spesifikasi keluaran pabrik dari Yamaha V80:

 

Tipe mesin 2-stroke
Kapasitas mesin 79cc (80cc)
Bore x stroke 47 x 45,6mm
Rasio kompresi 6,8 : 1
Max. Power 6,7hp @ 7000rpm
Max. Torsi 0,82kgf. m @ 6500rpm
Pendingin udara
Lubrication Automatic (autolube)
Karburator VM 15SC
Transmission 3-speed
Pengapian CDI
Aki 6v (Yuasa 6N11-2D)
Starter kick
Dimensi 1.885 x 650 x 1.025mm
Jarak sumbu roda 1.170mm
Tinggi jok 740mm
Jarak ke tanah 135mm
Tangki olie samping 1,2 liter
Tangki bbm 5,3 liter
Berat 82kg

 

Mesin

Dengan mesin hanya 79 cc motor ini tidak mau kalah untuk tampil garang dan bertenaga. Tanpa ragu mesin 80cc ini dikenalkan.

 

Knalpot

Modifikasi knalpot dengan neck dan muffler yang tampak dilakukan dengan serius menjadi sangat menonjol dan menunjang tampilan mesin 80cc nya. Dengan demikian sebagai motor naked, bebek ini punya sesuatu yang dapat dibanggakan.

 

Rangka body

Rangka body diperkuat dengan tambahan pipa pengkaku. Hasilnya rangka motor menjadi lebih kokoh. Selain itu pengkaku ini juga menjadi pengganti posisi tangki bensin yang pada motor manual biasanya berada di sana.

 

Setang

Stang lebar dan tinggi yang dipasang dibuat mengimbangi jok yang sekarang menjadi lebih tinggi. Posisi setang dibuat sedemikian rupa sehingga posisi pengendara tegak dan rileks seperti layaknya posisi sebuah motor bebek yang praktis.

 

Set Lampu

Set Lampu bergaya klasik Vintage memberi kesan kebesaran dibandingkan dengan body motor bebek yang relatif berukuran kecil ini. Hal ini dilakukan dengan sengaja dan konsisten dengan konsep desain modifikasinya.

 

Fork

Fork teleskopic dipasang di muka memberikan suspensi yang meyakinkan untuk memberi kenyamanan bagi pengendaranya.

 

Shock

Tabung getaran dibagian belakang menambah kenyamanan dari bebek antik ini. Meskipun peredam kejut yang digabungkan dengan fork teleskopik biasanya kita temui pada motor-motor manual dengan dimensi body yang besar.

 

Spedometer

Speedometer digital tidak lupa pula dipasang untuk melengkapi konsep motor naked yang berani dan hi-tech dari Yamaha V80 ini.

 

Jok

Jok ganda yang terpisah antara pengemudi dan pengendara , model khas motor antik dipasang pula pada Yamaha V80 ini. Jok ini lebih tinggi dari aslinya untuk itu dipasang stang yang lebih tinggi pula.

 

Footstep

Footstep custom model motor manual yang minimalis tampil sebagai ornamen yang menarik pada motor bebek ini.

 

Spakbor

Spakbor depan belakang bergaya minimalis klasik tidak terlalu tampak mencolok. Gaya minimalis dari spakbor ini tampak menyatu dengan kesan feminin jok gandanya.

 

Velg

Verg hitam dengan jari-jari menjadikan penampilan motor bebek ini semakin ornamental yang ramai dan meriah. Selain itu, warnanya yang hitam menjadikan ban tampak lebih besar.

 

Ban

Ban tapak lebar yang siap untuk off-road dipadukan dengan suspensi kelas atas menjadikan bebek yang satu ini siap untuk menjelajah segala medan.

 

Rem

Rem cakram depan belakang menjamin keamanan dalam berkendara, juga ketika pengeraman mendadak

 

Warna dan striping

Warna emas dan merah yang mencolok ditambah dengan striping berupa motif ukiran pada body motor menjadikan motor ini semakin jadi pusat perhatian. Hal ini memang diinginkan dan menjadi konsep desain modifikasinya

 

Memang kreatifitas dan konsep desain modifikasi tidak terbatas dan mempunyai sangat banyak kemungkinan. Seperti pada motor ini, misalnya. Konsep Desain modifikasi yang diterapkan terlihat sangat ramai dan setiap komponennya seperti berlomba-lomba untuk menarik perhatian.

 

Tidak ada yang salah dengan konsep modifikasi semacam ini. Meskipun sebagian orang mungkin menganggap bahwa modifikasi semacam ini terasa terlalu berlebihan namun yang penting dalam sebuah modifikasi adalah konsistensi konsep yang diterapkannya.