Modifikasi Suzuki GS500, Make Over yang Tegas dan Berkarakter.

Suzuki GS500 tahun dua silinder yang populer sebagai motor touring ditahun 1995-an mempunyai semua kelebihan sebagai sebuah motor touring. Kapasitas mesin yang relatif besar dengan desain body yang kekar dan sporty menjadikan motor ini cukup dikenal oleh para pencinta otomotif tanah air.

 

Model keluaran pabriknya tampil dengan desain khas tahun 1995-an yang masih kuat dengan kesan fungsional dan serba praktis.

 

Hal yang menonjol dari tampilannya adalah bentuk tangki bahan bakar dan pelindung mesin futuristik yang ternyata belakangan ini mulai populer kembali.

 

Modifikasi yang dilakukan oleh Maximum Garage pada motor ini terlihat mampu memberikan nafas baru pada tampilan Suzuki GS 500 yang meskipun keluaran pabriknya tampil futuristik tetapi terasa masih terlihat agak ketinggalan zaman terutama bila kita melihat bagian belakangnya.

 

Konsep desain modifikasi yang diterapkan terlihat sangat berhasil dan memberikan kesan baru yang segar sekaligus gagah dan kekinian. Motor ini tampil sebagai motor muscle dengan gaya metal tetapi tetap elegan dan berkelas.

 

Bentuk tangki bahan bakar dan pelindung mesin orisinal keluaran pabriknya tampak sudah terlihat sempurna dan memberikan karakter tersendiri sehingga tidak diperlukan perubahan apa-apa lagi dari segi bentuknya.

 

Berbeda dengan jok orisinal dan bagian belakang motor ini yang terlihat kurang proporsional dan tampak terlalu panjang sehingga mengurangi tampilan motor muscle yang kokoh.

 

Untuk itu jok diganti dengan model jok press yang lebih pendek dan ramping dan sekaligus memberi ruang untuk spatbor vintage klasik yang sama sekali tidak tampak ketinggalan zaman.

 

Body depan di samping jok juga diganti dengan grill bergaya metal yang lebih garang dan sesuai dengan karakter sebuah muscle bike.

 

Berikut ini adalah spesifikasi keluaran pabrik dari Suzuki GS500:

Bore Stroke 74.0 mm (2.913 in) x 56.6 mm (2.228 in)
Rasio Kompresi 9.0:1
Tipe Mesin 487cc, 4-stroke, air-cooled DOHCStarterElectric
Bahan Bakar BSR34, twin
Ignition Electronic ignition (Transistorized)
Lubrication Wet Sump
Brakes Front Disc brake
Brakes Rear Disc brake
Warna Gray/Black, White/Blue
Berat 199 kg (439 lbs)
Final Drive D.I.D. 520VM, 110 links
Kapasitas Tangki Bahan Bakar 20.0 L (5.3/4.4 US/Imp gal)
Jarak ke Bawah 120 mm (4.7 in)
Panjang Keseluruhan 2,080 mm (81.9 in)
Lebar Keseluruhan 800 mm (31.5 in)
Tinggi Jok 790 mm (31.1 in)
Penyangga Depan Telescopic, coil spring, oil damped
Penyangga Belakang Link type, coil spring, oil damped
Ban Depan 110/70-17M/C (54H), tubeless
Ban Belakang 130/70-17M/C (62H), tubeless
Transmission 6-speed constant mesh
Jarak Roda 1405 mm (55.3 in)

 

Mesin

Mesin suzuki GS500 berkapasitas 487cc dua silinder ini terlihat sangat cocok untuk sebuah muscle bike dengan gaya kontemporer yang elegan seperti ini. Performa mesin berkelas moge yang dapat diandalkan.

 

Rangka body

Rangka body delta box tidak mengalami perubahan berarti dari bentuk orisinalnya. Meskipun demikian body cover samping jok memberikan kesan metal dan karakter yang kuat sekaligus juga sebagai aksen yang membuat motor tampak lebih enak dipandang.

 

Setang

Sesuai dengan kapasitas mesin dan dimensi motor yang besar setang lebar bergaya scrambler dirasa cocok untuk dapat memberikan kendali dan kontrol yang lebih baik pada moge ini. Sebagai moge dengan dimensi dan performa yang tinggi tentulah kendali dan kontrol menjadi faktor yang sangat penting.

