Tiger Retro minimalis yang sederhana sekaligus penuh gaya.

Honda Tiger telah mendapat tempat tersendiri di hati para penggemar otomotif di tanah air, khususnya para pencinta naked bike. Sejak launching pertamanya tahun 1993, Tiger telah berhasil mencuri perhatian dan minat konsumen.Bahkan sampai saat ini Honda terus mengeluarkan dan menyempurnakan motor unggulannya  ini.

 

Kelebihan yang sangat menonjol dari desain modifikasi motor ini adalah konsep desain minimalisnya yang tampak manis, sekaligus gaya dan sangat berkelas. Bukan tidak mungkin gaya minimalis seperti ini akan menjadi pilihan yang menentukan trend baru dalam dunia modifikasi motor custom,

 

Lebih jauh lagi, sentuhan minimalis akan memberikan angin segar pada desain modifikasi dewasa ini, dimana gaya retro klasik sudah sangat mendominasi. Konsep desain minimalis akan terasa sebagai alternatif modifikasi yang sangat menarik dan memberikan tampilan bentuk yang sama sekali tidak kalah dibandingkan dengan konsep desain lainnya.

 

Konsep desain minimalis motor ini tidak dapat dilepaskan dari konfigurasi warna yang dipakai. Warna chrome dari mufler, mesin dan fork berpadu manis dengan warna abu2 muda dari tangki bensin dan cover samping motor. Selain warna abu dan chrome, bagian lain dari motor ini berwarna sama dengan ban nya yaitu hitam. Selain itu ban dan mudguard dari motor ini joga menampilkan sedikit gaya bobber.

 

Spesifikasi Pabrik dari Honda Tiger 200 cc adalah sebagai berikut.

 

Dimensi
Dimensi (L x W x H): 2,029 x 747 x 1,124 mm
Wheels Wheelbase 1,327 mm
Lowest distance to the ground 155 mm
Empty weight 139 kg (single headlight)

138 kg (Dual headlight)

 

Mesin
Tipe Mesin 4 stroke SOHC
Cooling system Air Cooling
Bore x stroke 63.5 x 62.2 mm
Volume measures 196.9 cc
Comparison of compression 9.0: 1
Maximum power 16.7 PS / 8,500 rpm
Maximum Torque 1.60 kgf.m / 7,000 rpm
Clutch Manual, multi plate wet clutch
Starter Electric & kick starter
Bus ND X 24 EP – DP8 EA-9 U9/NGK

 

Rangka
Rangka Pattern diamond diamond steel)
Front suspension Telescopic
Rear suspension swing arm with double spring oil  tube
Front tire size 2.75 – 18 42 P
Rear Tire Size 100 / 90-18 M / C 56P
Front brake hydraulic disc with dual piston
Rear brake hydraulic disc with single piston

 

Kapasitas
Fuel tank capacity 13.2 liters
Transmission 6-speed
Pattern transfer teeth 1-N-2-3-4-5-6

 

Mesin Honda 200 cc dengan performa yang sudah teruji menjadi penggerak motor ini. Daya yang dimiliki mesin tiger ini terasa cukup fleksibel dan memberikan keleluasaan desain bentuk yang lebih luas. Berbeda dengan mesin cc kecil yang tentu akan sangat tergantung pada keterbatasan dapur pacu yang dimilikinya

 

Rangka body tidak mengalami perubahan yang besar. Perubahan hanya dilakukan di bagian belakang untuk mengakomodasikan jok dan rear mud guard

 

Setang lebar custom menyerupai scrambler menjadi poin lebih dan tampak cocok dengan konsep desain modifikasi ini. Stang lebar memberikan kemudahan dan keleluasaan dalam mengemudim motor dengan desain modifikasi semi off road seperti ini.

 

Grip setang hitam yang sewarna dengan jok, velg, ban  dan rangka tampak menyatu dan memberikan penampilan keseluruhan yang kalem dan sederhana. Dalam desain modifikasi ini banyak komponen-komponen yang disamarkan dan sengaja dibuat tidak terlalu menonjol sehingga dapat menampilkan konsep desain minimalis nya dengan lebih maksimal.

