Modifikasi Dengan Sentuhan Segar, Berjiwa muda dan Kekinian pada Kawasaki W175

Motor yang dipopulerkan melalu film Dylan tahun 2017 an ini tampak mengalami retouching dengan sedikit perubahan disana-sini. Meskipun perubahan yang dilakukan tergolong tidak terlalu besar, modifikasi ini tampak telah berhasil menghadirkan kawasaki W175 yang lebih segar dan berjiwa muda.

Gaya retro yang menjadi trend yang sangat digemari dewasa ini tampak dihadirkan dengan berhasil melalui konsep desain yang matang dan pengerjaan yang rapih.

Hasil akhirnya memadukan karakter kawasaki yang kuat dengan nuansa klasik modern yang akhir-akhir ini juga mulai muncul dan menjadi pilihan bagi banyak pecinta otomotif di tanah air.

 

Sejak kemunculannya tahun 2017, Kawasaki W175 yang memang bergaya retro tampak mulai meredup pamornya. Hal ini disebabkan oleh munculnya motor-motor baru dengan konsep desain modern dengan fitur-fitur canggih yang dihadirkan.

Disisi lain gaya retro sendiri tampaknya makin diramaikan oleh modifikasi custom yang semakin menjamur dan menjadi trend tersendiri.

Kawasaki W175 sebagai motor pabrikan bergaya retro terlihat kalah bersaing dengan model-model yang ditawarkan oleh bengkel-bengkel modifikasi yang menawarkan model-model inovatifnya.

 

Melihat peluang itu Maximum garage yang berlokasi di daerah Cimahi, Jawa Barat. Berinisiatif untuk melakukan modifikasi yang dapat memberikan sentuhan segar yang memperkuat karakter retro yang dihadirkan oleh Kawasaki W175.

Konsep modifikasi yang memperkuat karakter desain aslinya, terutama gaya retro, tergolong sulit dan jarang dilakukan. Ini disebabkan karena pilihan-pilihan yang dapat diambil dalam modifikasi menjadi lebih sedikit dan dibatasi oleh desain aslinya.

Meskipun demikian kondisi itu tampaknya justru dijadikan sebagai tantangan bagi Maximum Garage. Tantangan dari segi kreatifitas dan kualitas pengerjaan.

 

Bila kita perhatikan sebenarnya motor ini tidak mengalami modifikasi besar-besaran. Tetapi dengan modifikasi sederhana saja mortor ini sudah berhasil memiliki tampilan baru yang tampak lebih berkelas.

Pertama sekali perubahan yang dilakukan adalah pada proporsi jok yang dibuat lebih tipis dan ramping dengan aksen hitam sejenis sarang tawon dibagian belakangnya.
Setelah itu shock belakang diganti dengan tube yang akan terasa lebih nyaman dan responsif terhadap hentakan.

Tidak lupa pula set lampu custom dipasang untuk memberikan tampilan retro yang diinginkan. Headlight dan stoplight custom clasic tampak sangat sesuai dengan proporsi motor.
Selain itu ban tapak lebar didepan dan belakang yang dilengkapi dengan velg hitam memberi warna bobber yang cukup kental.

Mudguard minimalis depan dan belakang gaya chopper juga terlihat serasi dengan konsep desain baru yang ingin ditampilkan.
Akirnya perpaduan kombinasi warna hitam abu metalik dan coklat dipadukan dengan sangat serasi dan berhasil menampilkan gaya retro elegan yang impresif dan mengesankan jiwa dinamis yang sporty.

 

Spesifikasi Pabrik

Mesin berkapasitas 177cc dengan bobot keseluruhan sekitar 128 kg ini masih menggunakan karburator sebagai sistem suplay bahan bakarnya.

Dengan transmisi manual 5 kecepatan dan kapasitas tangki bahan bakar yang mencapai 13.5 liter, tampak motor ini cukup bertenaga dan dapat digolongkan dalam kategori motor touring.

