Aplikasi Carbon fibre pada sepeda motor

Carbon Fiber, Material serba bisa

Material yang dapat dipakai sebagai komponen sepeda motor tentu saja harus memenuhi persyaratan persyaratan tertentu. Karena itu tidak semua material cocok untuk dipakai sebagai material dari komponen motor. Pertama sekali faktor kekuatan dari material tersebut tentu saja sangat penting. Selain itu material motor harus tahan terhadap cuaca, getaran dan benturan benturan dalam batas batas tertentu. Bukan itu saja dibagian bagian tertentu bahan atau material yang dipakai haruslah tahan terhadap panas yang dikeluarkan oleh mesin motor yang bersangkutan.

 

Disinilah kelebihan dari Carbon fiber, Serat serat karbon mempunyai kekuatan yang tinggi. Kekuatannya jauh lebih tinggi bila dibandingkan dengan berat dan ukuran nya sendiri. Dengan kata lain untuk bentuk dan ukuran yang kecil, bahan material carbon fiber mempunyai kekuatan terhadap gaya tekan dan tarik yang sangat besar. Sifat lain dari material Carbon adalah fleksibel dan mudah dibentuk sesuai dengan keinginan kita. Selain itu material Carbon fibre ini juga mudah dipotong. Bukan itu saja Carbon fibre juga mempunyai daya tahan terhadap panas yang tinggi. Material ini tidak akan meleleh dalam suhu tinggi, sehingga dapat diandalkan. Setelah itu berbeda dengan material besi, Carbon fibre tidak berkarat.

 

Kelebihan carbon fiber

Sifat sifat material carbon seperti disebutkan diatas manjadikan material carbon sangat ideal untuk digunakan sebagai material komponen motor.

Keuntungan atau kelebihan memakai bahan carbon dpat diperinci sebagai berikut :

 

sifat anti karat nya akan menjadikan komponen yang terbuat dari bahan carbon akan lebih awet dan tahan lama.

 

Selain itu kekerasannya akan menjadikan komponen yang memakai dari bahan carbon akan tahan terhadap gesekan gesekan yang terjadi ketika kita melakukan bongkar pasang body motor.

 

Komponen dengan material carbon juga akan lebih tahan bila motor terjatuh atau mengalami benturan dengan benda keras lainnya.

 

Material carbon juga mempunyai sifat menyerap getaran dengan baik. Ini tentu saja memberikan nilai tambah tersendiri. Komponen motor kita selalu mengalami getaran, baik dari dalam maupun dari luar. Mesin motor kita selalu mengeluarkan getaran dengan sendirinya. Getaran ini terjadi terus menerus selama mesin menyala. Selain itu getaran dari luar juga akan timbul selama kita berkendara, atau misalnya melewati jalanan yang berlubang.

 

Serat carbon dikenal juga sebagai material komposit. Material komposit adalah sautu material yang terdiri atau terbuat dari dua atau lebih material yang berbeda. Material-material ini disebut sebgai material penyusun. Kombinasi dari kedua material itu akan menghasilkan material baru dengan sifat-sifat kimia dan fisika yang berbeda dari sifat-sifat kimia dan fisika bahan penyusunnya.

 

Material Komposit.

Dari nama nya yaitu carbon fiber kita tau bahwa carbon yang dimaksud adalah berupa serat. Serat carbon tidak bisa berdiri sendiri sebagai material sebuah komponen. Karena sifatnya yang seperti ini maka serat karbon kita sebut juga dengan istilah komposit. Bahan komposit  membutuhkan bahan lain sebagai pengikatnya. Bahan lain yang  digunakan untuk komponen carbon fiber disebut bahan pengikat. Fungsi bahan pengikat ini adalah merekatkan bahan carbon yang berbentuk serat antara satu dengan yang lainnya sehingga menjadi suatu kesatuan.

