Kuda Besi Bertenaga Tiger yang Siap Menjelajah Segala Medan.

Honda Tiger yang pada mengawali kemunculannya sebagai legenda Honda dengan nama Honda GL. Motor ini telah mendapat tempat tersendiri dihati para penggemarnya dari generasi ke generasi.

Sejak awal kelahirannya, Honda Tiger sudah menjadi icon Honda untuk kelas motor naked bike sport. Kapasitas dan performa mesinnya sudah teruji tangguh dan dapat diandalkan.

Untuk itu, dalam artikel ini team OtoRaja akan menyuguhkan modifikasi unik yang dilakukan pada Honda Tiger ini.Setelah melihat hasil akhir dari Modifikasi yang dilakukan, tentunya para sobat OtoRaja akan setuju bahwa modifikasi ini memang layak untuk ditayangkan.

 

Sekilas melihat tampilannya kita dapat menangkap konsep desain yang diusungnya. Motor ini menampilkan karakter yang sangat kuat sebagai motor perualang atau adventure bike.

Sebagai adventure bike tentunya ada beberapa persyaratan dasar yang harus dipenuhi yaitu:

  • Daya mesin yang memadai.
  • Kemampuan jelajah yang tidak terbatas pada on-road saja.
  • Handling yang baik untuk petualangan segala medan.
  • Suspensi yang dapat diandalkan
  • Sistem pengereman yang handal
  • Bentuk yang praktis dan fungsional.

 

Persyaratan-persyaratan diatas tampak telah dapat dipenuhi dengan baik oleh modifikasi Tiger ini. Hal ini akan kita bahas satu-persatu

Setiap komponen dan modifikasi yang dilakukan terlihat sudah memenuhi persyaratan sebuah adventure bike.dengan gaya yang kita kenal dengan Scrambler style.

 

Mulai dari stang lebar untuk kemudahan dan kontrol yang lebih baik, sistem suspensi yang sangat memperhitungkan kenyamanan berkendara, jenis dan dimensi ban yang dipakai dan sistem pengereman. Hal-hal tersebut keseluruhannya menunjang dan memperkuat konsep desain yang diterapkan dengan apik dan cermat.

 

Setelah itu penambahan aksesoris seperti side bag dan lampu diujung grip stang serta speedometer digital tampak dipilih dengan seksama sehingga sangat menunjang konsep modifikasinya.

 

Berikut ini adalah spesifikasi Honda Tiger keluaran pabrik:

  • Berat Kosong 123 kg
  • Tipe Rangka Pola Berlian
  • Ukuran Ban Depan 2,75 – 18 – 42L
  • Ukuran Ban Belakang 100/90 – 18 – 47P
  • Rem Depan Tipe cakram hidrolik, dengan piston ganda
  • Rem Belakang Tipe Tromol, digerakkan dengan tuas mekanis
  • Suspensi Depan Teleskopik
  • Suspensi Belakang Lengan ayun dengan sok beker ganda, peredam dapat disetel
  • Kapasitas Tangki Bahan Bakar 13 Liter
  • Tipe Mesin 4 Langkah OHC, pendinginan udara
  • Diameter X Langkah 63,5 x 62,2 mm
  • Volume Silinder 196,9 cc
  • Perbandingan Kompresi 9,0 : 1
  • Daya Maksimum 17,4 PS / 8.500 RPM
  • Torsi Maksimum 1,62 kgf.m / 6.500 RPM
  • Kapasitas Pelumas 1 Liter
  • Kopling Manual, tipe basah dan pelat majemuk
  • Gigi Transmisi 6 kecepatan, bertautan tetap
  • Pola Pengoperasian Gigi 1-N-2-3-4-5-6
  • Starter Pedal dan elektrik
  • Aki 12 V – 7 Ah
  • Sistem Pengapian CDI-AC, Magneto

 

Mesin

Mesin 196cc Honda Tiger memberikan daya dan performa yang mendudukannya pada posisi naked bike kelas cruiser yang siap menjelajah segala medan. Kapasitas mesin yang memadai adalah mutlak dimiliki sebuah adventure bike.

 

Rangka body

Rangka body mengalami sedikit perubahan untuk mengakomodasi jok dan mudguard.

 

Setang

Setang lebar gaya scrambler yang dipasang menghadirkan nuansa adventure bike yang semakin kuat. Setang lebar ini menjadikan motor lebih mudah dikendalikan ketika melawan rintangan. Kontrol pengendara akan lebih kuat karena momen yang dihasilkan oleh setang yang lebar ini.

