Modifikasi Kawasaki Gaya Retro yang Elegan dan Kekinian

Kawasaki W175 hadir tahun 2017-an dengan dan berhasil memposisikan dirinya sebagai motor touring dengan kapasitas mesin yang sangat lumayan.

 

Mesin 177cc, single piston, dengan penyeimbang mesin dan masih menggunakan karburator. Kawasaki W175 dikenal hemat bahan bakar.

 

Desain motor ini sejak awalnya memang menyuguhkan tampilan retro klasik yang cukup kental. Desain retro yang akhir-akhir ini sangat populer dan disukai telah direspon dengan baik oleh Kawasaki.

 

Selain desain retro , kapasitas mesin yang relatif besar dan irit bahan bakar kelebihan lain dari Kawasaki W175 adalah harganya yang terjangkau. Kawasaki W175 dapat dibeli dengan harga dibawah Rp.30 jt.

 

Lebih jauh lagi teknologi yang dibawanya pun relatif sederhana sehingga pemeliharaan motor ini relatif mudah dan murah.

 

Yang terakhir adalah bobot motor ini yang relatif ringan sehingga performa mesinnya dapat lebih terasa.

 

Bila kita perhatikan dengan seksama kita dapat melihat beberapa gaya yang ditampilkan sekaligus dalam konsep desain modifikasi ini.

 

Konsep modifikasinya sendiri tampak dikembangkan dari bentuk desain tangki bahan bakar orisinal keluaran pabriknya. Karena itu hasil akhir dari modifikasi ini masih sangat mudah untuk dikenali.

 

Sekilas dapat kita lihat kesan semi chopper dimana motor cenderung agak mendongak ke atas. Roda depan lebih besar dari roda belakang ditambah dengan setang lebar dan tinggi. Selain itu, joknya pun dibuat ramping dan rata seperti gaya japs.

 

Gaya lain yang dapat kita amati adalah spakbor ala bobber yang minimalis dan kokoh. Lengkungan ala vintage dari mudguard ini tetap berkesan modern dan selain fungsional juga menjadi elemen estetik yang penting pada modifikasi ini.

 

Berikut ini adalah spesifikasi dari Kawasaki W175:

 

Tipe mesin 4 tak , 1 silinder berpendingin udara
Pengabut bahan bakar Karburator Mikuni VM24
Kapasitas mesin 177cc
Power maksimum 13 PS pada  7,500 rpm
Torsi maksimim 3.2 Nm pada 6,000 rpm
Transmisi 5-speed,
Berat 126 kg
P x L x T 1.90 mm x 765 mm x 1.030 mm
Jarak Sumbu 1.275 mm
Tinggi jok 775 mm
Tipe rangka Semi Double Cradle
Transmisi 5 percepatan 1-N-2-3-4-5
Tanki BBM 13,5 liter
Ban depan 80/100-17
Ban blkg 100/90-17
Shock depan Teleskopik biasa 30mm
Shok belakang Dual shock
Rem depan Cakram 220mm
Rem belakang Tromol

 

Mesin

Mesin dengan kapasitas 177cc memberikan performa yang sangat memadai pada naked bike touring bergaya retro ini. Dengan kapasitas mesin seperti ini Kawasaki W175 cocok dan sangat memadai untuk perjalanan ke daerah perbukitan. Daya yang dimilikinya akan memberikan keleluasaan pada pengendara.

 

 

Kaca Depan

Kaca depan kuning sewarna dengan tangki tampak sangat menonjol dan menjadi ciri khas dari modifikasi ini. Sentuhan kecil yang manis dan mengubah tampilan motor secara keseluruhan.

 

Tangki bahan bakar

Tangki bahan bakar tidak mengalami perubahan. Desain bawaan pabriknya terlihat sudah sangat sesuai dan layak untuk dipertahankan. Lebih dari itu desain tangki bahan bakar motor ini menjadi inspirasi untuk konsep modifikasinya.

 

Rangka body

Rangka secara juga masih sangat layak untuk dipertahankan mengingat modifikasi yang dilakukan tidak menuntut perubahan pada rangka body. Sebagian besar komponen utama dari motor ini memang masih orsinil keluaran pabrik dan tidak banyak mengalami perubahan dalam modifikasinya

 

Setang

Pemasangan setang lebar dipasang untuk kontrol dan perawatan yang lebih baik bagi kuda besi bertenaga besar ini. Setang bergaya scrambler ini juga memberikan kesan tersendiri sehingga motor tampak lebih kokoh dan gagah.