 

Set Lampu Head lamp bulat dengan gril custom tampil modern dan sama sekali tidak ketinggalan jaman.

Stop lamp custom gaya vintage yang tampak manis menjadi ornamen rear mud guard juga disesuaikan dengan head lamp.

 

Fork teleskopik orisinil tiger tampak kekar dan mempunyai proporsi yang sesuai dengan tampilan gagah motor ini. Suspensi depan memberikan kenyamanan yang juga menunjang fungsi pengereman yang lebih baik. Schock belakang custom juga memberi suspensi yang nyaman dan penampilan yang menguatkan kesan klasik minimalis dari motor ini.

 

Spedometer digital tampil hi-tech sekaligus klasik. Speedometer jenis ini sangat digemari dan sering dipakai dalam modifikasi motor-motor custom. Mungkin karena ada daya tarik dan sensasi khusus yang terasa ketika desain klasik bertemu dan berpadu dengan desain modern yang terlihat hi-tech.

 

Tangki bensin menjadi point utama yang memberikan bentuk yang sangat khas pada desain modifikasi ini. Bentuk tangki segitiga bergaya minimalis ini terlihat funky dan mengadopsi desain yang sangat modern. Tangki bensin ini tampak kontras dengan desain komponen lainnya yang cenderung klasik

 

Jok motor ini, seperti juga tangki bensinnya, tampak mendapat sentuhan gaya minimalis yang sangat sederhana namun tampak harmonis dan menjadi kesatuan dalam desain modifikasi nya. Selain itu footstep diberi warna hitam yang sama dengan jok, rangka velg dan ban untuk menjadikannya tidak terlalu menarik perhatian.

 

Mufler kenalpot pendek juga terlihat bernuansa minimalis dan sengaja dibedakan denan header dan leher kenalpot. Selain itu mufler yang dipasang juga memberikan suara yang halus tapi mentap menggema.

 

spakbor tampak mengadopsi gaya bobber yang praktis dan ringat. Terbuat dari plat tebal, spakbor motor ini memberi kesan mantap dan kokoh. Tail bergaya vintage tampak sangat cocok dengan konsep minimalis yang diperlihatkan dalam modifikasi ini.

 

Velg tapak lebar nya sengaja diberi warna hitam sehingga dapat memberikan kesan ban yang lebih besar. Suatu ciri khas dan sentuhan gaya bobber. Juga terlihat ban depan dengan ring yg lebih kecil dibandingkan dengan ban belakang nya menjadikan motor ini tampak seimbang dan mempunyai balance estetik yang baik. Untuk sistem rem rem digunakan cakram dibagian depan dan tromol di bagian belakang yang menjamin keamanan berkendara.

 

Warna hitam abu-abu yang mencerminkan gaya minimalisnya memberi tampilan tersendiri pada desain modifikasi motor ini.

 

Sampai saat ini konsep modifikasi dengan desain minimalis tampaknya masih sangat jarang kita jumpai sehari-hari, kecuali mungkin pada beberapa model skuter automatik. Modifikasi yang sering kita temui adalah konsep desain Retro dan klasik atau vintage yang merupakan gaya modifikasi yang sangat populer dan sudah mewabah dalam dunia modifikasi motor-motor custom.

 

Memang tidak mudah untuk menerapkan desain modifikasi dengan konsep minimalis pada motor-motor manual atau naked bike. Ini disebabkan karena komponen komponen motor-motor jenis ini yang dari sono nya sudah terlihat rumit dan cenderung lebih bersifat sebagai elemen ornamental dibandingkan dengan minimalis.

 

Peran warna terlihat sangat dominan dan menentukan dalam keberhasilan suatu modifikasi, terlebih lagi untuk gaya retro minimalis seperti yang terlihar pada motor ini. Dengan cerdas modifikasi ini memanfaatkan efek warna dengan maksimal untuk menunjang konsep modifikasi nya.