 

Grip setang

Grip setang custom dengan lampu sein diujungnya sehingga kendaraan lain dapat dengan mudah mengantisipasi lebar stang motor kita terutama dimalam hari.

 

Side bag.

Side bag kulit gaya vintage menjadi ciri khas motor petualang yang senang menyatu dengan alam dan mempunyai sifat natural yang dominan. Sebutan kuda besi dengan tenaga tiger terasa jadi semakin cocok untuk motor ini.

 

Set Lampu

Headlight dan stoplamp LED dengan desain klasik vintage yang bulat. Memberi nuansa tersendiri pada muscle bike ini. Desain klasik yang dipadukan dengan teknologi modern dari LED menjadi daya tarik tersendiri bagi mereka yang melihatnya.

 

Fork

Fork kekar yang memberi tampilan muscle bike pada motor petualang ini tampak dominan dan gagah namun tampak tetap ramping dan dapat lincah bermanuver.

 

Suspensi

Double shock dengan spring yang ter expos dilengkapi dengan tube peredam kejut memberikan suspensi yang menjamin keamanan pengendara sekalipun dalam medan-medan yang sulit.

 

Spedometer

Speedometer digital berkesan Hi-Tech yang simpel terlihat cocok dan sepadan dengan headlight LED bulat yang juga betema klasik modern.

 

Tangki

Tangki bahan bakar berukuran sedang dan proporsional dengan body motor mempunyai kapasitas sebagaimana layaknya sebuah ruiser. Bentuk tangki yang relatif besar namun tetap aerodinamis dengan sentuhan klasiknya menjadikan motor ini tampak luwes dalam beradaptasi dengan lingkungannya seperti layaknya petualang yang menyatu dengan alam lingkungannya.

 

Jok

Jok ramping dan pendek yang sepertinya didesain sebagai single seater tampak serasi dengan bentuk tangki bahan bakar custom. Perpaduan yang seimbang dan enak dilihat. Jok berukuran kecil memang lebih diutamakan sebagai single seater yang juga terasa lebih cocok untuk sebuah motor petualang.

 

Knalpot

Kenalpot dengan muffler cone desain minimalis menghadirkan penampilan yang terasa sederhana namun elegan dan fungsional serta praktis dengan suara geraman yang enak didengar.

 

Spakbor / tail

Mud-guard depan belakang yang juga minimalis bergaya vintage yang nampak kokoh menambah kesan gagah dan sporty pada naked adventure bike ini.

 

Velg

Velg dengan jari-jari jaring klasik sangat sesuai dengan konsep desain modifikasi Tiger petualang. Warnanya yang hitam menjadikan velg menyatu dengan ban dan memberikan tampilan ban yang dominan.

 

Ban

Ban tapak lebar dan tinggi menjadikan Tiger ini siap untuk penjelajahan off-road. Petualangan sangat berkaitan dengan medan berat on-road dan off-road yang akan ditempuh oleh motor ini. Untuk itu pilihan atas jenis dan ukuran ban telah dilakukan dengan pas dan sesuai.

 

Rem

Rem cakram didepan dan belakang menjamin keamanan berkendara denga sistem pengereman yang dapat diandalkan.

 

Warna / striping

Warna yang dipilih adalah merah dan hitam yang gagah dan berani seperti layaknya Tiger yang siap bertualang.

 

Setelah kita menyimak dari tulisan diatas mengenai modifikasi motor tiger ini ternyata banyak hal dan pelajaran penting dalam modifikasi dapat kita tarik dari motor ini.

Pertama-tama sekali adalah soal proporsi bentuk antara komponen-komponen dominan sebuah motor. Bentuk dan dimensi dari komponen komponen utama seperti: Tangki bahan bakar, jok, ban, dan shock akan menentukan penampilan motor secara keseluruhan.

Setelah itu komposisi visual dari komponen-komponen tadi, ditambah lagi dengan keserasian antar komponen sangat penting untuk diperhatikan.

 

Seperti dapat kita lihat bersama, konsep desain modifikasi motor ini mempunyai karakter adventure bike yang sangat kuat.

Kesan muscle bike yang dihadirkan terasa seimbang dan tidak berlebihan sehingga motor ini tetap terlihat ramping dan dapat bermanuver dengan mudah di medan-medan yang sulit.