 

Grip setang

Grip setang custom polos berwarna hitam terlihat serasi dengan tema warna motor secara keseluruhan.

 

Set Lampu

Lampu depan bulat dengan LED memberi sentuhan hi-tech tetapi desain bulatnya menjadikan headlight tetap bernuansa klasik. Desain yang mengkombinasikan kesan klasik dan modern tampaknya mulai menjadi tren akhir-akhir ini.

 

Fork

Fork teleskopik di suspensi depan terlihat kokoh dan kekar sehingga terasa cukup proporsional dengan bentuk dan dimensi motor secara keseluruhan.

 

 

Schock

Menggunakan tube spring double shock. Tube berfungsi sebagai peredam kejut yang memberikan kenyamanan lebih pada pengendara. Warnanya disamakan dengan tangki dan kaca depan untuk memberi keseimbangan visual yang lebih baik.

 

Speedometer

Speedometer digital dengan bentuk klasik terlihat sangat serasi dengan konsep desain motor ini. Speedometer ini memberikan informasi yang akurat pada pengendara.

 

Tangki

Tangki bensin tidak mengalami perubahan dan terlihat sudah sangat sesuai dengan konsep modifikasinya. Warna kuning dari tangki ini menjadi aksen yang sangat menarik dan memberikan kesan segar serta berjiwa muda.

 

Jok

Perubahan yang dirasa cukup menonjol adalah bentuk jok yang sekarang dibuat rata. Desain ini berbeda dengan desain jok aslinya dimana bagian penumpang dibuat lebih tinggi dari pengemudi. Jok ramping tipis tanpa motif menjadikannya tampil sederhana tetapi berkelas.

 

Footstep

Footstep depan dan belakang custom disesuaikan dengan konsep desain yang dihadirkan.

 

Knalpot

Muffler tidak diubah alias tetap dipertahankan bentuk aslinya.

 

Spakbor

Spakbor depan dan belakang klasik vintage terbuat dari plat tebal menjadikan motor ini tampil dengan gaya semi bobber yang elegan dan kekinian.

 

Velg

Velg masih orisinil sehingga motor ini tetap terlihat ramping dan berkesan lincah.

 

Ban

Ban lebar terlihat cukup proporsinal dan tampak menjadi lebih dominan dengan velg yang berwarna hitam juga. Pada umumnya, ban yang lebih besar digunakan untuk menampilkan kesan bobber yang lebih kuat. Meskipun demikian pada modifikasi ini konsep desainnya lebih menampilkan gaya tracker sehingga ukuran ban sengaja tidak dibuat terlalu besar.

 

Rem

Rem cakam depan dan tromol belakang dirasa sudah cukup memadai untuk menjamin keamanan berkendara pada Kawasaki W175 ini.

 

Kombinasi warna kuning dan hitam yang kontral terlihat cerah dan segar serta berjiwa muda.

 

Konsep desain motor ini kembali membuktikan bahwa suatu modifikasi yang berhasil tidak selalu harus berarti modifikasi secara besar-besaran.

 

Terbukti bahwa modifikasi sederhana pada komponen-komponen motor yang tepat akan dapat memberikan hasil akhir yang sangat memuaskan. Namun yang harus sangat diperhatikan adalah proporsi bentuk yang diakibatkan oleh perubahan komponen-komponen tadi.

 

Selain itu, juga harus ada konsistensi dalam konsep desainnya sehingga hasil akhirnya dapat maksimal dan memuaskan.

 

Sebagai contoh, dalam modifikasi ini stang yang tinggi konsisten dengan roda depan yang lebih besar dan jok yang ramping.

 

Selain itu, fork yang tinggi dan kekar juga menguatkan konsep ini. Secara keseluruhan, motor memang cenderung tinggi kedepan. Terlebih lagi dengan adanya kaca depan dengan warna kontras dibagian depannya.

 

Kelebihan dari konfigurasi bentuk seperti ini adalah posisi duduk yang santai dan rileks sehingga akan terasa sangat cocok untuk berkendara jarak jauh.

 

Selain itu komposisi dan penempatan warna juga tampak dipertimbangkan dengan cukup matang dan terencana.