 

Berikut ini adalah spesifikasi dari Kawasaki W175:

Tipe mesin 4 tak , 1 silinder berpendingin udara
Pengabut bahan bakar Karburator Mikuni VM24
Kapasitas mesin 177cc
Power maksimum 13 PS pada  7,500 rpm
Torsi maksimim 3.2 Nm pada 6,000 rpm
Transmisi 5-speed,
Berat 126 kg
P x L x T 1.90 mm x 765 mm x 1.030 mm
Jarak Sumbu 1.275 mm
Tinggi jok 775 mm
Tipe rangka Semi Double Cradle
Transmisi 5 percepatan 1-N-2-3-4-5
Tanki BBM 13,5 liter
Ban depan 80/100-17
Ban blkg 100/90-17
Shock depan Teleskopik biasa 30mm
Shok blkg Dual shock
Rem depan Cakram 220mm
Rem belakang Teromol

 

Mesin

Mesin 177cc , tangki bahan bakar dan rangka secara keseluruhan masih orsinil keluaran pabrik dan tidak mengalami perubahan dalam modifikasi berkonsep light bobber ini.

 

Setang

Setang lebar bergaya scrambler yang dipasang menjadikannya lebih gagah dan maskulin. Selain itu setang lebar ini memberikan kontrol dan handling yang lebih baik bagi kuda besi bertenaga besar ini.

 

Grip setang

Grip setang custom polos berwarna hitam terlihat serasi dengan tema warna motor secara keseluruhan.

 

Set Lampu

Headlight bulat dengan LED memberikan sentuhan modern yang tetap bernuansa klasik dengan tampilan yang meyakinkan dan kekinian.

 

Fork

Tidak mengalami perubahan dari bentuk aslinya.

 

Suspensi

Menggunakan tube spring double shock.

 

Spedometer

Speedometer digital memberikan informasi yang jelas dan akurat pada pengendara. Selain itu gaya modern klasiknya tampil serasi dengan headlight dan konsep desain dalam modifikasi secara keseluruhanl.

 

Tangki

Tangki bensin tidak mengalami perubahan bentuk. Perubahan yang dilakukan hanyalah warna cat, polet dan aksen putih yang memberi poin lebih pada penampilan akhir motor ini.

 

Jok

Proporsi jok dirubah lebih tipis dan langsing. Desain baru ini berbeda dengan aslinya yang lebih besar dan terasa kurnag proporsional dengan ukuran dan bentuk tangki bahan bakar.

 

Footstep

Footstep depan dan belakang custom sporty disesuaikan dengan konsep desain yang diusungnya.

 

Knalpot

Muffler cone tampak ringan, manis dan minimalis.Spakbor / tail.

 

Front and rear mudguard minimalis yang terbuat dari plat tebal menjadikan motor ini tampil elegan dan kekinian.

 

Velg

Velg tapak lebar terasa lebih sesuai untuk motor dengan kapasitas mesin yang cukup besar ini.

 

Ban

Ban lebar dengan grip yang meyakinkan meningkatkan faktor keamanan selain menghadirkan proporsi yang seimbang dalam desain modifikasi ini.

 

Rem

Rem cakam depan dan tromol belakang tidak merubah desain sistem pengereman dari motor aslinya.Warna / striping.

 

Warna yang dominan hitam dan abu dengan aksen coklat tua tampak menempatkan motor ini sebagai motor dengan modifikasi kelas atas yang apik.

 

Dari konsep desain mofikasi motor ini kita dapat mengambil kesimpulan bahwa modifikasi yang berhasil tidak selalu harus berarti perubahan besar.

Pada motor ini tampak keahlian bermain dengan proporsi dan dimensi bentuk komponen-komponen motor yang memegang peranan penting pada tampilan akhinya.

Gubahan proporsi yang dilakukan kemudian diperkaya lagi dengan pemilihan aksesoris yang serasi.

Selain itu kemampuan untuk mengkombinasikan berbagai macam konsep dalam satu desain yang utuh juga memgang peranan yang sangat penting untuk dapat menghadirkan nuansa dan hasil akhir yang kaya akan rasa.

Dalam modifikasi ini pula tampak dihadirkan gaya vintage, choper, bobber. Pengolahan yang tepat dari berbagai konsep ini menjadikan hasil akhirnya terlihat matang dan telah dipikirkan dengan seksama.
Kombinasi dan perpaduan berbagai macam gaya tadi menghasilkan style baru yang berkesan bagi mereka yang melihatnya.

Akhirnya dapat kita simpulkan pula bahwa pilihan dan kombinasi warna yang dihadirkan sangat memegang peranan yang sangat penting dan sama sekali tidak dapat dipisahkan dari keberhasilan suatu modifikasi