 

Set Lampu

Lampu depan dan lampu belakang yang klasik vintage dengan LED yang elegan menampilkan sedikit kesan lembut. Desain lampu depan yang bulat dan lampu belakang yang manis juga memberi aksen yang indah pada motor ini. LED yang berkesan hi-tech dan modern juga tampak sepadan dengan kombinasi warna hitam dof dan metaliknya.

 

Suspensi

Fork teleskopic besar dan tampak kekar untuk suspensi depan dan monoshock untuk suspensi belakang menjamin kenyamanan berkendara pada muscle bike cc besar ini.

 

Spedometer

Speedometer digital dengan tampilan klasik modern menunjukan indikator yang akurat pada pengendara.

 

Tangki

Kapasitas tangki bensin sebesar 20L memberi keleluasaan dan radius jelajah yang lebar pada muscle bike ini. Sebagai motor touring, tangki bahan bakar sebesar ini tentu saja sangat diperlukan ketika berkendara jarak jauh.

 

Jok

Jok pendek tipis dan ramping bergaya minimalis menjadi fitur utama yang memberi bentuk dan karakter pada motor ini. Jok yang berukuran kecil dan ramping terlihat kontras dengan tangki bensinnya yang besar dan kokoh. Perpaduan kesan maskulin dan feminim yang seimbang.

 

Footstep

Foot-step minimalis modern tampak serasi dengan desain modifikasi metal yang ditampilkan.

 

Knalpot

Muffler diganti dengan model cone yang lebih kecil dan pendek dari knalpot orisinalnya. Panjang dan dimensi muffler disesuaikan dengan proporsi baru yang diterapkan pada Suzuki GS500 ini. Double exhaust di kiri dan kanan semakin menonjolkan dan menguatkan tampilan motor muscle-nya.

 

Spatbor dan tail

Depan dan belakang spatbor vintage minimalis yang menonjol terlihat aerodinamis dan tampak lebih manis dari aslinya yang terlihat kaku. Modifikasi pada motor ini sangat menonjolkan ban tapak lebar sebagai kaki kuda besi ini. Hal ini dirasa perlu terutama dari segi keseimbangan proporsi antara body atas yang besar dengan roda sebagai kaki-kakinya.

 

Velg

Velg hitam yang tampak menyatu dengan ban sehingga berhasil mengesankan roda yang lebih tampak lebih besar dan kokoh. Sesuai dengan konsep proporsi yang diterapkan pada modifikasi ini. Jari-jari velg tampak lebih sesuai bila dibandingkan dengan casting wheel. Jari-jari ini terlihat lebih serasi dengan konsep desain modifikasinya. Selain itu warna chrome jari-jari velg terlihat memberi variasi yang menarik dan tampilan motor secara keseluruhan menjadi tidak monoton atau kaku.

 

Ban

Ban tapak lebar yang dipersiapkan untuk medan semi off-road menjadikan motor ini sebagai motor touring ideal. Ideal karena selain performa on-road nya, dalam touring terkandang kondisi dan situasi memaksa kita untuk melalui medan off-road juga. Hal ini juga didukung oleh setang lebarnya yang akan sangat membantu pengendara ketika melalui jalur off-road yang penuh rintangan dan menuntut kontrol maksimal dari pengendaranya.

 

Rem

Sistem pengereman dengan cakram dan tromol yang masih seperti kondisi orisinal keluaran pabriknya dirasa cukup menjamin keamanan berkendara.

 

Warna dan striping

Kombinasi warna hitam dof dan metalik yang harmonis dan warna chrome dari fork, jari-jari dan muffler tampak serasi memberi tampilan mewah dan berkelas. Mesin depan metalik tampak menonjol dan memberi garis tegas dan bentuk yang sekaligus menonjolkan desain tangki bensin orisinal yang harus diakui memang menarik dan berhasil.

 

Ada sesuatu yang tampak khas dan berbeda pada konsep desain modifikasi motor ini. Ciri khasnya tampak menonjol dan berhasil untuk tampil sebagai motor kontemporer bergaya metal yang kokoh garang tetapi tetap tampak luwes, kalem, elegan dan berkarakter.