Untuk bahan pengikat dipakai bahan sejenis epoxy berupa resin polymer yang menyatukan serat-serat carbon. Kombinasi keduah bahan ini akan menentukan kualitas hasil akhir.Selain itu kualitas dan kekuatan carbon fibernya sendiri sangat ditentukan oleh arah dan susunan dari seratnya. Sifat-sifat material carbon akan ditentukan oleh:

  • Jenis serat karbon dan resin yang digunakan.
  • Jenis resin yang digunakan.
  • Perbandingan antara campuran serat karbon dan resin.
  • Bentuk dan arah atau susunan serat karbon.
  • Distribusi serat, kualitas yang baik akan dihasilkan bila distribusi seratnya merata.

 

Proses pembuatan komponen motor dengan carbon fiber sebenarnya cukup sederhana

Pertama tama disiapkan cetakan sesuai dengan bentuk komponen yang akan dibuat. Setelah itu diberikan zat khusus agar resin dalam cetakan tersebut nantinya tidak menempel pada cetakan sehingga akan mudah dipisahkan.Setelah itu lapisan demi lapisan serat karbon di tempatkan dalam cetakan, lapis demi lapis setelah dan diberikan larutan resin polimer diantara lapisan sebagai perekat lapisan yang satu dengan lain nya. Selain itu resin ini juga akan mengisi ruang ruang kosong yang ada diantara serat-serat karbon. Sehingga setelah jadi nantinya serat karbon dan resin akan menjadi satu kesatuan material carbon fibre.

 

Bahan baku dari carbon fiber sangat beragam, dan sifat karakteristik kimia dan fisikanya pun akan berbeda-beda antar setiap carbon fiber, tergantung dari pabrik pembuatnya. Namun pada umumnya carbon fiber terbuat dari sejenis polimer dan minyak bumi. Bahan bahan pentyusun ini memiliki molekul-molekul ytang tersusun atas atom-atom carbon.

 

Proses pembuatan carbon fiber

Proses pembuatan serat karbonnya sendiri dapat dibedakan menjadi dua bagian. Yang pertama adalah proses yang sifatnya proses kimia sedangkan proses yang kedua bersifat mekanik. Dengan singkat proses pembuatan serat karbon dapat dijelaskan sebagai berikut:

  1. Spinning

campuran bahan baku karbon pertama tama dicampurkan hingga terjadi reaksi kimia. Bahan ini kemudian dibentuk menjadi serat serat dengan mencampurnya dengan bahan kimia khusus dan kemudian. Setelah itu campuran liquid ini dipompa melalui sebuah lubang kecil ke dalam sebuah wadah yang berisi cairan kimia tertentu sehingga kemudian bahan yang sudah berbentuk serat ini akan mengalami reaksi tertentu dan memadat dengan struktur atom yang diinginkan. Lebih jauh lagi, serat serat ini kemudian ditarik hingga kita mendapatkan diameter serat yang diinginkan.

 

  1. Stabilizing

Setelah proses diatas, proses selanjutnya adalah menjadikan molekul-molekul penyusun serat tadi menjadi stabil. Untuk itu dilakukan proses pemanasan dengan suhu tertentu

  1. Carbonizing

Proses berikutnya adalah membuang kandungan kandungan atom atom non karbon dari serat-serat tadi. Untuk itu serat-serat dipanaskan dengan suhu sangat tinggi dalam sebuah ruangan khusus.

 

  1. Oxidation

Proses selanjutnya adalah proses oksidasi yaitu proses untuk mengikat molekul-molekul O2 pada permukaan serat. Proses ini akan memperkuat permukaan serat karbon tadi.

 

  1. Sizing
    Setelah proses oksidasi, proses selanjutnya adalah melapisi permukaan dengan tipe resin yang sesuai eperti epoxy, polyester, nylon, urethane, dan bahan lainnya.
  2. Setelah proses perlakuan permukaan, serat karbon dilapisi dengan bahan yang sesuai dengan tipe resin yang digunakan, hasil akhirnya disebut bobbin, yaitu serat karbon yang siap dibentuk sesuai dengan kebutuhan.

 

Setelah proses pembuatan serat carbon selsai dlakukan. Maka kini serat carbon ini siap untuk proses selanjutnya. Yaitu sebagai bahan baku dari komponen motor yang ingin kita buat dari material carbon fibre. Serat-serat carbon ini dapat dibentuk dengan campuran resin dalam cetakan yang sesuai bentuk dan ukurannya dengan keinginan kita seperti telah di bahas di atas.